Gunakan Batu Kerikil Untuk Bersihkan Selang Air dan Ampas Teh untuk Daun Mengilap!

Minggu, 26 April 2020 | 14:00
crazy4thebest

membersihkan rumah bisa membuat kita terus aktif bergerak

IDEAonline -Membersihkan rumah ternyata gampang-gampang susah. Apalagi berurusan dengan karat di kompor gas ataupun dengan kotoran yang berada di selang air.

Bagaimana caranya? Ini dia!

Menghilangkan Karat pada Kompor Gas

Tempat nyala api (burner) kompor gas yang terbuat dari tembaga atau kuningan mudah menjadi hitam dan karatan.

Untuk membersihkannya, burner yang kotor direndam dalam larutan asam sitrat (yang biasa dipakai untuk pembuatan manisan buah).

Caranya, larutkan satu sendok makan asam sitrat ke dalam satu gelas air panas (100 cc), lalu rendam burner di dalam larutan itu selama 2—4 jam.

Baca Juga: Berbanding Terbalik dengan Kemewahan Huniannya Hingga Miliki Lapangan Golf Pribadi, Pasha Ungu Justru Ketahuan Meeting dari Hape Saat WFH: Nasib Ga Punya Laptop!

Baca Juga: Awalnya Penghasilan Bisa Capai Rp 200 M, Ayu Ting Ting Kini Harus Rela Jualan Bakpao dari Rumah untuk Tambah Penghasilan

Sikat hingga warna asli burner muncul lagi, lalu bilas dengan air bersih. Kandungan kimia dalam asam sitrat membuat karat dan kotoran jadi mudah dibersihkan.

market basket
market basket

Membersihkan rumah dapat dijadikan gaya hidup aktif sekaligus membakar kalori.

Tak ada Noda di Telepon

Telepon adalah media komunikasi yang vital karena dapat menerima dan menyampaikan pesan dengan cepat.

Mengingat fungsinya yang penting, tentu Anda ingin telepon itu tetap awet dan bersih selalu. Jika telepon Anda mulai kusam dan memiliki banyak noda, Anda bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkannya.

Baca Juga: Berbanding Terbalik dengan Kemewahan Huniannya Hingga Miliki Lapangan Golf Pribadi, Pasha Ungu Justru Ketahuan Meeting dari Hape Saat WFH: Nasib Ga Punya Laptop!

Baca Juga: Tangga Cantik Padukan Besi dan Kayu, Ringan dan Tembus Pandang

Pertamatama, bersihkan terlebih debu di telepon Anda dengan menggunakan lap kering. Setelah itu, gosok perlahan-lahan noda yang sudah membekas dengan memakai minyak kayu putih.

Karena minyak kayu putih tidak berminyak dan mudah kering, maka Anda tidak perlu membilasnya dengan air. Anda tinggal membersihkannya dengan lap kering.

Membersihkan Selang Air

Biasanya, selang air yang sudah lama digunakan bagian dalamnya akan berlumut dan sulit dibersihkan.

Namun, ada cara yang sederhana dan murah untuk membersihkannya. Ambil batu kerikil atau batu bata, hancurkan hingga halus. Masukkan ke dalam selang, dan sambungkan selang ke keran air.

Air akan mengalir ke luar selang, dan batu akan ikut keluar membawa serta lumut dalam selang. Ulangi beberapa kali sampai selang benar-benar bersih.

Manfaat Lain Air Teh

Ampas teh menyuburkan tanaman.

Tanaman hias yang sering kita pajang dalam rumah, terutama yang menonjolkan keindahan daun, lama-kelamaan akan kelihatan kusam dan tidak mengkilat.

Baca Juga: Ahli Mikrobiologi Ini Mengatakan, Tak Perlu Disemprot Disinfektan, Tembaga Mendisinfeksi Dirinya dan Efek Anti Mikrobanya bisa membunuh Virus Corona

Baca Juga: Sambut Ramadhan, Tilik Renovasi Dapur Murah Mulai Rp 2 Jutaan Milik @Idekuhandmade

Untuk mengkilatkan tanaman, Anda dapat menggunakan air teh sisa. Caranya, bersihkan dulu daun - daun dari debu.

Setelah bersih, semprotkan air teh ke seluruh permukaan daun. Setelah mengering, daun akan terlihat mengkilat dan bercahaya.

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 96

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya