Taj Mahal Habiskan 20 Ribu Pekerja untuk Membangun, Ternyata Belum Ada yang Tahu Siapa Sebenarnya Arsitek di Balik Bangunan Indah Tersebut

Sabtu, 14 Maret 2020 | 11:00
pixabay/KiraHundeDog

Taj Mahal Habiskan 20 Ribu Pekerja untuk Membangun, Ternyata Belum Ada yang Tahu Siapa Sebenarnya Arsitek di Balik Bangunan Indah Tersebut

IDEAonline -Siapa yang tidak tahu bangunan satu ini? Taj Mahal adalah salah satu bangunan paling terkenal di dunia.

Situs warisan UNESCO ini dianggap sebagai salah satu daritujuh keajaiban dunia baru,bersama Tembok Besar di Tiongkok dan Petra di Yordania.

Tetapi Taj Mahal adalah salah satu dari Keajaiban Dunia terbaru, yang sebenarnya sudah dirancang padatahun 1632.

Baca Juga: Sering Pamer Hunian Mewahnya Usai Nikahi Mantan Suami Sarita Abdul Mukti, Jennifer Dunn Akui Statusnya Sebagai Istri Pengusaha, Totalitas Jadi Pelakor?

Baca Juga: Berlokasi di Tanah Miring, Hunian yang Dibagi Menjadi 3 Bangunan Ini Dihubungan Melalui 1 Koridor Bawah Tanah

Namun dibalik keindahannya yang menawan, ada misteri yang belum terungkap dari bangunan yang terletak di tanah India satu ini.

Yap, sampai saat ini belum ada yang tahu pastinya siapa yang sebenarnya merancang bangunan Taj Mahal.

Kok bisa begitu, ya? Kita cari tahu tentang kisah Taj Mahal, yuk!

Sebuah Rancangan Hebat pada Masanya

Baca Juga: Kuat, Tahan Banting dan Fleksibel, Tilik Material Pengganti Kayu yang Jadi Ladang Emas di Pasaran

Taj Mahal adalah kombinasi dari pengaruh budaya India, Persia, dan Islam menjadikannya contoh paling khas dan luar biasa dari arsitektur Mughal yang ada saat ini.

Kesultanan Mughal dipercaya merupakan keturunandari Genghis Khan.

Namun ia membentuk sebuah kesultanan yang masyarakatnya beragam, toleran terhadap agama, dan dianggap sebagai zaman emas terakhir India.

boredpanda

Taj Mahal Habiskan 20 Ribu Pekerja untuk Membangun, Ternyata Belum Ada yang Tahu Siapa Sebenarnya Arsitek di Balik Bangunan Indah Tersebut

Taj Mahal merupakan titik balik dan sekaligus ciri dari KesultananMughal.

Meskipun bangsa Mughal bangga dengan budaya Persia dan Timur yang dimilikinya, desain Taj Mahal menunjukkan bahwa Kesultanan Mughal mulai mengakui diri mereka sebagai orang India.

Kisah Taj MahalShah Jahan memerintah di puncak kekuasaan Kesultanan Mughal dan menugaskan Taj Mahal untuk dibangun sebagai monumen makan untuk istri kesayangannya yang bernama Mumtaz Mahal.

Baca Juga: Hanya Disekat dengan Papan dan Seng, Begini Rasanya Tinggal di Samping Kandang 32 Buaya, Pemilik: Saya Tidak Sanggup Lagi

Shah Jahan mengawasi desain dan konstruksi istana secara pribadi, dengan sangat hati-hati untuk berpartisipasi dalam hampir setiap aspek konstruksi bangunan.

Para ahlisejarahtahu bahwa Shah Jahan sangat tertarik pada arsitektur, ia tidak mungkin mendesain bangunan itu sendiri.

Hampir bisa dipastikan kalau Taj Mahaldirancang oleh tim arsitektur profesional kelas dunia dan itu bisa menjadi salah satu alasan mengapa nama mereka hilang dari sejarah.

Shah Jahan mungkininginbangunan Taj Mahal dikenal sebagai bagian dari warisan kekaisarannya dan untuk mengenang kepergian istri melalui bangunan indah yang ia

Jadi, Siapa yang Merancangnya?Menurut perkiraan ahli sejarah Kesultanan Mughal, setidaknya ada37 desainer dan arsitek yangberpartisipasi untuk membangunTaj Mahal.

Smithsonian Magazine
Smithsonian Magazine

Taj Mahal Habiskan 20 Ribu Pekerja untuk Membangun, Ternyata Belum Ada yang Tahu Siapa Sebenarnya Arsitek di Balik Bangunan Indah Tersebut

Baca Juga: Tinggal di Apartemen Minimalis, Ini Dia Alasan Kenapa Sarah Sechan Pindah Rumah Ke Singapura, Ada Apa Sebenarnya?

Orang yang kemungkinan besar berperan sebagai kepala arsitek adalah Ustad Ahmad dari Lahore, seorang India keturunan Persia yangjuga pernah merancang Benteng Merah di Delhi.

Ahli sejarahmodern mengatakanpembuat kubah Turki terkenal Ismaili Afandi mungkin juga ikut membangun Taj Mahal.

Selain itu ada juga Amanat Khan dari Shiraz, master kaligrafer yang tanda tangannya menghiasi gerbang Taj Mahal.

Jadi ada kemungkinan Shah Jahan bertindak sebagai kepala pembangunan yangmengumpulkan berbagai ahli terkenal di dunia.

Untuk membangun Taj Mahalkonon adalebih dari 20.000 pekerja dari seluruh India, Eropa, Persia, dan Kekaisaran Ottoman.

Jadi bisa disimpulkan kalau Taj Mahal dibangun oleh beberapa ahli arsitek dan juga desain dari berbagai negara. Bukan hanya satu orang saja.

Pantas saja bangunan ini indah, ya!

Artikel ini pernah tayang di Bobo.id dengan Jadi Bangunan Kebanggan India, Ternyata Belum Ada yang Mengetahui Siapa yang Sebenarnya Merancang Taj Mahal!

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya