Kenali Sifat Kayu untuk Pintu dan Jendelamu Agar Tak Salah Pilih!

Sabtu, 06 Juni 2020 | 12:00
Vacasa

Jendela pintu

IDEAonline -Kayu sebagai bahan yang diambildari alam dapat digunakan untukberbagai keperluan, salah satunya untukmaterial bangunan rumah.

Bagian rumahyang bisa menggunakan kayu diantaranya kusen dan daun pintu/jendela.

Serat kayu bisadieskpos sehingga pintu atau jendela bisa terlihat lebih cantik.

Baca Juga: Lika-Liku Perjalanan Cinta Boy William dan Sang Kekasihnya Sempat Jadi Sorotan Warganet, Terungkap Statusnya Bukan Orang Biasa, Simak isi Rumah Presenter ini yang Bikin Pangling!

Baca Juga: Pacaran 6 Tahun dengan Anak Petinggi Pertamina, Pantas Saja Kisah Cintanya Sering Bikin Iri warganet, Artis Cantik nan Pintar Ini Sekarang Hidup Bahagia di Hunian Mewah!

Apabila Anda memutuskan akanmenggunakan kayu sebagai bahan untukkusen dan daun pintu/jendela makaAnda perlu mengenali sifatnyaterlebih dahulu.

Seperti yang telah diketahui, jenis kayu yang ada di Indonesia sangat beragam dan masing-masingjenis mempunyai sifat yang berbeda pula.

Sifat Kayu

https://yumnwme11.live

Furnitur kayu

Pada dasarnya, menurut DepartemenKehutanan ada dua sifat utama yangdimiliki oleh kayu, yaitu sifat fisik (sifatmakroskopis) dan sifat struktur (sifat mikroskopis).

Kedua sifat ini dapat ditelitiatau dilihat pada permukaan kayu, baikdalam bentuk kayu utuh (log) maupundalam bentuk potongan kayu.

Sifat fisik merupakan sifat yang dapatdiketahui melalui panca indera bukanmelalui alat bantu.

Yang termasuk sifatkayu antara lain warna kayu teras, teksturbidang lintang kayu, arah serat kayu (arahdari sel ketika membentuk kayu), beratjenis kayu, dan bau.

Tekstur bidang lintang yangmerupakan ukuran relatif sel-sel kayuadalah salah satu sifat kayu yang dapatlangsung dilihat.

Baca Juga: Keramik KW2 dan KW3 Semua Asli, Lantas Apa Bedanya dengan KW1?

Baca Juga: Temukan Mayat di Rumah Sakit yang Terbengkalai, Pemburu Hantu Ini Kaget Kenapa Bangunan Tersebut Belum Dirobohkan, Sudah Ada dari 150 Tahun Lalu!

Ada 3 penggolongankayu berdasarkan teksturnya. Pertama, kayu tekstur halus seperti kayu giam dankayu kulim.

Kedua, tekstur sedang sepertikayu jati dan kayu sonokeling.

Dan ketigaadalah kayu tekstur kasar seperti kayukempas dan kayu meranti.

Berat jenis (BJ) kayu sebagai sifat fisikkayu akan menentukan kekuatan kayu.

Semakin tinggi BJ kayu, berarti semakinberat kayu tersebut dan semakin besarkekuatannya. Berat jenis kayu umumnya berkisar antara 0,2 sampai 1,28.

Bila sifat fisik bisa dicek tanpa menggunakan alat bantu, maka sifat struktur kayu bisa dilihat dengan alat bantu berupa kaca pembesar.

Sifatstruktur yang dapat diamati di antaranyaadalah pori (vessel), saluran interseluler, dan saluran getah.

Baca Juga: Rangkaian Proses dalam Berkebun Ini Picu Aktivitas Fisik dan Kesehatan Anak, Ini Hasil Risetnya!

Baca Juga: Temukan Mayat di Rumah Sakit yang Terbengkalai, Pemburu Hantu Ini Kaget Kenapa Bangunan Tersebut Belum Dirobohkan, Sudah Ada dari 150 Tahun Lalu!

Menurut Christina, pemilik PDKayuraja Mandiri (tempat pembuatankusen dan daun pintu/jendela di daerahCibubur), sifat-sifat kayu di atas perludiperhatikan sebelum Anda memilih jeniskayu yang akan digunakan.

apartment therapy

Gunakan furnitur kayu

Akan tetapiAnda tidak perlu khawatir dulu bilamemang tidak tahu cara mengecek sifatkayu.

Biasanya tukang kayu atau tempatpembuatan kusen dan daun pintu/jendelasudah fasih mengenali sifat-sifat untuksemua jenis kayu, sehingga bisamengarahkan jenis kayu yang cocok dipakai.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 59

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya