Follow Us

Ada 3 Pilihan Struktur Atap untuk Carport, Mau Tahu Apa Saja Itu?

Rebi - Jumat, 27 Juli 2018 | 15:00
Carport
http://www.miamiawning.com/wp-content/uploads/2017/03/Custom-Carport-waiting-for-custom-cladding-by-others-Miami-Awning-800px.jpg

Carport

Penulis Maulina Kadiranti

iDEAonline- Atap carport memiliki fungsi sebagai peneduh dan pemencantik. Maka dari itu memilih atap carport tidak boleh dilakukan dengan asal. Pemilihan atap carport harus dilakukan secara tepat. Mengingat fungsinya sebagai penutup, secara fungsi harus melindungi dan meneduhkan. Tampilannya pun harus cantik dan mendukung penampilan rumah. Kuat iya, indah iya. Karenanya hal berikut ini harus dipertimbangkan dalam memilih.

Sebagai penopang yang menjamin kekuatan carport, pilihan struktur atap carport adalah sebagai berikut.

  1. Struktur yang berdiri sendiri
Carport Berdiri Sendiri
http://www.miamiawning.com/wp-content/uploads/2016/12/Custom-Carport-Miami-Awning.jpg

Carport Berdiri Sendiri

Atap dengan struktur ini, ditopang oleh empat titik utama, atau bisa juga hanya dengan dua titik utama dengan menggunakan sistem kantilever. Kolom-kolom penopang dapat dipilih dari kolom beton, kayu, besi, baja, atau kombinasi di antara material tersebut. Tampilan luar kolom dapat dipilih sesuai dengan konsep desain carport. Model ini biasanya berada terpisah dengan rumah.

  1. Struktur menempel sebagian
Carport Menempel Sebagian
https://irp-cdn.multiscreensite.com/2c8bef3d/dms3rep/multi/mobile/carport02-600x400.jpg

Carport Menempel Sebagian

Atap dengan struktur ini biasanya berada sangat dekat dengan bangunan utama. Rangka atap dapat dibuat menempel dengan rumah. Cara ini membuat biaya konstruksi carport lebih hemat. Hanya dengan dua titik penopang, carport sudah cukup kokoh. Agar menyatu secara estetis dengan rumah, atap ini harus menggunakan bahan yang sesuai dengan konstruksi rumah, misalnya genting dan kayu.

  1. Struktur gantung
Carport Kantilever
https://thumbs.tradetested.com.au/uiO1J7AtDjgEixTb2GdhTkuF_lE=//catalog/product/_/_/__000bom-978478_

Carport Kantilever

Ini merupakan struktur kantilever dengan sling besi ataupun sling baja. Struktur ini memungkinkan penutup atap menggantung bebas tanpa membutuhkan kolom tambahan. Diperlukan material yang ringan untuk rangka atap dan penutupnya. Agar kuat dan awet, jenis atap gantung dipilih dari bahan yang ringan dan atap datar, bisa miring, tapi tidak melengkung

Mau tau lebih banyak mengenai Carport? Yuk cari Majalah iDEA edisi 158!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest