Bila Pintu Utama Berhadapan Pintu Kamar, Apa Dapat Berdampak Buruk?

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 16:00
FOTO:TNR/LOKASI KEDIAMAN KEL. DAVID ANTHONY, CIPAYUNG, JAKARTA 

Bila Pintu Utama Berhadapan Pintu Kamar, Apa Dapat Berdampak Buruk?

IDEAonline –Pintu utama yang berhadapan denganpintu ruang tidur, bisaberakibat buruk, bisajuga tidak, tergantungtata ruangnya.

Sebagian orang mengatakanbahwa arah pintu ruang tidur sebaiknyamenghadap ke samping dan jangandiarahkan/dihadapkan ke arah jalanraya.

Komposisi ini sering dinilaitidak baik, bahkan ditafsirkan dapatmengundang perselingkuhan di antarasuami maupun istri.

Baca Juga: Kini Sudah Bahagia dengan Rezky Aditya, Intip Hunian Sebelum Menikah Milik Artis yang Hampir Nikahi Mantan Pilot, Bergaya Minimalis Modern

Baca Juga: Selain Kandang Ayam dan Ikan, Rumah 2 Hektar Milik Pelawak Kawakan Ini Diisi dengan Makam Keluarga, Kira-kira Seram Enggak Yah?

Betulkan demikian? Jawabannya bisa “ya”, tetapi jugabisa “tidak”, tergantung sejauh manakesalahan tata ruang yang ada padarumah tersebut.

Dalam kesalahan yangberat, memang nilai Feng Shui yangkurang baik bisa berlaku.

Tetapi padakesalahan yang kecil, hambatannya tidakbegitu mengkhawatirkan.

Secara psikis kita menyadari bahwapintu kamar yang menghadap ke luarsering menimbulkan rasa risi dan tidaknyaman bagi orang yang tinggal didalamnya, khususnya saat mendengarbel pintu rumah dibunyikan.

Selain itu, komposisi tersebut sering membuatkamar beserta semua isinya mudahterlihat orang luar.

Apabila kondisitersebut tidak cepat dibetulkan, dikhawatirkan lama-kelamaan penghun kamar tersebut mudah menerimaberbagai gangguan atau isu yang kurangbaik dari pihak luar.

Baik atau tidaknya dampak pintukamar yang menghadap ke jalan, dibagimenjadi tiga kriteria berikut.

Foto Fernando Gomulya Arsitek Delution

Bila Pintu Utama Berhadapan Pintu Kamar, Apa Dapat Berdampak Buruk?

1. Paling rawan

Yang memiliki dampak paling rawanbagi kelangsungan hubungan suami istri, contohnya seperti di bawah ini.

  • Apabila pintu kamar menghadap kejalan dan bertatapan langsung denganpintu utama.
  • Apabila pintu kamar dapat dilihatsecara jelas oleh setiap orang yangdatang melalui pintu masuk rumah. Contohnya adalah pintu ruang tidur yang berada di ruang tamu.
  • Apabila letak ruang tidur denganpintu kamar yang menghadap ke jalantersebut juga berada pada sektor/areamagnetik negatif dari lahan bangunanyang ditempati.
Berbagai komposisi yang salahseperti yang disebutkan di atas biasanyamenimbulkan pengaruh buruk bagikeselarasan hidup suami istri, khususnyamasalah keharmonisan.

Baca Juga: Miliki Fitur Tersembunyi, Terbongkar 3 Perabot Rumah Ini Miliki Kegunaan yang Sering Diabaikan!

Baca Juga: Buat Hunian Terlihat Lebih Lega, Intip 4 Alternatif Pengganti Pintu

Kalau tidakmemiliki iman yang kuat, kondisi inidikhawatirkan akan menyebabkanperselingkuhan dan berakhir denganperceraian.

Dalam penjabaran yang lebihlugas tentang Feng Shui, komposisitata ruang yang salah seperti uraian diatas, tentu menyebabkan gangguanpsikis/kejiwaan.

Pada mulanya ini hanyamenimbulkan dampak berupa rasa yangtidak nyaman, tetapi kasus tersebutsering mempengaruhi perilaku ataugaya hidup, seperti keinginan untukmenyeleweng, menjadi lebih genit, danlainnya.

Pengaruh buruk ini bisa melandasemua penghuni. Artinya, ini tidak hanyaterjadi pada pihak lelaki/suami; sebaliknyakaum wanita/istri juga rawan terkenadampaknya.

2. Kurang baik

Apabila pintu kamar berhadapandengan pintu utama atau terlihat denganjelas dari ruang tamu, sementara letakruang tidur di sektor magnetik yangpositif.

Komposisi ini tetap menimbulkandampak Feng Shui yang kurang baik, sehingga pasangan suami istri seringberselisih paham.

Walaupun mungkintidak dalam bentuk perselingkuhan, tetapimereka akan selalu dilanda keributanyang panjang, baik disebabkan pendapatpribadi atau karena adanya “bisikan” daripihak luar.

Penelitian Feng Shui dapat denganmudah mengetahui pihak penghunimana yang terkena imbas buruk, sebabkamar yang berada di sebelah kiri rumahmelambangkan pihak suami, sedangkanyang di kanan menandakan pihak istri.

3. Tidak bermasalah

Baca Juga: Selain Kandang Ayam dan Ikan, Rumah 2 Hektar Milik Pelawak Kawakan Ini Diisi dengan Makam Keluarga, Kira-kira Seram Enggak Yah?

Baca Juga: Pernah Masuk Penjara karena Kasus Narkoba dan Gagal Nikahi Sheila Marcia, Kini Roger Danuarta Sudah Bahagia di Rumah Mertua dan Pilih Berhijrah

Kamar dengan pintu menghadapke jalan, dinilai tidak berdampak burukasalkan kamar tersebut berada di sectormagnetik positif dari lahan tanahnya.

Selain itu, pintu yang menghadap keluar tersebut tersembunyi atau dihalangioleh dinding penyekat, sehingga pintukamar tersebut posisinya tidak terlihatdari jalan raya.

Komposisi ini masihdibenarkan dalam Feng Shui dan tidakmenimbulkan dampak negatif tertentu.

Jadi kita sekarang tahu, bahwatidak semua pintu ruang tidur yangmenghadap ke jalan raya dapatmenimbulkan potensi masalah.

Untukitu kita harus menyembunyikan letakpintu ruang tidur agar tidak tampakdari luar (termasuk kamar pembantu).

Kita sebaiknya juga harus tahu disektor mana letak ruang tidur yangbaik berada.

Dengan demikian, posisikamar dan pintu dapat dari sisi desain dan dapat diselaraskan dari sisi Feng Shui.

Untuk mengukurbaik buruknya sektor dari lahan rumah, diperlukan nasihat yang lebih rinci dariseorang ahli Feng Shui.

Jika SudahTerlanjur

Baca Juga: Miliki Fitur Tersembunyi, Terbongkar 3 Perabot Rumah Ini Miliki Kegunaan yang Sering Diabaikan!

Baca Juga: Miliki Kamar Anak yang Mungil? Intip 5 Desain Kasur Brilian Ini!

Memang paling aman kalaupintu ruang tidur dihadapkanke samping dan tersembunyidari luar. Dengan demikian, ruang pandang orang luar dapatdipersempit.

Tetapi kalau sudahterlanjur memiliki rumah denganpintu ruang tidur yang berhadapanatau terlihat dari jalan raya, sebaiknya dibuatkan penyekatpermanen sehingga letak pintutersembunyi dari luar.

Cara lainyaitu mengubah arah pintu kamarke samping, sehingga kesalahanyang dapat merusak keharmonisandan kerukunan suami istri dapatdihilangkan.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 69

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya