Jalan Gubeng Amblas, Inilah Kesaksian Warga di Sekitar Lokasi Kejadian

Rabu, 19 Desember 2018 | 17:00
Surya/Ahmad Zaimul Haq

Foto terkini Jalan Gubeng, Surabaya, yang ambles, dari udara, Rabu (19/12/2018). Bangunan BNI ada d

IDEAonline - Setelah kejadian jalan Gubeng amblas pada Selasa (18/12/2018) malam, kini jalan ditutup oleh pihak keamanan,

Dimensi jalan Gubeng Surabaya yaang ambles diperkirakan selebar lebih dari 20 meter.

Lokasi kejadi tepatnya berada di depan atau barat Kantor BNI, atau selatan dari Rumah Sakit Siloam Surabaya.

Salah satu saksi adalah Ali Topan, seorang satpam perusahaan di Jalan Raya Gubeng menuturkan tidak ada kendaraan yang melintas saat jalan Gubeng Surabaya itu ambles.

Ia baru tahu ada insiden itu saat kabel listrik di depan posnya tertarik begitu kencang sehingga mengagetkan dirinya yang sedang berjaga.

Baca Juga : 5 Fakta Jalan Gubeng di Surabaya Amblas, Dalamannya Hingga 15 Meter

"Ya saya taunya saat kabel ketarik tadi," katanya, Selasa (18/12/2018).

"Tadi kejadian sekitar jam sembilan lebih, ada suara kresek-kresek gitu. Terus sekitar lima menit setelah itu glodak, jalan langsung ambles gitu," katanya.

Selain itu, ia mengaku kaget mendengar teriakan beberapa warga yang kebetulan berada di sekitar tanah amblas.

Kejadian itu begitu cepat dan mengagetkan.

Ali melanjutkan, para petugas baru berdatangan sekitar pukul 22.00 WIB.

Baca Juga : Terkait Dugaan Pemicu Jalan Gubeng Amblas, Ahli Geoteknik Angkat Bicara

Sementara itu, salah satu satpam proyek yang ditemui Tribunjatim yang tak ingin disebut namanya mengaku jika tempat ia bekerja tengah melaksanakan proyek gedung parkir Rumah Sakit Siloam.

"Ini proyek parkir untuk rumah sakit," jelasnya.

Sementara itu, penyebab Jalan Raya Gubeng, Surabaya, ambles pada Selasa (18/12/2018) malam, diduga dampak dari pembangunan basement RS Siloam.

Penyebab Jalan Raya Gubeng, Surabaya, ambles ini ditegaskan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan, saat meninjau lokasi, pada Rabu (19/12/2018) pagi.

Baca Juga : Mulai dari Tanah Hingga Apartemen, KPK Lelang Aset Rampasan Mantan Kakorlantas Senlai Rp 179 Miliar!

Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, penyebab Jalan Raya Gubeng, Surabaya, ini didukung kesaksian lima orang yang diperiksa pihak Kepolisian sejak Selasa (18/12/2018).

"Hasil pemeriksaan tadi malam ada lima orang yang sudah diintrogasi dan diperoleh keterangan sedikit, memang yang bekerja ada 29 orang. Dari 29 orang tadi malam itu, 6 orang yang masih mengerjakan. Sudah dipastikan tidak ada korban jiwa," katanya usai melihat kondisi lubang ambles Jalan Raya Gubeng Surabaya.

Irjen Pol Luki menjelaskan, dari keterangan saksi, amblesnya Jalan Gubeng, Surabaya, dikarenakan ada pembangunan basement RS Siloam, yaitu 70 x 70 yang baru dikerjakan 11 persen dengan kedalaman 11 meter dari 19 meter. (*)

Baca Juga : Buat Tempat Berlindung untuk Pengungsi, Arsitek ini Buat Kubah dari Tanah Liat

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Jalan Gubeng Surabaya Ambles, Saksi Sebut Sempat Dengar Suara Getaran.

Editor : Alfa

Baca Lainnya