Tewas Mengenaskan di Ambulans, Pasien Postif Covid-19 Ini Sempat Tak Diterima 3 Rumah Sakit Sekaligus, Jenazah Dikebumikan Tanpa Iring-Iringan Keluarga

Minggu, 29 Maret 2020 | 12:00
tribun

Tewas Mengenaskan di Ambulans, Pasien Postif Covid-19 Ini Sempat Tak Diterima 3 Rumah Sakit Sekaligus, Jenazah Dikebumikan Tanpa Iring-Iringan Keluarga

IDEAonline - Miris sekali kisah seorang pria 60 tahun asal Jakarta ini.

Bagaimana tidak? Ia harus menutup usia di dalam mobil ambulans setelah tiga kali ditolak rumah sakit karena penuh.

Melansir dari Kompas.com, pria yang tinggal di Gambir itu meninggal dengan status sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

Baca Juga: Indonesia Dapat Bantuan Alat-alat Pencegahan Virus Corona dari China, Erick Thohir Ikut Senang!

Baca Juga: Tak Hanya Stres, Begadang Juga Bisa Buat Badan Rentan Terkena Virus Corona Masuk, Ini Alasannya!

Menurut keterangan salah satu anggota keluarga yang tidak mau disebutkan identitasnya, pria yang sebut saja namanya Putra mulai merasa sakit yang agak parah pada Selasa (24/03/2020).

tribun

Tewas Mengenaskan di Ambulans, Pasien Postif Covid-19 Ini Sempat Tak Diterima 3 Rumah Sakit Sekaligus, Jenazah Dikebumikan Tanpa Iring-Iringan Keluarga

"Keluarga tahu beliau sakit (semakin parah) saat pagi itu dari pembantu," terang anggota keluarga tersebut.

Pagi itu pun, Putra berinisiatif menghubungi nomor darurat covid-19 DKI Jakarta karena dirinya hanya tinggal bersama pembantu.Ambulans datang menjemput Putra di rumahnya pada tengah hari sekira pukul 12 siang.

"Dibawa ke rumah sakit rumah sakit utama untuk rujukan Covid-19, tapiwaiting listkarena banyak banget ternyata orang-orang (di rumah sakit rujukan) membludak terus," terangnya lebih lanjut.

RSUD Tarakan yang hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari kediamannya saja tak mampu menampung Putra.

Putra pun dilarikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur, dan RSPI Sulianti Saroso (SS), Jakarta Utara.

Baca Juga: Garam Dapur Bisa Digunakan Antibiotik Untuk Akuarium? Bagaimana Caranya?

Baca Juga: Jangan Percaya 11 Mitos tentang Virus Corona Ini, Tak Sesuai Fakta!

“RS Persahabatan penuh, juga RSPI SS ditolak (karena) penuh. Ambulans kembali ke RSUD Tarakan,” kata dia sambil mengutip kronologi resmi pihak keluarga.

Namun belum sempat menemukan rumah sakit yang mampu menampungnya, Putra sudah lebih dulu menghembuskan napas terakhirnya.

Putra dinyatakan wafat pada pukul 13.36 di dalam mobil ambulans tanpa dampingan satupun pihak keluarga.

“Beliau kan sudah lansia juga. Mungkin harusnya langsung masuk ICU. Tapi kapasitasnya enggak muat lagi di rumah-rumah sakit utama, jadi enggak tertolong,” jelasnya.

Jenazah Putra kemudian langsung dimakamkan pada sore harinya.

Kompas.com/Garry Lotulung

Petugas jenazah membawa jenazah pasien suspect covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, Kamis (26/3/2020).

Sesuai dengan prosedur pemulasaraan jasad penderita Covid-19, jenazah Putra dikebumikan tanpa iring-iringan keluarga.

Hal ini tentu membuat anggota keluarga yang ditinggalkan merasa sedih karena tidak bisa mengantarkan Putra ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Baca Juga: Hati-hati Memilih Wadah Plastik untuk Makanan Panas, Biar Tak Jadi Racun Pahami Juga Cara Pakainya

Baca Juga: Meringkuk di Dalam Kamar Sambil Menangis Sesunggukan, Apa yang Dilakukan Istri Raffi Ahmad Hingga Tuai Komentar dari Anang Hermansyah?

“Enggak boleh dekat-dekat (saat pemakaman). Enggak boleh ikut menguburkan juga. Hanya melihat dari jauh, karena jenazahnya infeksius,”

“Sedih sekali. Bahkan keluarga juga tidak bisa mengantar ke peristirahatan terakhir. Aku harap orang-orang di luar sana at least bisa mendoakan dari jauh,” katanya lebih lanjut.

Sebagai tambahan informasi, per Sabtu (28/03/2020) malam, tercatat sudah ada sebanyak 1.155 kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia.

Dari angka yang dihimpun Grid.ID melalui situscorona.jakarta.go.iditu, sebanyak 994 kasus sedang menjalani perawatan.

Sementara 59 kasus telah dinyatakan sembuh dan 102 lainnya meninggal dunia.

(*)

Artikel ini pernah tayang di Grid.ID dengan judul Miris! Ditolak Rumah Sakit sampai 3 Kali karena Penuh, Seorang Suspect Corona Meninggal di Ambulans, Dimakamkan Tanpa Iring-iringan Keluarga

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : Grid.ID

Baca Lainnya