Pintu dan Jendela Kayu Sudah Tepasang Mulai Susut? Ketahui Sebabnya!

Sabtu, 06 Juni 2020 | 13:30
Foto Teddy

Pintu dan Jendela Kayu Sudah Tepasang Mulai Susut? Ketahui Sebabnya!

IDEAonline -Ada beberapa masalah kayu yang timbul pada saat kayu sudah terpasang sebagai kusen dan daun pintu/jendela,salahsatunya pintu mulai-susut.

Memang sudah lumrah bila kayu mengalami muai dan susut.

Keadaan seperti ini bisa mengakibatkan beberapamasalah, yaitu pintu menjadi seret, melintir, dan renggang pada sambungan.

Pintu seret sering kita jumpai padasaat musim hujan. Ini karena kayu padapintu memuai oleh sebab kandungan uapair semakin banyak.

Sedangkan apabilapintu sudah tidak dapat ditutup rapat, terbuka pada bagian atas atau bawahnya maka kayu pintu tersebut sudah melintir.

Baca Juga: Kamar Mandi Rembes Itu Fatal, Gunakan Cara Ini sebagai Solusi

Baca Juga: Kenali Sifat Kayu untuk Pintu dan Jendelamu Agar Tak Salah Pilih!

Biasanya kayu yang melintir, bisamengakibatkan pintu menjadi seret juga.

Masalah lain akibat muai-susut, berkaitan dengan konstruksi. Konstruksipintu yang terdiri dari banyak sambungankayu, bisa merenggang pada saat kayutersebut menyusut.

Selain kayu yang dipakai menyusut, renggang padasambungan bisa jugadisebabkan oleh lemdan teknik penempelanyang kurang baik.

Pintuyang renggang bisamengakibatkankekuatan pintu tersebutmenjadi berkurang.

Ada cara untukmengurangi muai-susutkayu.

Baca Juga: Tak Punya Lahan Bukan Alasan Tak Bisa Berkebun, Manfaatkan Saja Teras atau Balkon

Baca Juga: Temukan Mayat di Rumah Sakit yang Terbengkalai, Pemburu Hantu Ini Kaget Kenapa Bangunan Tersebut Belum Dirobohkan, Sudah Ada dari 150 Tahun Lalu!

“Catlah bagianbawah dan atas pintuyang berpori-pori, agaruap air tidak masuk kedalam kayu,” demikian yang dijelaskanChristina (PD Kayuraja Mandiri).

Namunbila masalah-masalah tersebut sudahterlanjur menimpa pintu Anda, tak adalagi yang bisa Anda lakukan untukmemperbaikinya, selain menggantinyadengan yang baru.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 59

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya