Kisaran Harga Waterproofing untuk Cegah Bocor di Kamar Mandi, Dimulai Rp 100 Ribuan

Minggu, 02 Juni 2019 | 13:00
instagram

ilustrasi kamr mandi

IDEAonline -Bagaimana memilih waterproofing (produk kedap air) yang tepat dan apa saja pilihannya di pasaran?

Berikut empat produk waterproofing berbahan dasar semen yang dapat menjadi pilihan.

MU Weber

Jika kebocoran di kamar mandi diakibatkan oleh keretakan maka pelapis kedap air dari MU Weber yakni MU-600 DryShield dapat menjadi pilihan.

“MU-600 DryShield diformulasikan dengan Crack Bridge Technology berbahan aktif Acrylic Copolymer sehingga mampu mengatasi keretakan yang disebabkan oleh muai-susut yang terjadi secara berulang-ulang pada substrat,” ujar Joni Kho, Product Management General Manager Mortar Utama Weber.

Komposisi di dalam MU-600 DryShield yang kaya akan cairan, membuat produk ini jauh lebih mudah untuk digunakan.

koleksi idea 184

Begini cara memilih lantai kamar mandi untuk yang basah dan kering

MU-600 DryShield memiliki 2 tipe packaging. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kondisi kamar mandi Anda.

Baca Juga: Musim Hujan Bikin Pening? Simak Dulu Cara Atasi Talang Air yang Bocor

Pertama, kemasan 20 kg yang dapat digunakan untuk area seluas 10-12 m2 .

Sementara untuk kebutuhan kecil terdapat kemasan 3 kg yang digunakan untuk luas area 1,5-2 m2 .

Kemasan 20 kg dijual dengan kisaran harga Rp240.000-Rp260.000 per set sementarayang kemasan 3 kg dijual seharga Rp110.000 per set.

Baca Juga: Tak Hanya Atap, Dinding Rumah Pun Bisa Bocor dan Berjamur Bau Tak Sedap, Atasi dengan Ini

Sika

Home Depot
Home Depot

Kamar mandi kering di kamar tidur mengurangi risiko lembap.

Jika MU Weber hanya memiliki satu jenis pelapis kedap air, maka Sika memiliki dua macam.

Ada yang terdiri dari dua komponen (cairan dan bubuk) yakni Sika Top 107 Seal dan Sika Top 107 Plus, serta yang hanya satu komponen (bubuk semen) yakni Sika Waterproofing Mortar.

Sika mengklaim bahwa produknya ini mampu mengatasi semua permasalahan yang menjadi penyebab kebocoran di kamar mandi.

Baca Juga: Ganti Kompor Sambut Lebaran, Pilih yang Bisa Mencegah Ledakan dan Gas Bocor!

Namun, diperlukan tambahan material khusus yakni Sikadur-20 Crackseal untuk perbaikan keretakan pada sudut pertemuan antara lantai dan dinding paling bawah serta penambahan Sika Tile Grout dan Sika Cim Tilegrout Additive ketika memperbaiki nat pada keramik.

Meski terkesan banyak yang perlu disiapkan, Sika termasuk pelapis kedap air yang mudah dalam pengerjaannya karena sudah diformulasi khusus dan siap pakai (tidak boleh ditambahkan material lain apapun seperti air, semen, atau dicampur produk lain).

Untuk harga, Sika Top 107 Seal AB 25 kg memiliki harga jual di pasaran sekitar Rp330.000/ set, Sika Top 107 Plus AB 4 kg Rp130.000/set, dan Sika Waterproofing Mortar 5 kg Rp80.000.

Damdex

Damdex adalah contoh waterproofing berbasis semen yang hanya berupa cairan aditif. O

leh karenanya, dalam pengerjaannya Damdex membutuhkan campuran lain yakni semen dan air. Adi S selaku Nasional Sales Manager menginformasikan bahwa dalam pengerjaan menggunakan Damdex tak cukup hanya satu lapis, melainkan hingga tiga lapis.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Kebocoran Dinding Kamar Mandi dan Cara Mencegahnya

Lapisan pertama menggunakan Damdex Multifungsi dengan komposisi 2 bagian semen ditambah 1 bagian Damdex Multifungsi dan 1 bagian air.

Foto Vicugo Foto • Arsitek/Desainer NMSURI/EGUE Y Seta

Cegah Bocor di Kamar Mandi

Lalu, untuk lapisan kedua dan ketiga menggunakan Damdex Warna dengan komposisi 2 bagian Damdex Warna ditambah 1 bagian semen.

Baca Juga: Ini Risiko Jika Kamar Tidur Ada Kamar Mandinya, Begini Posisi Idealnya

Meskipun terkesan rumit, Damdex ini memiliki keunggulan yakni adanya Damdex Warna yang dapat memberikan warna sebagai penambah estetika rumah dan memiliki daya sebar dua kali lebih luas dibanding pelapis kedap air lainnya.

Produk ini juga sangat mungkin digunakan tak hanya di kamar mandi, tetapi juga di dinding samping rumah. Untuk harga per 0,8 kg berkisar Rp36.000 s/d Rp46.000.

Mapei

Sama seperti produk dari merek lainnya, Mapei juga diklaim mampu mencegah kebocoran yang terjadi di kamar mandi, baik lantai maupun dinding yang berada dekat dengan shower.

Baca Juga: Jangan Remehkan AC Bocor, 7 Cara Cegah Kebakaran Akibat Korsleting

Selain hal tersebut, produk Mampei juga dapat difungsikan sebagai lapisan pelindung untuk antikarbonasi sehingga dapat melindungi dinding yang mengandung CO2 yang dapat merusak atau mengkorosi pembesian pada dinding struktur.

Produk pelapis dari Mapei (Mapelastic) sudah cukup baik dalam mencegah kebocoran, namun Anda dapat memperkuatnya lagi dengan material yang terbuat dari fiber-glass yang berbentuk jaring yaitu Mapenet-150.

Fungsi dari Mapenet-150 adalah untuk menambah kekuatan dari sistem waterproofing dan juga berguna sebagai kontrol ketebalan dari material yang digunakan.

Semoga membantu! (*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya