Dilengkapi Vertiport, Lyons Place Akan Jadi Blok Perumahan Pertama yang Menerima Pengiriman Paket dengan Drone

Sabtu, 16 Februari 2019 | 08:00
Dezeen

Lyons Place

IDEAonline -Blok perumahan Lyons Place oleh studio arsitektur Farrells, saat ini sedang dibangun di London barat, bertujuan untuk menjadi perumahan pertama di kota yang menerima pengiriman paket dengan drone.

Meskipun pengiriman drone komersial belum terjadi di London, pengembang Almacantar ingin Lyons Place dapat mengambil keuntungan dari teknologi sesegera mungkin.

Dijadwalkan akan selesai pada bulan Juni, pengembangan 76 rumah akan menggabungkan area pendaratan untuk pengiriman drone, dioperasikan oleh perusahaan infrastruktur drone Skyports.

"Kami selalu mencari cara untuk membuktikan masa depan perkembangan kami," jelas Kathrin Hersel, direktur properti di Almacantar.

Baca Juga : Ini 6 Pilihan Atap Rumah yang Cocok untuk Iklim Tropis di Indonesia

"Bermitra dengan Skyports, dengan tujuan Lyons Place menjadi pengembangan perumahan pertama di London yang menerima pengiriman drone komersial, oleh karena itu sangat masuk akal," katanya kepada Dezeen.

Platform pendaratan akan terletak di tengah atap di blok perumahan utama Lyons Place.

Skyports telah setuju untuk menyewakan ruang untuk platform atau vertiport dari pengembang, dan akan mengoperasikan dan memelihara area pendaratan.

Sistem ini akan memungkinkan penghuni untuk mengirimkan barang secara langsung dengan drone segera setelah layanan ini tersedia di London.

Dezeen

Lyons Place

Baca Juga : Manfaatkan Potensi Limbah, Desainer Belanda Ciptakan Karpet dari Sepatu Tua Adidas

"Penyewa yang tinggal di Lyons Place, dengan satu klik jari, akan dapat memesan barang-barang dari kenyamanan rumah mereka melalui internet, yang kemudian dikirimkan oleh pendaratan drone di atap," kata Ade Awoye, arsitek senior di Farrells.

"Petugas kemudian diberitahu tentang kedatangan paket dan mengumpulkan barang yang akan dikirim langsung ke pintu depan penyewa," katanya kepada Dezeen.

Dezeen

Lyons Place

Baca Juga : Ciptakan Aroma Khas di Rumah, Terapkan 5 Cara Mudah Ini Yuk!

Studio percaya bahwa fasilitas untuk pengiriman drone perlu dimasukkan dalam sebagian besar proyek perkotaan ke depan.

"Kami beradaptasi dengan tren teknologi dan peningkatan pembelian barang-barang konsumen yang mulai membentuk kota-kota tempat kami tinggal. Ini adalah tingkat konektivitas baru di dalam kota urban," lanjut Awoye.

Dalam wawancara dengan Dezeen baru-baru ini, Duncan Walker, direktur pelaksana perusahaan, mengatakan bahwa "vertiport" akan menjadi fasilitas umum di masa depan.

Gagasan ini sejalan dengan beberapa gagasan yang diusulkan dalam film dokumenter Dezeen Elevation, yang menyarankan bahwa penggunaan drone akan mengubah cara bangunan dirancang dan cara fungsi kota.

Skyports saat ini mengakuisisi ruang atap di seluruh London.

Dezeen

Lyons Place

Baca Juga : Harus Jadi Tempat Nyaman, 5 Hal Ini Justru Jadi Pemicu Stress di Kamar Tidur

"Lyons Place adalah pengadopsi awal dari teknologi baru ini. Masih ada beberapa rintangan untuk diselesaikan, tetapi Lyons Place berada di depan antrian untuk penerbangan pertama," kata manajer infrastruktur Jeannie Pritchard kepada Dezeen.

Almacantar menegaskan bahwa fasilitas pengiriman drone akan dipertimbangkan untuk setiap pengembangan di masa depan.

Ada banyak desainer yang mengembangkan ide-ide untuk sistem pengiriman drone seluruh kota, termasuk PriestmanGoode, yang konsep Dragonfly membayangkan drone otonom menjadi layanan utama untuk pengiriman surat. (*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya