Cobain Pagi-pagi, Ternyata Kamar Mandi Lembab nan Dekil Bisa Nampak Bersih Hanya dengan 3 Cara Ini!

Senin, 01 Agustus 2022 | 07:00
Real Simple

Ilustrasi tampilan kamar mandi yang bersih

IDEAOnline-Kamar mandi adalah ruangan yang sering kita gunakan. Untuk itu, ruangan ini perlu dibersihkan secara rutin.

Namun, pertanyaan kemudian muncul, seberapa sering seharusnya IDEA lovers membersihkan kamar mandi? Menurut laman Love To Know, Kamis (18/3/2021), kamar mandi harus dibersihkan setidaknya seminggu sekali.

Beberapa area kamar mandi membutuhkan lebih banyak atau sedikit perhatian, tapi sebaiknya jangan biarkan kamar mandi kotor dalam waktu yang lama.

Genangan air yang tidak teralirkan, serta kurangnya cahaya matahari yang membuat kamar mandi nampak dekil dan lembab.

Kondisi inilah yang menjadi faktor pemicu tumbuhnya lumut.

Baca Juga:Nyesel Banget Baru Tahu, Freezer Gagal Mendingin Karena Beberapa Alasan Berikut, Jangan Langsung Beli Kulkas Baru!

Baca Juga:Diduga Selingkuhi Mantan Istri Hingga Kasus KDRTnya Jadi Bahan Omongan Seantero Indonesia, Artis Sinetron Ini Malah Asik Bawa Pacar Baru ke Publik?

Karena itu, aspek pencahayaan yang baik dan sanitasi sangat diperlukan untuk menciptakan kamar mandi bebas lembap.

Karena membutuhkan privasi yang tinggi, IDEA lovers tidak dapat sembarang memasang jendela pada kamar mandi.

Umumnya, kamar mandi hanya dapat dilengkapi dengan jendela berkaca buram seperti frosted glass atau glass block yang bersifat semitransparan.

Kompas.com
Kompas.com

Kamar mandi yang memisahkan area basah dan area kering.

Peletakannya pun tak sembarang, harus lebih tinggi dari kepala manusia untuk mencegah terlihatnya si pengguna dari luar.

Namun, tak ada salahnya bila IDEA lovers juga memasangkan jendela di area bawah atau selevel dengan kaki.

Tujuannya agar lebih banyak cahaya yang masuk dan menyinari permukaan lantai, sehingga lantai kamar mandi yang basah akan lebih cepat kering.

Saat ini, masih banyak kamar mandi yang tidak membatasi area basah dan area kering.

Memisahkan kedua area ini, akan menjaga lantai kamar mandi dari kondisi lembap dan licin yang dapat membuat penggunanya terpeleset.

Baca Juga:'Aku Minta Doa ya Semuanya' Innalilahi Keluarga Tak Percaya Sudah Kehilangan Sosok ini di Usia 20 Tahun, Garam Dapur Jadi Penyebab Sakit Kronis yang Renggut Nyawanya!

Baca Juga:Belajar dari Meninggalnya Presenter Kondang Ini, Mulai Sekarang Hindari Makan-makanan Manis Berlebihan, 'Ia Meninggal Dalam Keadaan Tersenyum'

Untuk membatasi keduanya, IDEA lovers dapat menggunakan partisi berkaca yang dapat menahan cipratan air di area basah.

Agar privasi di area shower tetap terjaga, IDEA lovers dapat menggunakan cutting sticker di kaca partisi.

Dengan partisi kaca tersebut, area kering tetap terjaga dari cipratan air namun masih bisa mendapatkan cahaya matahari yang diteruskan oleh kaca.

Cara berikutnya, cermati kemiringan lantai lamar mandi.

dok. turnofffox.com
dok. turnofffox.com

Lantai kamar mandi, kemiringannya harus cukup ke arah pembuangan air.

Lantai kamar mandi diharuskan memiliki kemiringan tertentu untuk mengalirkan air ke arah lubang pembuangan.

Namun, umumnya setiap kamar mandi hanya memiliki sebuah lubang pembuangan yang terietak pada sudut tertentu.Terkadang ada genangan air di sudut lainnya yang tidak mengalir masuk ke lubang tersebut.

Untuk mengatasinya, IDEA lovers dapat membuat parit kecil di tepi kamar mandi yang menurun. Permukaan parit juga dibuat miring ke satu sudut, dan di sudut itulah lubang pembuangan di buat.

Untuk menjaga agar tampilan parit tak mengganggu estetika, kamu dapat menambahkan batuan kenkil untuk meng:si celah parit agar tampak lebih apik.

Tapi, jangan lupa untuk rajin membersihkan kerikil atau koral ini ya.

Cara terakhir ini bisa IDEA lovers skip jikaIDEA loverstak menginginkan ada kerikil atau koral di kamar mandi. Solusinya, pastikan kemiringan lantai cukup dapat mengalirkan air ke saluran pembuangan.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya