Follow Us

Pernah Dijadikan Hotel, Inilah Gedung Joang '45 yang Kaya Akan Sejarah

Agnes - Jumat, 10 Agustus 2018 | 11:10
Pernah Dijadikan Hotel, Inilah Gedung Joang '45 yang Kaya Akan Sejarah
tribun news

IDEAonline - Gedung Joang ’45 menjadi titik kumpul dan keberangkatan Koalisi Indonesia Kerja dan relawan Joko Widodo – Ma'ruf Amin ke kantor KPU untuk mendaftarkan diri sebagai capres dan cawapres 2019-2024.

Gedung Joang ’45 pada 2014 lalu pernah juga digunakan oleh Joko Widodo sebagai tempat deklarasi calon presiden pada 2014 lalu.

Di gedung ini pula Jokowi juga mengumumkan Jusuf Kalla sebagai cawapresnya.

Tidak hanya memiliki nilai sejarah dan arti penting bagi Jokowi, Gedung Joang ’45 juga menjadi tempat yang memiliki arti penting bagi Indonesia.

Baca juga: Bikin Sejuk Mata, Ini 5 Inspirasi Area Foyer Bernuansa Tropis

Gedung Joang '45
indonesiakaya

Gedung Joang '45

Berlokasi di Jalan Menteng Raya No. 31, Menteng, Jakarta Pusat, gedung bersejarah ini merupakan salah satu tempat lahirnya kemerdekaan RI.

Menilik sejarah, gedung yang awalnya digunakan sebagai hotel pada masa Hindia Belanda, Hotel Schomper namanya.

Pada 1942 ketika Belanda menyerah, gedung ini diambil alih Jepang dan diserahkan pada Jawatan Propaganda Jepang (Sendebu).

Juli 1942, Sendebu kembali menyerahkan gedung gedung ini kepada para pemuda sebagai tempat pendidikan politik dalam menyongsong kemerdekaan.

Gedung Joang '45
tribunnews

Gedung Joang '45

Setelah kemerdekaan, Gedung Joang '45 beralih fungsi menjadi museum untuk mengingat perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest