Pilah-pilih Material yang Bisa Digunakan sebagai Tangga di Taman!

Senin, 15 Juni 2020 | 16:58
Dok. Tab RUMAH

Pilah-pilih Material yang Bisa Digunakan sebagi Tangga di Taman!

IDEAonline –Sebuah taman akan terasa tidak lengkap dan kaku bila tidak ada pelengkap elemen kerasnya. Salah satu elemen keras yang bisa dibuat di taman adalah tangga.

Umumnya, tangga taman dibuat untuk menghubungkan antara bagian taman dengan bagian rumah (teras) atau menghubungkan antara taman dengan bagian terluar rumah (berada di pagar).

Tangga taman dibuat karena level ketinggian lahan taman dengan bagian dalam rumah atau bagian terluar rumah berbeda.

Meskipun perbedaannya tidak terlalu besar, keberadaan tangga justru akan membuat tampilan taman berbeda.

Material penutup

Baca Juga: Dulu Berkenalan dengan Anak Petinggi Pertamina Hingga Berujung ke Pelaminan, Kisah Cinta dan Rumah Mewah Mantan Penyanyi Cilik Ini Jadi Sorotan Warganet, ‘Goals’ Banget!

Baca Juga: Toiletnya Sebelah Dapur, Intip Isi Rumah Portable Seluas 182 Meter!

Pemilihan material untuk penutup anak tangga tidak hanya berpatokan pada segi harga, desain, motif, dan cara pemasangan, tetapi juga harus mempertimbangkan faktor keamanan.

Anak tangga yang licin sangat tidak aman untuk ditapaki. Karena itu pilihlah material yang permukaannya bertekstur atau kasar.

Ada beberapa pilihan material yang bisa digunakan, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Rumput

Rumput merupakan material yang ramah lingkungan karena tidak menutup permukaan tanah dengan rapat sehingga air masih bisa meresap ke dalam tanah.

Dok. Tab RUMAH

Rumput untuk tangga merupakan material yang ramah lingkungan. (Pilah-pilih Material yang Bisa Digunakan sebagi Tangga di Taman!)

Namun, kelemahannya perawatannya susah. Setiap saat pasti rumput akan terinjak ketika ada yang lewat di atasnya. Hal ini tentu akan menghambat pertumbuhan rumput.

Baca Juga: Membersihkan Septictank Tanpa Perlu Menguras, Bagaimana Caranya?

Pasir

Pasir merupakan material yang murah untuk digunakan sebagai penutup anak tangga. Pasir juga aman karena ketika ditapaki jarang menyebabkan terjadinya “slip” antara permukaan tangga dengan kaki.

Dok. Tab RUMAH

Pasir sebagai penutup anak tangga. (Pilah-pilih Material yang Bisa Digunakan sebagi Tangga di Taman!)

Kelemahan utama material ini, pasir akan menempel di bawah sandal, sepatu, atau kaki ketika melewati anak tangga sehingga pasir-pasir itu bisa mengotori rumah.

Kayu

Baca Juga: Masih Membekas di Ingatan Warganet, Momen Haru Raul Lemos Cium Kening Aurel Saat Lebaran di Rumah Krisdayanti, Psikolog: Aurel dan Azriel Adalah Korban Perceraian saat Usianya Masih Anak-anak

Bila ingin menggunakan material kayu untuk tangga taman, pilihlah jenis kayu yang tahan perubahan cuaca.

Dok. Tab RUMAH

Pilihlah jenis kayu yang tahan perubahan cuaca sebagai anak tangga

Selain itu kayu harus diberi cat pelindung agar tidak mudah terkena jamur dan lumut. Kelebihan kayu adalah tampilan tangga akan lebih natural. Namun kelemahannya, kayu lebih mahal dan mudah lapuk.

Batu

Batu alam Material ini banyak digunakan untuk tangga taman karena penampilannya natural seperti halnya kayu.

Dok. Tab RUMAH

Batu alam banyak digunakan untuk tangga taman.

Kelemahannya, batu alam yang tidak diberi lapisan cat pelindung akan mudah ditumbuhi lumut dan jamur.

Bata

Material bata cocok digunakan bila sekaligus untuk pondasi anak tangga. Namun seperti batu alam, bata harus dilapis dengan cat pelindung seperti cat untuk batu alam untuk mencegah adanya lumut dan jamur.

Baca Juga: Tak Hanya Manggung Tapi Juga Mahir Berbisnis Kuliner, Rumah Pedangdut Cantik Ini Kembali Jadi Sorotan, Ada Benda Setinggi 3 Meter dan Senilai Ratusan Juta, Benda Apa Yah?

Dok. Tab RUMAH

Bata sebagai anak tangga

Adanya lumut membuat permukaaannya jadi licin dan membahayakan.

Beton dan Koral Sikat

Sama seperti bata, beton juga bisa berfungsi sebagai pondasi dan penutup anak tangga. Dari segi kekuatan dan daya tahan, beton lebih unggul dibanding material yang lain.

Dok. Tab RUMAH

Beton juga bisa berfungsi sebagai pondasi dan penutup anak tangga.

Namun pengerjaanya lebih repot dibanding yang lain. Untuk mengurangi kesan kaku anak tangga dari beton, bagian atasnya bisa dibuat koral sikat.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 80

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya