Follow Us

Sepanjang 26,3 Meter, China Hadirkan Jembatan 3D Terpanjang di Dunia!

iDea Online - Rabu, 06 Februari 2019 | 16:00
Sepanjang 26,3 Meter, China Hadirkan Jembatan 3D Terpanjang di Dunia!

IDEAonline - Sebuah tim dari Fakultas Arsitektur Universitas Tsinghua, Beijing, yang dipimpin oleh Profesor Xu Weiguo telah membuat jembatan beton 3 dimensi (3D) sepanjang 26,3 meter yang diklaim terpanjang di dunia.

Jembatan penyeberangan selebar 3,6 meter itu membentang di suatu kanal di Distrik Baoshan, Shanghai.

Pembangunannya dilakukan pada awal tahun ini.

Jembatan ini dirancang oleh Zoina Land Joint Research Center for Digital Architecture (JCDA), dan pelaksanaannya dikerjakan oleh Shanghai Wisdom Bay Investment Management Company.

Baca Juga : Jangan Sampai Keluarga Celaka, Panci Aluminium Ini Tidak Boleh Bersentuhan Langsung dengan Bahan Makanan Ini!

Menurut JCDA, bentuk melengkung pada jembatan itu terinspirasi dari Jembatan Anji berusia 1.400 tahun di Zhaoxian, yang merupakan jembatan tertua di China. Berdasarkan pengalaman sejak zaman dahulu, JCDA percaya bahwa kehadiran suatu jembatan menandai langkah maju penerapan teknologi terbaru yang digunakan sebagai proyek rekayasa di dunia nyata saat ini.

"Penyelesaian jembatan penyeberangan ini menandai perwujudan nyata yang menggembirakan dalam perkembangan teknologi, mulai dari penelitian dan pengembangan hingga aplikasi praktisnya," kata Profesor Xu Weiguo, seperti diberitakan Dezeen, Selasa (6/2/2019).

Baca Juga : Sebelum Bambang Trihatmodjo, Dewa Budjana Ternyata Pernah Lebih Dulu Taklukkan Hati Mayangsari, Sudah Sampai Tunangan!

Dia menambahkan, pada saat yang sama, keberadaan jembatan ini juga menandai masuknya teknologi cetak dan konstruksi beton 3D ke China dalam tingkat yang lebih tinggi berskala global.

Jembatan melengkung ini dibangun dari 176 unit beton yang dicetak menggunakan sistem pencetakan bertenaga robot.

Halaman Selanjutnya

1 2 3

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest