Perpustakaan Transparan Berkilau di Pusat Desa Pegunungan Cina

Jumat, 01 Februari 2019 | 21:00
Zhao Yilong

Mountain House in Mist

IDEAonline -Dibangun di atas panggung untuk menciptakan ruang pertemuan terlindungi, Mountain House in Mist adalah perpustakaan umum di Provinsi Zhejiang, Cina.

Terletak di Liangjiashan, sebuah desa kuno di Kabupaten Wuyi di provinsi Cina Zhejiang, Mountain House in Mist adalah perpustakaan umum yang menempati situs segitiga di dekat alun-alun desa utama.

Bangunan seluas 1.679 kaki persegi ini ditugaskan oleh Hongfu Tourism Group Co., Ltd. dan dirancang oleh studio Desain Arsitektur Shulin yang berbasis di Hangzhou.

Sebuah oasis ketenangan dan pembelajaran bagi penduduk desa, perpustakaan memiliki struktur utama dari baja dan kayu, dan dibangun dengan pinus, teraso, dan "panel matahari" yang memungkinkan cahaya melintas.

Zhao Yilong

Mountain House in Mist

Baca Juga : Inspirasi Interior untuk Toko Sepatu, Hampir Seluruhnya Dipenuhi Keramik!

Di perimeter selatan situs adalah jalur pejalan kaki, dan di sebelah utara ada dinding batu 9,8 kaki dengan taman bermain untuk anak-anak di atasnya.

Sama seperti rumah pedesaan di Asia Tenggara yang dibangun agar tetap kering selama banjir, 10 kolom mendukung ruang interior utama pada tingkat yang dinaikkan.

Kolom-kolom ini menciptakan teras terbuka yang terlindung dengan sebuah kolam kecil di lantai dasar di bawah lantai perpustakaan.

Zhao Yilong

Mountain House in Mist

Baca Juga : The Little Wing, Oasis Apik Rancangan Co-working Klub Wanita

Karena perpustakaan diatur pada kolom, itu berada pada tingkat yang sama dengan taman bermain, yang memungkinkan pengunjung membaca sambil mengawasi anak-anak yang bermain melalui jendela gambar bangunan.

Zhao Yilong

Mountain House in Mist

Dari tangga luar yang dimulai dari lantai dasar, penduduk desa dapat mengakses bagian dalam perpustakaan.

Di dalam perpustakaan terdapat area membaca, rak buku, dan koridor selebar 3,3 kaki yang dapat mereka jalani sambil melihat-lihat judul di rak.

Zhao Yilong

Mountain House in Mist

Fasad perpustakaan dibungkus dengan panel berusuk khusus yang diproduksi di desa.

Panel tembus cahaya ini memungkinkan orang-orang di dalam untuk melihat sekilas pemandangan lanskap di luar.

Zhao Yilong

Mountain House in Mist

Baca Juga : Biar Enggak Salah Pilih, Perhatikan 4 Hal Ini saat Memilih Karpet

Panel juga melembutkan kualitas sinar matahari yang memasuki interior, menghasilkan lingkungan membaca yang santai.

Teras dan kolam di permukaan tanah menghadirkan sinar matahari, hujan, dan udara ke dalam desain, sehingga bangunan terintegrasi lebih baik dengan situs dan konteksnya.

Zhao Yilong

Mountain House in Mist

Baca Juga : Biar Enggak Salah Pilih, Perhatikan 4 Hal Ini saat Memilih Karpet

"Esensi arsitektur pedesaan seperti yang saya mengerti adalah keadaan di mana orang dan ruang, orang dan alam, dan orang dan waktu hidup berdampingan secara harmonis," kata arsitek utama proyek itu Liu Dongying kepada Dwell.

Zhao Yilong

Mountain House in Mist

"Inspirasi kami tidak hanya berasal dari intuisi, tetapi juga berakar di pedesaan itu sendiri, sehingga lokalitas dan kreativitas dapat terhubung dengan baik," tambahnya. (*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya