Semut Mudah Mengetahui Letak Makanan di Rumahmu, Intip 4 Tips Ampuh Atasi Semut!

Sabtu, 18 April 2020 | 13:30
Triangle Pest Control

Menggunakan cairan kimia atau kapur pembasmi semut memang cenderung cepat menuntaskan masalah.

IDEAonline -Semut seringkali kita temui di salah satu sudut di dalam rumah maupun di luar rumah. Sudut-sudut ini menjadi tujuan utama mereka, karena biasanya di tempat ini banyak terdapat makanan yang bisa mereka santap.

Semut tinggal di dalam sebuah koloni, dan masing-masing mempunyai tugas yang berbeda-beda.

Baca Juga: Tinggal Satu Rumah Bersama Mertua, Ahok Kasian dengan Pekerjaan Sang Mertua di Tengah Pandemi Corona, 'Pulang Harus Disemprot Disinfektan'

Baca Juga: Berbagi IDEA Simpan Bumbu dan Bahan Makanan di Dapur agar Tetap Segar dan Tak Rusak

Maka tak heran bila walaupun sudah dibasmi, semut tetap saja ada.

Ini karena sang ratu bereproduksi terus untuk menghasilkan semut baru. Semut yang keluar dari sarang dan mencari makanan di dalam rumah Anda itu merupakan semut pekerja.

Karena itu jangan kaget bila mereka terus-menerus akan menghampiri rumah Anda untuk mencari sumber makanan.

Agar semut-semut ini tidakmengganggu, Anda harus melakukan pencegahan yang efektif agar mereka tidak bisa lagi masuk ke dalam rumah.

Pencegahan yang Efektif Langkah yang paling tepat untuk menghindari semut masuk ke dalam rumah adalah: Anda harus meminimalkan atau mengendalikan sumber yang disenangi oleh semut.

Bila hal ini terjadi maka Anda harus melakukan pembasmian hingga tuntas sampai ke sarangnya.

Mengapa demikian? Karena bila Anda hanya membasmi semut yang hanya terlihat maka semut lain yang masih tinggal di dalam sarang tetap bisa menyerang masuk ke dalam rumah.

Semut dapat mengetahui bahwa di dalam rumah ada makanan karena mereka dapat mencium bau pheromone yang dihasilkan oleh semut sebelumnya yang masuk ke dalam rumah.

Antrey

usir semut

Aroma ini merupakan penunjuk jalan bagi semut baru yang akan masuk.

Baca Juga: Istri Reino Barrack Dipuji Sang Suami Karena Miliki Kebiasaan Ini Saat di Kamar, Dibuat Kagum Hingga Klepek-Klepek!

Baca Juga: Istri Reino Barrack Dipuji Sang Suami Karena Miliki Kebiasaan Ini Saat di Kamar, Dibuat Kagum Hingga Klepek-Klepek!

Untuk menemukan sarang semut, Anda harus menelusuri atau merunut jejak jalannya semut yang berbaris mulai dari sumber makanan yang dikerubuti sampai pangkal barisan semut.

Setelah mengetahui sarangnya, Anda dapat langsung membasminya dengan cairan insektisida yang tersedia di pasaran.

Bila susah untuk melakukan pembasmian semut, Anda dapat penyedia jasa pemberantasan insekta.Ada 4 cara yang perlu diketahui!

Pertama, dengan melakukan pendebuan (dusting) yang menggunakan bubuk kimia pada sarang semut.

Kedua, dengan memberi umpan makanan kepada semut.

Dengan cara ini diharapkan makanan yang dibawa oleh semut masuk ke dalam sarangnya juga dimakan oleh semut yang lain sehingga semut yang ada di sarang juga akan mati semua.

Ketiga adalah dengan melakukan penyemprotan langsung pada alur semut hingga ke sarangnya dengan menggunakan alat spraying.

Dan keempat adalah seperti cara ketiga tetapi menggunakan alat mesin blower. Cara ini cocok bila sarang semut ada di halaman atau kebun.

Nah bila semut sudah dibasmi dengan tuntas, alhasil rumah akan nyaman untuk ditinggali.

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 55

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : Tabloid Rumah

Baca Lainnya