Biar Bangunan bisa 'Bernafas' Coba Alihkan ke Jendela Ini! Unik

Minggu, 21 Juni 2020 | 13:00
Dok. Tab RUMAH

Dari segi estetika, kaca di bagian depan ini lebih indah bila tidak dipasangi teralis. Tapi bila ingin aman, teralis sah-sah saja digunakan.

IDEAonline –Jendela kaca bisa diletakkan di sudut pertemuan dua dinding. Karena tempat ini merupakan tempat kolom maka kolom perlu digeser agar tetap berfungsi sebagai penyangga bangunan.

Penggunaanelemen kaca pada salah satu sisisebuah bangunan—entah rumah ataugedung—akan sedikit mengurangikekuatan bangunan.

Namun di sisilain, penggunaan kaca bisa membuatbangunan “bernafas”, penghuninyamendapatkan pandangan ke arahluar, dan rumah mendapatkan cahayamatahari.

Baca Juga: Warna-warni Tanaman Hias Daun Percantik Taman Ini, Indahnya!

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Mewah Rp 6 Miliar Milik Mantan Reino Barack, Raffi Ahmad Malah Mengaku Melihat Sosok Putih di Balik Lampu Taman Luna Maya! Ini Penampakannya Saat Terekam Kamera

Untuk memaksimalkan fungsi kaca, maka kusen, bentuk jendela, dan struktur bangunan hendaknyadidesain dengan baik agar tidak menjadipenghambat pandangan dari dalam keluar rumah.

Dok. Tab RUMAH

Dari segi estetika, kaca di bagian depan ini lebih indah bila tidak dipasangi teralis. Tapi bila ingin aman, teralis sah-sah saja digunakan.

Dialirkan ke Balok dan Kolom Lain

Kolom yang dipindahkan dari tempatnya, tetap harus berfungsi, yaitusebagai penyalur beban yang ada diatasnya. Beban-beban yang diterimaakan dialihkan ke kolom lain yang adadi dekatnya dan “berjalan” melewatiring balok menuju kolom terdekat.

Beban yang berjalan ini harus segera “ditangkap” oleh kolom lain yangletaknya di sebelah kanan dan kiri darikolom pojok atau di sisi jendela.

Ukuran kolom baru yang diletakkandi kanan dan kiri tersebut harus samadengan kolom yang seharusnya ada disudut dinding.

Baca Juga: Taman Apik dan Bersih di Kolam Renang, Segarnya Dinding “Dibungkus” Raphidophora

Baca Juga: Jika Memilih Olahan Semen dan Batu Alam untuk Pagar, Ini Inspirasinya!

Kolom baru ini dijadikansatu dengan dinding sehingga wujudkolom tidak terlihat dan seakan-kolom itu menghilang.

Semakin jauh jarak berpindahnyakolom maka jarak yang harus dilewatibeban untuk sampai ke kolom juga lebihjauh. Akibatnya akan semakin besarjarak lendutannya.

Untuk memperkecillendutannya maka ketebalan ring balokharus diperbesar. Bila umumnya ringbalok untuk bangunan satu lantai sekitar15 cm x 15 cm maka dimensi ring balokyang baru dapat menggunakan ukuran 15 cm x 20 cm.

Ukuran Kaca Disesuaikan

Pemilihan kaca (ketebalan dan jenis) harus tepat. Kaca yang ditempatkanpada bagian luar rumah diusahakanjangan terlalu tipis, sebab bila terkenasesuatu akan mudah pecah.

Sepertibahan lain, kaca memiliki kekuatan yangbervariasi tergantung dari ketebalandan jenisnya. Elastisitas bahannya jugasangat kecil.

Usahakan untuk tidak menggunakankaca yang terlalu luas penampanganya. Hal ini untuk mencegah melemahnyakekuatan kaca.

Penggunaan kaca padajendela di pojok dinding, kekuatannyahanya ada pada ikatan kaca di kusendan kekuatan sambungan antar satusisi kaca dengan satu sisi kaca yang lain. Makin luas bidang kaca, maka antarkaca juga harus semakin kuat.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 79

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya