Beberapa Rumah Memiliki Pintu Mengarah ke Samping, Hati-hati Bisa Berdampak Buruk, Begini Perhitungannya!

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 09:00
real homes

ilustrasi pintu

IDEAonline –Kalau diteliti denganjeli, ada beberaparumah yang memilikipintu mengarah kesamping.

Artinya, posisipintu utama rumahtidak menghadaplangsung ke jalan rayayang ada di rumah tersebut.

Ada dua alasan mengapasebuah rumah memiliki pintu ke arahsamping.

Yang pertama memangberdasarkan desain awal untukmenciptakan model yang berbeda atauberdasarkan selera khusus si penghuni.

Yang kedua, pintu sengaja dimiringkanarahnya untuk mencari nilai-nilai khususuntuk tujuan yang khusus pula.

Posisi inisering dikaitkan dengan perhitungan FengShui, tujuannya mencari keselarasan yanglebih baik antara bangunan denganpenghuni.

“Menghitung” Keselarasan

Baca Juga: Tajir Melintir, Artis Ini Pernah Laui Masa Sulit Saat Sang Ibu Jualan Bubur, Kini Bisa Tinggal di Apartemen Mewah Lengkap dengan Segala Fasilitas Berbintang

Dalam penjabaran ilmu Feng Shui, nilai keselarasan yang dimaksud selaludihitung berdasarkan hubungan unsurmagnetik lingkungan/bangunan denganunsur magnetik penghuni/pemilik.

Dengandemikian, diharapkan komunitas energydari obyek bangunan dan subyek manusiabisa terjalin serasi, sehingga dapatmenciptakan atmosfer yang kondusif sertasaling menguntungkan.

Cara menghitung nilai keselarasantidaklah sulit.

Pertama, kita harusmengetahui arah serta kedudukan obyekbangunan, dengan tujuan mencarikarakter magnetik dari lokasi yang ada.

Baca Juga: Terungkap Pundi-pundi Uangnya dari Berbagai Arah, Pantas Saja Mantan Chika Jesica Ini Miliki Rumah Mewah Lengkap dengan Ruang Makan Outdoor, Serasa di Bali!

Dengan demikian, dapat kita ketahuiposisi mana yang memiliki magnetik baikdan kondusif untuk dijadikan sebagairuang tidur.

Kita juga bisa mengetahuiposisi WC atau ruang servis di sudut yang memiliki energi magnetik buruk.

Diharapkan, manusia penghunisemaksimal mungkin tinggal dalamwilayah yang menguntungkan.

Yang kedua adalah mengetahui sifatatau unsur magnetik penghuni. Inidirumuskan berdasarkan konsep Kua darikelahiran seseorang.

Jadi analisa kelahiranatau shio dalam pengetahuan Tiongkokpurba adalah konsep dan rumusanbioritme berdasarkan perhitungan danbukan ramalan mistik.

Konsep 12 shioadalah rumusan untuk mengetahui unsurkelahiran, emosi, fisik, dan mentalitasseseorang berdasarkan keadaan maupunsiklus waktu yang berjalan.

Mengapa Miring? Memposisikan pintu dengankemiringan tertentu merupakan seniperhitungan Feng Shui.

Tujuannya untukmenciptakan bentuk atmosfer yangkondusif agar bangunan dan penghuni (khususnya pemilik) tumbuh dalamsuasana yang harmonis. Langkah tersebutdilakukan karena ada beberapa faktorberikut.

1. Apabila letak bangunan berada dalamlingkungan alam yang tidak kondusif.

  • Bangunan yang letaknya di pertigaanjalan atau populernya disebut “rumah tusuk sate”. Posisi pinturumah ini paling aman kalau dibukamenyamping, dengan demikiandapat menghambat energi jahatyang menusuk atau masuk ke rumah.
  • Posisi bangunan yang letaknya dibawah jalan atau bertatapandengan gedung tinggi, atau yangterletak di depan rumah sakit, rumah jenasah, dan kuburan. Mengarahkan pintu rumah kesamping adalah suatu langkahstrategis untuk menolak ataumenghindar faktor-faktor Feng Shuiburuk, yang berasal dari lingkungandi sekitar rumah yang bukan dibawah “kendali” penghuni.
2. Apabila kedudukan dan arah hadapbangunan tidak selaras dengan unsurkelahiran pemilik, dalam hal ini diuraikan sebagai berikut.

Baca Juga: Tujuh Jenis Masker Ini Mana Terbaik dan Terburuk untuk Cegah Penularan Covid-19

Tuan A lahirtahun 1970. Berdasarkan rumusanastrologi, ia berada dalam naunganshio Anjing berunsur Logam, denganKua/sifat magnetik Zhen/Kayu. Iamendapat warisan rumah dari orangtuanya yang menghadap ke timur.

Dalam hitungan Feng Shui, orangdengan tahun kelahiran di atas baik kalau menempati rumah yangmenghadap ke selatan dengankedudukan rumah di sisi utara.

Inikarena sisi utara memiliki unsurmagnetik yang bersifat air, sehinggaunsur Zhen/Kayu menjadi tumbuhberkembang.

Sedangkan rumah yang menghadapke timur, secara otomatis kedudukannyaberada di barat yang unsur magnetinyalogam.

Baca Juga: Anti Bosan, Yuk Rancang Ruang Kerja di Rumah, Ini Inspirasinya!

Logam dengan kayu adalah duaelemen yang bertentangan keras. Hal iniakan menghasilkan kondisi yang tidak selaras, sehingga rumah warisan yangmenghadap ke timur perlu melakukanperubahan arah pintu utama, untuk

dihadapkan ke arah selatan. Hal inidimaksudkan sebagai langkah “mengubahyang salah agar menjadi lebih baik”.

Contoh yang lainnya, seorang priakelahiran tahun 1962 berada dibawahnaungan shio Macan unsur Logam, dengan Kua nomor 2 yaitu Kun atauTanah yang termasuk dalam golongan “Jiwa Barat”. Maka rumah yang palingcocok adalah yang menghadap ke timur.

Apabila ia menginginkan model pintumiring, sebaiknya diarahkan ke sisi timurlaut (timur laut masuk dalam golongan “Jiwa Barat”).

Kalau pintu rumahnyadihadapkan ke sisi utara atau selatan, model ini justru akan merugikan, sebab kedua arah tersebut milik golongan “Jiwa Timur”.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 63

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya