5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui dari Stadion Mewah Mercedes-Benz

Minggu, 10 Februari 2019 | 17:00
Michael Robinso

Stadion Mercedes-Benz

IDEAonline -Pada hari Minggu, 3 Februari 2019, New England Patriots akan melawanLos Angeles Rams dalam pertandingan American Footballpaling penting sepanjang tahun: Super Bowl LIII.

Sementara sebagian besar mata tertuju pada aksi yang terjadi di lapangan, beberapa mungkin melihat stadion di mana permainan sedang dimainkan.

Super Bowl tahun ini akan diselenggarakan di Stadion Mercedes-Benz Atlanta yang baru, sebuah prestasi arsitektur baik dari segi estetika dan teknik.

Bangunan, yang dirancang oleh arsitek HOK, menampung 75.000 penonton (dengan kapasitas diperluasmenjadi 83.000) dalam façade kaca yang mencolok, dengan atap yang terbuka dalam cuaca baik dan tertutup dalam hujan atau salju.

Baca Juga : Unik! Arsitek Ini Ubah Tangki Minyak Bekas Jadi Rumah Kapsul

Sejak dibuka pada Agustus 2017, struktur ini telah menghibur lebih dari 4 juta pengunjung, tetapi pada hari Minggu, 3 Februari 2019 menjadi panggung utama untuk menunjukkan kepada dunia tentang semuayang menarik di stadion ini.

Berikut 5 fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang Stadion Mercedes-Benz, yang membuat stadion ini jadi stadion paling menonjol dari yang lain di dunia. Simak ulasannya!

1. Atap

Michael Robinso

Stadion Mercedes-Benz

Baca Juga : Sky Pool, Kolam Renang Transparan di Lantai 42 Gedung, Berani Coba?

Atapnya terinspirasi oleh arsitektur Romawi kuno.

Dibagi menjadi panel kain ETFE (ethylene tetrafluoroethylene) miring, atap spiral terbuka atau tertutup, tergantung pada cuaca.

“Saya membayangkan sebuah lingkaran cahaya muncul di atas lapangan dan tumbuh seperti lampu sorot, dengan cara yang sama seperti cahaya memasuki oculus Pantheon di Roma,” kata Bill Johnson, kepala desain HOK kepada Architectural Digest.

"Dari gagasan itu tumbuh konfigurasi struktur, kulit, dan tempat duduk, sehingga semua elemen desain mendukung gagasan besar ini untuk membawa energi dan fokus ke pusat stadion melalui desain dramatis atap," lanjutnya.

2. Interior

Michael Robinso

Stadion Mercedes-Benz

"Elemen desain interior yang akan membedakan kami adalah papan halo kami," kata Rich McKay, presiden dan CEO tenant NFL stadion, Atlanta Falcons.

“Ini adalah papan video 360 derajat yang unik, setinggi hampir enam lantai dan 1.110 kaki linier. Itu menggantung dari atap berbentuk oval, membuka cukup tinggi sehingga tidak menghalangi garis pandang penggemar kami," lanjut Atlanta.

"Kami telah berusaha keras untuk membuat stadion yang terbuka dan terpikir oleh kami bahwa papan skor di zona akhir dan sudut tidak kompatibel dengan ide besar itu. Jadi untuk tetap setia pada ide desain keseluruhan, kami harus memikirkan papan skor secara berbeda," pungkas Atlanta.

3. Ramah Lingkungan

Michael Robinso

Stadion Mercedes-Benz

Baca Juga : 3 Inspirasi Kamar Mandi Apartemen, Manfaatkan Ruang Agar Tak Efisien

Langkah-langkah ramah lingkungan di stadion tidak ada duanya.

"Dengan bangunan sebesar ini, sangat penting bahwastadion dirancang dan beroperasi secara berkelanjutan untuk meminimalkan dampak terhadap lingkungan," kata Johnson.

“Air sangat penting, mengingat stadion berada di puncak DAS Proctor Creek, yang dikenal banjir selama badai besar. Bangunan ini dirancang untuk merebut kembali dan menggunakan kembali air hujan dengan tangki 600.000 galon. Selain itu, ada kemitraan yang sangat unik dengan Trees Atlanta yang akan memungkinkan air hujan ini digunakan untuk mengairi pohon. Fans juga akan melihat lebih dari 4.000 panel PV surya dilokasi stadion," lanjut Johnson.

4. Makanan di Stadion

Eater Atlanta

Stadion Mercedes-Benz

Atlanta Falcons ingin menunjukkan komitmen mereka terhadap keunggulan bukan hanya di stadion tetapi juga stan konsesi.

Stadion bermitra dengan restoran lokal dan menerapkan beberapa perubahan pada jumlah dolar pada setiap item menu.

Bagi siapa saja yang pernah ke acara olahraga besar, harga makanandi stadion ini jauh lebih murah daripada yang biasanya tersedia.

5. Tempat Duduk

RateYourSeats.com

Stadion Mercedes-Benz

Baca Juga : Inspirasi Hunian Berdesain Industrial Modern dengan Fasad Tertutup

Pada akhirnya, itu adalah kursi yang menahan para penggemar yang melakukan perjalanan jauh untuk menikmati acara olahraga.

Mungkin lebih baik adalah bahwa setiap kursi ditingkatkan lebar dari standar 19 menjadi lebih besar 21 inci. (*)

Editor : Pipit

Sumber : Archictectural Digest

Baca Lainnya