Follow Us

Hemat Biaya Renovasi Rumah Dengan Keramik KW!

- Senin, 02 April 2018 | 11:45
dok. built direct
idea

dok. built direct

iDEAonline – Tidak hanya pada bidang fashion saja kita mengenal istilah KW. Ternyata, material untuk rumah pun ada juga, seperti keramik KW. Ya, mungkin Anda pernah mendengarnya. Namun, ada juga yang belum mengetahuinya.

Istilah ini menunjukkan urutan kualitas keramik. Menurut Kasrin, QC manager KIA Ceramics, keramik KW 1, KW 2, dan KW 3 dibuat dengan bahan yang sama. Hasil produksinya saja yang berbeda.

KW 1 adalah istilah keramik tanpa cacat produksi, sedangkan KW 2 dan 3 dibuat dengan bahan sama tapi memiliki kekurangan pada hasil produksinya. Seperti gompal tipis, dekornya mengelupas, dan lainnya yang ditentukan lewat uji kelayakan oleh tim produksi pabrik.

"Keramik KW 2 ada gompel kecil, halus atau dekor di glazurnya yang mengelupas. Kalau KW 3 kerusakannya bisa lebih banyak lagi," kata Kasrin. Selain kerusakan yang kasat mata itu, Kasrin menambahkan, keramik KW 2 dan KW 3 juga biasanya tak sekuat keramik KW 1.

Dilihat dari harga, untuk jenis yang sama, keramik KW 2 lebih murah 20% dibandingkan keramik KW 1. Harga keramik KW 3 bahkan bisa setagah dari harga keramik KW 1.

Umumnya, konsumen memilih keramik KW 2 atau KW 3 untuk dapur kotor, selasar, atau carport. Ruang-ruang yang tidak terlalu mengutamakan penampilan. Asalkan aplikasinya tepat, tak masalah menggunakan keramik KW 2, bahkan KW 3.

Editor : iDEA

Latest