Follow Us

Tips Mudah Membersihkan Benda Antik di Rumah!

Pipit - Jumat, 18 Mei 2018 | 03:01
7 Cara Pintar Agar Foyer Terlihat Lebih Elegan
Agustina Sapitri

7 Cara Pintar Agar Foyer Terlihat Lebih Elegan

Editor Devi F. Yuliwardhani

iDEAonline - Apakah iDEA Lovera memiliki perabot dan barang antik di rumah? Terkadang kita bingung bagaimana membersihkan barang antik di rumah! Salaha membersihkan malah bisa jadi merusaknya!

Oleh karena itu, ikuti tipsnya di bawah ini saja yuk!

foto: instagram.com/anggun_wisudhatama
Membersihkan kayu

Untuk membersihkan kayu, pakailah pelepah pohon pisang. Selain tidak menghilangkan warna kayu --pembuatan gebyok tidak menggunakan cat biasa, tetapi memakai warna-warna dedaunan-- juga lebih mengkilat.

Caranya, pelepah pisang yang sudah tua (berair) dipotong, kemudian digosok-gosokkan ke atas kayu. Lantas bersihkan dengan lap kering. Lakukan ini tiga bulan sekali, tapi jika sering kena debu, lebih baik lakukan seminggu sekali.

dok. idea
Membersihkan bahan-bahan dari kuningan

Sementara untuk membersihkan bahan-bahan dari kuningan, Anda dapat menggunakan buah asam hitam (asam jawa) --banyak dijual di pasar.

Caranya, Siapkan asam secukupnya -tergantung dari berapa banyak yang akan dibersihkan- lalu campur dengan air, dan beri sedikit garam, aduk. Celupkan lap bersih dan gosok kuningan dengan teliti. Jika ada asam yang menempel, bersihkan dengan lap kering. Lakukan ini seminggu sekali.

Selamat mencoba!

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest