Mau Menata Tempat Tidur, Bingung Mulai Dari Mana? Ini Triknya!

Jumat, 28 Agustus 2020 | 10:00
Dok. Tab RUMAH

Headboard Unik

IDEAonline –Bila ditanya bagian mana yang paling mendapat perhatian disebuah ruang tidur, jawabannya pasti tempat tidur.

Ya, tempat tidurmemang memegang peranan penting dalam penataan sebuah ruangtidur. Ia bisa menjadi point of interest, suatu area tempat mata orang akantertuju ketika pertama kali masuk ke ruang tidur.

Baca Juga: Anti Gagal, Begini Tips dan Trik Bangun Rumah dari Material Bekas

Baca Juga: Tinggal di Hunian Bak Istana dengan Dapur Mewah, Intip Isi Rumah Mantan Bidadari Sinetron yang Dinikahi Pengusaha Berondong

Supaya si point of interest ini tambah mempesona, ada berbagai carayang bisa dilakukan. Selain pemilihan furniturnya—dalam hal ini adalahtempat tidur itu sendiri dan nakas—kita bisa memainkan dinding dibelakang tempat tidur.

Ada “Kepala” atau Tidak?

Sebagian besar tempat tidur dilengkapi dengan kepala tempat tidur (headboard) yang menjadi satu kesatuan dengan ranjang.

Bentuk, tinggi, dan bahan headboard dibuat sesuai dengan desain tempat tidur secarakeseluruhan.

Ada atau tidaknya kepala ini menentukan sentuhan apa yang mesti kitagunakan untuk dinding belakang itu.

Baca Juga: Tips Simpan Cabai agar Awet Selama Seminggu, Letakan di Kulkas dan Jangan Dicuci

Baca Juga: Jatuh Cinta dengan Anak Petinggi Pertamina, Rumah Mewah Mantan Penyanyi Cilik Ini Jadi Sorotan Warganet, Selalu Dicap Sebagai Pasangan ‘Goals’

Kalau tempat tidur sudah memilikikepala, sebaiknya dipilih hiasan yang tidak terlalu memenuhi dinding, misalnya lukisan.

Lain halnya dengan tempat tidur yang tidak memilikikepala. Pada kasus ini, kita bisa lebih bebas memainkan dinding, denganketinggian yang lebih fleksibel.

Perhatikan Proporsi

Ada 2 hal yang membuatsentuhan di dinding belakangtempat tidur jadi enak dilihat mata. Pertama, kesesuaian dengan temakamar secara keseluruhan.

Kalaukamarnya bernuansa minimalismisalnya, maka yang pas untukdiletakkan tentu saja yang simpeldan sederhana.

Faktor kedua yang tak kalahpentingnya adalah proporsi ukuranhiasan terhadap tempat tidur. Lebarhiasan sebaiknya sama dengan lebarkepala tempat tidur. Sedangkanuntuk urusan tinggi hiasan, ada satuteori yang bisa digunakan.

Tinggi hiasan yang nyamanditangkap mata adalah kelipatan ¼dan 1/2 dari tinggi kepala tempattidur (berarti bisa 1/4, 1/2, 1, 2, 3).

Misalnya tinggi kepala tempat tidur60 cm, maka Anda bisa memajanglukisan yang tingginya 1/2 x 60 cm =30 cm atau 2 x 60 cm = 120 cm.

Yangdimaksud tinggi di sini adalah tinggilukisan itu sendiri (bukan tingginyadari lantai).

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 82

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya