Berhubungan dengan Listrik dan Benda Berbahaya, Maka Simak Dulu 5 Langkah Ini Ketika Merancang Dapur

Sabtu, 19 Januari 2019 | 12:00
www.delightfull.eu

Merancang dapur

IDEAonline - Merancang rumah bukan perkara mudah, apalagi bila berhubungan dengan dapur. Pasalnya, di dapur akan ada banyak instalasi listrik dan benda berbahaya semisal kompor yang perlu dipasang. Untuk itu, masalah teknis sangat perlu perhatian ketika merancang ruang memasak ini.Baca Juga : 4 Tips Merancang Dapur Mungil Efisien Dengan Sistem Zonanisasi

Selain persoalan teknis, estetika atau keindahan juga perlu dipikirkan. Karena dapur yang tampak indah secara visual dipercaya meningkatkan minat seseorang terhadap aktivitas memasak.Masak makanan untuk keluarga pun tidak lagi menjadi beban seorang istri, melainkan dapat menjadi hobi yang menyenangkan.Baca Juga : Tren Terbaru Dapur 2019, Ubah Suasana Memasakmu Lebih Menyenangkan

Untuk itu aspek teknis dan estetika perlu diperhatikan saat merancang dapur. Inilah lima langkah yang perlu Anda simak untuk menghasilkan dapur yang apik sekaligus fungsional.

PertamaBuatlah rencana ruang dalam denah terukur. Pertimbangkan jarak antara benda elektrikal dan benda-benda yang mengandung elektromagnet.

www.housetipster.com
www.housetipster.com

Posisi kompor dan microwave

Kulkas sebaiknya dipasang berjarak 15 cm dari tembok. Microwave sebaiknya diletakkan minimal 1 m dari kulkas. Baca Juga : Tidak Cukup Hanya Dilap, Inilah 3 Cara Efektif Membersihkan Microwave

KeduaTentukan titik mekanikal elektrikal (ME) yang diperlukan, antara lain untuk pemipaan, kulkas, dan microwave. Penggunaan Mini Circuit Breaker (MCB) di area dapur sangat disarankan. MCB berguna untuk membatasi penggunaan listrik, mematikan listrik bila terjadi hubungan singkat, dan mengamankan instalasi listrik. Cara untuk mengukur MCB adalah dengan mengalikan kapasitas MCB dengan tegangan umum yang berlaku (220 V). Misalnya, untuk MCB 6A, maka mempuyai kapasitas menahan daya listrik sebesar 6A x 220V = 1.320 Watt.

Baca Juga : Penuh Kesabaran, Seniman Amerika Menghabikan Waktu 5 Tahun Menutupi Dapur dengan Manik-Manik Kaca

KetigaTentukan kebutuhan barang yang akan ditampung di dapur. Anda bisa membuat skema wilayah (zoning) berdasar karakter benda, misalnya material, intensitas pemakaian, serta penggunaan listrik. KeempatSesuaikan ukuran furnitur yang akan dipasang dengan ruang.

www.thespruce.com
www.thespruce.com

Posisi rak

Misalnya, tinggi kabinet Anda 88 cm - 91 cm, dan Anda ingin memasang rak penyimpanan di atasnya, maka jarak tinggi pemisah antara rak dengan kabinet adalah 38 cm.

Baca Juga : Selalu Bersih dan Rapi, Intip Desain Dapur yang Kaya Penyimpanan KelimaBila Anda ingin memisahkan fungsi ruang makan dengan ruang masak, maka buatlah jendela penghubung. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Kelima langkah di atas bisa diikuti, namun tetap harus disesuaikan dengan kondisi dapur Anda sendiri ya iDEA lovers

Baca Juga : Tertutup Selama 50 Tahun, Perancang Furnitur Ini Temukan Dapur Bergaya Retro 50-an di Rumah Ini

Editor : Pipit