Jangan Khawatir, Begini Tips Penataan Hunian Tipe Studio di Kamar Seluas 20 Meter

Rabu, 22 Juli 2020 | 12:35
Desainer Dsn Intervention

ilustrasi penataan

IDEAonline –IDEA lovers bermasalah dalam hal penataan di rumah. Yuk simak yang satu ini.

Kasus

Saya mempunyai masalahdengan penataan interior untukkamar saya yang berukuran 4 m x5 m. Karena bisa dibilang relativekecil, warna apa yang cocok untukkamar saya tersebut?

Baca Juga: Mulai dari Memanfaatkan Kain Perca untuk Sarung Bantal Hingga Kegunaan Lain Cuka di Rumah!

Lalu bagaimanasebaiknya cara penyusunan furnitureyang ada di dalam kamar, yaitu kursi, meja, lemari, dan tempat tidur, agarruangan bisa dimanfaatkan secaramaksimal?

Solusi

Kamar 4 m x 5 mpada dasarnya dapat dikatakan sebagaisatu unit rumah kecil. Saat ini menjadisebuah tren untuk memiliki satuunit rumah mungil yang mempunyaifasilitas lengkap di dalamnya, dikenaldengan sebutan rumah tipe studio.

Seperti layaknya rumah yang lengkap, maka di dalam ruangan Bapak yangberukuran 4 m x 5 m tidak saja dapatdiletakkan perabot kamar tidur dan mejakerja.

Namun kamar ini sudah dapatdilengkapi dengan set kamar mandi yanglengkap, dapur, dan ruang makan, tempattidur, meja kerja, serta ruang santai.

Apakah semua itu bisa masuk ke dalamruangan yang 4 m x 5 m? Ya, denganpenataan yang cermat, maka unit ruangatau rumah mungil tetap dapat tampilmenarik, unik, serta yang terpentingadalah tetap nyaman bagi penghuninya.

Baca Juga: Berbahaya, Ini Alasan Tak Boleh Gunakan Panci Alumunium untuk Memasak Telur

Saya coba angkat kasus ini dengan solusi menjadikannya rumahtipe studio yang telah lengkap menjadisebuah rumah.

Tab RUMAH

Kamar 20 m2 Jadi Rumah Tipe Studio

Namun sebelumnya adabeberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti yang akan saya paparkan di sini.

Sebelum menata ruang atau rumahmungil kita perlu merencanakan terlebihdahulu aktivitas apa yang akan diwadahidi dalamnya.

Ruangan multifungsi sangatdisarankan, agar beberapa aktivitas dapatdiwadahi di dalam satu sudut atau ruangtertentu.

Tab RUMAH

Kamar 20 m2 Jadi Rumah Tipe Studio

Misalnya ruang tidur dapatdikelompokkan bersama dengan mejakerja. Sedangkan dapur dan ruang makandalam satu aktivitas bersama.

Pada ruang atau rumah mungil, pilihlah jenis perabot yang berkesanringan dan simpel, agar tidak menyitaruang dan pandangan mata.

Baca Juga: Alami Penyakit Mengerikan, Orang Tua Ini Kaget Setelah Tau Sang Anak Habiskan Waktu di Kamar untuk Kelas Online, Nyatanya Malah Main Game

Usahakanmenggunakan jenis perabot yang kompakdan fleksibel (loose furniture), dan tidakmenggunakan yang menempel padadinding (built-in) agar suatu saat dapatmengubah tata letak perabot tanpabanyak merusak interior yang ada.

Tab RUMAH

Kamar 20 m2 Jadi Rumah Tipe Studio

Warna-warna dinding hendaknyatidak dominan dengan warna gelap dankuat, disarankan untuk menggunakanwarna-warna ringan, cerah, dansegar.

Satu dinding bisa saja dibuatmenggunakan warna gelap atau kuatsebagai aksen dan membentuk suasanatertentu.

Perabot juga disarankan tidakmenggunakan warna-warna yang gelap, melainkan warna-warna yang mendekatiatau senada dengan dinding, agar kesankeseluruhan ruang tetaplah menyatu/menerus.

Peletakan perabot haruslah efisien. Disarankan agar orientasi perabot ke arahdinding. Tempat tidur, meja kerja, sofa, dan kitchen set, sebaiknya memanfaatkansisi dinding yang ada.

Selanjutnya, silakansimak ruang 4 m x 5 m yang saya cobaubah menjadi satu unit rumah tipe studioyang telah lengkap sebagai satu unitrumah tinggal. Selamat mencoba ide-ideyang lain.

Baca Juga: Cara Bersihkan Nat dan Keramik dengan Gunakan Baking Soda dan Cuka, Mudah!

Tab RUMAH

Kamar 20 m2 Jadi Rumah Tipe Studio

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 68

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti