Enggak Mau Me Time Terganggu karena Tikus Lalu-lalang? Cegah Mereka Masuk dengan 7 Cara Ini

Rabu, 07 Agustus 2019 | 12:00
Martin Phelps

Tikus membuat rumah di mana saja dan kapan saja, seperti juga mereka makan apa pun yang tersedia.

Tabloid RUMAH 192

IDEAonline -Menemani buah hati menonton film kartun Mickey dan Minnie Mouse sungguh mengasyikkan. Tak demikian jika yang terlihat adalah tikus got berlarian di dalam rumah.

Baca Juga: Simak Inpirasi Tangga Unik di Seluruh Dunia, Ada Tangga Menuju Awan!?

Kotor dan bau, identik dengan salah satu binatang pengerat ini, yaitu tikus.

Kesan tersebut ternyata beralasan. Binatang yang termasuk dalam ordo Rodentia ini suka tinggal di tempat yang gelap dan kotor, seperti got dan loteng.

Walaupun sepasang matanya tidak berfungsi maksimal, tikus memiliki kepandaian lebih dari sekadar binatang rumah yang lain.

Dengan jurus mengelabui hewan peliharaan dan penghuni, ia mampu merusak segala perabot rumah yang ada.

Baca Juga: Dinding Bermaterialkan Keramik dan Granit Sering Lepas, Atasi di Sini!

Lika-Liku Tikus

Ingin marah rasanya jika menemukan salah satu baju kesayangan robek bercecer-cecer. Bisa jadi itu ulah tikus. Kebiasaan tikus ini untuk mengurangi pertumbuhan gigi serinya yang terus menerus tumbuh.

Animal Channel

Rumah tikus yang dibuat Simon Dell

Pada umumnya, hanya ada 3 spesies tikus yang tersebar di dunia, yakni tikus rumah, tikus got, dan mencit rumah. Selain itu ada hewan lain yang mirip dengan tikus, yaitu cecurut rumah.

Hewan-hewan tersebut menimbulkan gangguan di permukiman karena aktivitas, bau, dan kotoran yang ditimbulkannya.

Serumah dengan Tikus

Tikus memilih tinggal di lingkungan rumah karena di dalamnya terdapat banyak sumber makanan.

Pada malam hari, tikus akan mencari makan di dapur atau tempat penyimpanan makanan.

Baca Juga: Bebas Risiko Celaka di Kamar Mandi, Desain Pintu Pun Engga Boleh Salah

Jika suatu rumah dibiarkan kosong selama beberapa hari, maka tikus tersebut akan pergi karena sumbersumber makanan tidak dapat ditemukan.

Selain itu, celah-celah rumah yang gelap sangat pas dijadikan sarang tikus untuk berlindung dari cuaca di luar rumah yang panas ataupun dingin.

Di dalam rumah, tikus akan memilih tinggal di tempat yang kotor atau tidak terawat, misalnya di gudang penyimpanan barang bekas.

Tikus juga senang menghuni tempat yang dipenuhi dengan tumpukan barang sehingga tikus rumah sering disebut dengan tikus atap (roof rats).

Lewat Jalan Tikus

Kehadiran tikus di muka bumi ini selalu mengikuti penyebaran manusia. Jadi dimana ada aktivitas manusia, maka dapat dipastikan di sana ada tikus.

Baca Juga: Identik dengan 'Me Time' hingga Ruangan Mungil, Tilik Uniknya Karakter Desain Interior Terkini

Dengan demikian, tikus disebut sebagai hewan komensal, yaitu kelompok hewan yang mampu beradaptasi dengan kehidupan manusia, seperti juga kecoa.

Tikus masuk melalui lubanglubang atau celah yang ada pada rumah.

Jika tidak ada celah, akan tetapi tikus mencium bau makanan dari dalam rumah tersebut, maka tikus akan membuat jalan masuknya sendiri dengan mengerat pintu atau mengerat atap dan langit-langit rumah.

Mencegahnya Masuk Rumah

Seperti film kartun Tom and Jerry, manusia pun dapat terkecoh karena tingkah tikus yang cerdik. Anda bisa mencegahnya dengan cara berikut ini.

  • Dengan cara proofing atau barier mekanis, seperti melapisi daun pintu, jendela, dan atap menggunakan logam (stainless steel) anti keratin gigi tikus.
Baca Juga: Identik dengan 'Me Time' hingga Ruangan Mungil, Tilik Uniknya Karakter Desain Interior Terkini

  • Perhatikan lubang atau jaringan sanitasi yang menghubungkan ruang dalam dan ruang luar secara langsung, misalnya pada pemipaan air kotor.
  • Siapkan perangkap tikus (rat trap atau dead trap) dan racun tikus (rodentisida), namun tetap perhatikan binatang peliharaan yang ada.
Baca Juga: Toko Genset Diserbu Pengunjung, Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli!

  • Gunakan umpan yang menjadi kesukaan tikus, misalnya selai kacang atau ikan asin.
  • Konsultasikanlah dengan produsen pest control yang banyak dimanfaatkan oleh pihak industri (hotel, restoran, rumah sakit, gudang penyimpanan, dan pabrik).
  • Peliharalah hewan seperti anjing atau kucing untuk mengusir tikus. Seringnya pemberian pakan artifisial akan membuat anjing atau kucing enggan terhadap tikus.
  • Bersihkan rumah secara rutin dan jangan biarkan tempat sampah terbuka. Sisa makanan sebaiknya dibungkus dahulu dengan plastik kedap udara sebelum dibuang. Karena pada prinsipnya, tikus tidak menyukai rumah yang rapi dan bersih.
(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya