Serasa Memasak di Pedesaan Amerika, Simak Berbagi Idea Dapur dengan Kesan Country!

Sabtu, 14 Maret 2020 | 14:00
FOTO: JOU ENDHY PESUARISSA

Serasa Memasak di Desa-desa Amerika

IDEAonline-Pernahkah Anda melihat film-film keluarga berlatarkan rumah di benua Amerika, terutama Amerika Utara—seperti Amerika Serikat dan Kanada?

Perhatikan secara seksama. Dalam setiap adegannya, setiap ruang disorot secara mendetail.

Biasanya, motif floral berukuran kecil, dengan warna dominan putih gading dan krem, menjadi salah satu karakter yang tertangkap dari ruangan-ruangan tersebut.

Aksen-aksen ulir menghiasi setiap pojoknya, walau tidak terlampau berlebihan seperti gaya klasik Eropa.

Banyak orang menamai gaya interior ini dengan nama country, sama seperti nama genre musikyang berasal dari benua para koboi, Amerika.

Namun, gaya country sendiri sebenarnya memilik pengertian dan cakupan yang luas.

Bahkan, interior yang terinspirasi dari kehidupan pedesaan di Eropa— dengan material terekspos dan warna tanah—juga termasuk ke dalam gaya country.

Shabby chic, nama sebuah gaya interior yang tengah menjamur beberapa tahun terakhir ini, juga termasuk ke dalam gaya country.

Baca Juga: Pernah Dipukuli oleh Pengacara Kondang, Drama Artis Lawas Satu Ini Sempat Hebohkan Publik, Intip Isi Rumahnya

FOTO: JOU ENDHY PESUARISSA

Serasa Memasak di Desa-desa Amerika

Pasangan Chandra dan Tisna mencoba menerapkan sentuhan country ini ke dalam hunian mereka di bilangan Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Dapur, adalah salah satu ruangan yang kental akan kesan country tersebut.

“Kami terinspirasi dari interior rumah ala Amerika, mengingat kami pernah tinggal di sana selama setahun,” ujar Tisna menjelaskan.

Memang, kali pertama IDEA lovers menginjak ruang dapur bersih yang terdapat di sudut rumah ini, mata kami disuguhi pemandangan bernuansa putih gading, dengan aksen ala country di setiap pojok.

Bahkan, ruang dapur bermula dari “gerbang” berbentuksetengah lengkung, dengan material bata ekspos. Karakter country telah terasa kental.

Baca Juga: Pameran INDOCRAFT 2020 Hadir Kembali, Tawarkan Trend Batik Terbaik hingga Kerajinan Khas Indonesia

DAPUR BERSIH SERBA PUTIH

FOTO: JOU ENDHY PESUARISSA

Serasa Memasak di Desa-desa Amerika

Siapa bilang, interior serba putih hanya akan menghasilkan kesan dingin?

Ternyata, dengan tone warna yang sesuai, dominasi putih bisa menghadirkan suasana hangat ke dalam sebuah ruangan.

Salah satunya, pada dapur dengan sentuhan country ini.

Chandra dan Tisna menggunakan warna putih gading, sebagai penghias kitchen set dalam area dapur tersebut, mulai dari kabinet, hingga meja island yang biasa digunakan sebagai tempat sarapan.

Kehangatan putih gading, ditunjang pula oleh penggunaan material backpanel yang terbuat dari keramik bertekstur, dengan warna krem dan cokelat muda.

Kabinet dapur yang serba putih ini dihiasi oleh beragam ornamen pada setiap detailnya.

Baca Juga: Rumahnya Masih Dipasang Garis Polisi, Terkuak Pemicu Remaja NF Bunuh Bocah 6 Tahun dan Alasan Dirinya Tak Menyesali

Contohnya saja, kabinet atas yang terdapat di sudut ruang, ditutupi kaca, serta permainan bentuk bingkai diagonal yang berbahan sama dengan kabinet lainnya, yaitu kayu berlapis cat duco.

Selain itu, meja kabinet pada kitchen set tersebut memiliki garis-garis vertikal, yang mengesankan aplikasi papan kayu sebagai material utamanya.

Sentuhan country pada dapur bersih ini, tampak jelas dari profil-profil yang berjajar di kakikaki meja island.

Profil ini berbentuk sederhana, tanpa bentuk ulir yang terkesan berat dan kaku.

Dari bentuk simpel tersebut, tak heran bila kesan “akrab” pun didapat dari ruangan ini, mengingat kini, dapur tak hanya menjadi sebuah ruang untuk memasak saja, tetapi juga dapat berfungsi sebagai area berkumpul keluarga.

Artikel ini tayang di majalah IDEA edisi 275

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya