Follow Us

Ini 5 Tips Aman Berbelanja Peralatan Rumah Secara Online Lewat E-commerce

Nurul Hardiyanti - Kamis, 05 April 2018 | 12:00
Ini 5 Tips Aman Berbelanja Peralatan Rumah Secara Online Lewat E-commerce
Nurul Hardiyanti

Ini 5 Tips Aman Berbelanja Peralatan Rumah Secara Online Lewat E-commerce

iDEAonline - iDEA Lovers sering berbelanja online demi kebutuhan rumah? Pernah muncul rasa khawatir tidak, sih, ketika Anda sedang bertransaksi online? Mungkin, kalau hanya barang yang dipesan tidak sesuai dengan gambar yang ada di website, sih, masih bisa dimaklumi. Bagaimana kalau-kalau data kita dibobol yang kemudian bisa terkurasnya seluruh uang kita di bank? Hii. Ngeri, kan!

Sebagai konsumen, iDEA Lovers harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi secara digital di e-commerce. Anda harus memiliki ‘tameng’ sendiri ketika bertransaksi.

Melihat fenomena dan kekhawatiran ini, Fortinet sebagai pemimpin pasar global dalam solusi keamanan siber yang terintegrasi dan otomatis memberikan beberapa tips aman bagi konsumen ketika melakukan belanja lewat e-commerce.

  1. Lakukan Penilaian Sebaik Mungkin
Menurut Philip Quade, Chief Information Security Officer, Fortinet, jika Anda melihat sesuatu yang ‘too good to be true’ kemungkinan besar itu adalah penipuan. Misalnya saja diskon yang tidak masuk akal atau pemberian barang secara gratis. “Jangan percaya Anda akan mendapatkan sesuatu secara gratis. Hampir dipastikan itu bisa jadi penipuan, atau mereka ingin mengambil data Anda.” Jelas Philip Quade.

Gunakan penilaian yang baik adalah awal dari pengamanan diri. Itu adalah kiat terbaik sebelum kita terlalu jauh masuk ke dalam lubang penipuan

  1. Gunakan Kartu Kredit
Mungkin tidak semua orang memiliki kartu kredit, namun perlu diketahui bahwa tingkat keamanan dalam bertransaksi online menggunakan kartu kredit jauh lebih aman dibandingkan dengan kartu debit. “Kartu kredit memiliki batas. Jika mereka mendapatkan (data) kartu debit Anda, mereka dapat mengambil semua uang di akun Anda.” papar Philip Quade.

  1. Siapkan 1 Kartu Khusus Bertransaksi Online
Melanjutkan poin kedua, sebaiknya iDEA Lovers memiliki beberapa kartu kredit (mungkin juga debit). Jadikan 1 atau maksimal 2 kartu khusus untuk bertransaksi online. “Jika saya mendapatkan pemberitahuan tentang transaksi (yang terjadi) kartu kredit secara online yang bukan berasal dari kartu kredit khusus (belanja online) saya, maka saya tahu ada yang tidak beres.” Ungkap Country Director Fortinet Indonesia, Edwin Lim.

Gunakan lah kartu dengan limit atau saldo paling sedikit, jadi setidaknya apabila musibah terjadi, uang yang kemungkinan dikuras tidak berjumlah besar.

  1. Buat Kata Sandi yang Kuat
Hindari penggunaan kata sandi yang sama untuk bermacam-macam akun. Pastikan setiap akun memiliki password atau nomor pin berbeda-beda. Bahkan, Anda seharusnya mulai membuat keamanan dengan menggunakan frasa sandi, yaitu kata sandi dengan kalimat bukan lagi hanya dengan satu kata atau hanya numerik.

  1. Ganti Kata Sandi Secara Berkala
Di Fortinet, Philip Quade mengatakan bahwa semua staf mereka diwajibkan mengganti kata sandi pada akun dan perangkat setiap 90 hari sekali. Setiap pergantian kata sandi mereka dilarang menggunakan kata sandi yang pernah dipakai sebelumnya (3 kata sandi terakhir). Sebaiknya hal ini juga Anda terapkan disetiap akun dan perangkat Anda.

Nah, itulah 5 tips aman bagi iDEA Lovers jika ingin tercegah dari kejahatan siber saat berbelanja online untuk kebutuhan rumah lewat e-commerce.

Teks : Nurul Hardiyanti

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest