Inilah Perjalanan Inovasi Lampu Pintar, Bikin Hidup Nyaman dan Mudah

Selasa, 11 Agustus 2020 | 22:40
Dok. Tab RUMAH

Ilustrasi-Lampu rope light mempertegas ornamen fasad berupa batu alam paras.

IDEAOnline-Inilah berbagai inovasi pencahayaan yang mampu mengubah hidup kita menjadi lebih indah, nyaman, dan mudah.

Perkembangan di bidang pencahayaan menunjukkan kepada kita bahwa tak hanya hidup manusia yang berevolusi, namun rumah dan segala fasilitas yang mendukungnya pun mengalaminya.

Lampu yang pada awalnya dikenal hanya sebagai penerang, dalam perjalanannya mengalami pertambahan peran.

Melalui inovasi dan teknologi yang dibenamkan padanya, selama ini kita telah menggunakan lampu sebagai pencipta suasana dan pembangkit mood.

Desainer dan arsitek pun menggunakan lampu untuk mengoptimalkan rancangan desain mereka demi memberi pengalaman tinggal yang lebih nyaman yang sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah.

Baca Juga: Lampu Pintar Ini Bisa Lakukan 4 Hal yang Menakjubkan, Mau Tahu?

Ilustrasi-Kehadiran lampu pada taman atap atau roof garden untuk keamanan dan estetika.

Tak berhenti di sini.

Pemanfaatan pencahayaan pun terus digali.

Para ahli pun menghubungkan cahaya dengan kesehatan mata. Signify, dalam sebuah talkshow bertajuk “Eye Comfort” mengkampanyekan perlunya menjaga kesehatan mata melalui pemilihan lampu yang tepat.

Ini menunjukkan bagaimana ilmu pencahayaan dapat memberi kenyamanan pada mata dan mencegah terjadinya kerusakan pada indra penglihatan manusia.

Mata, yang merupakan aset yang sangat berharga bagi manusia dan menentukan kesejahteraan hidupnya, bisa dijaga kesehatannya melalui pemilihan lampu yang tepat.

Kabar terbaru tentang perkembangan lampu di Indonesia kembali datang, tepatnya tahun 2017.

Lampu terkoneksi yang menjadikan pencahayaan lebih dari sekadar penerangan dan peran-peran lain yang sudah kita kenal selama ini.

Baca Juga: Terkoneksi Internet, Lampu Ini Bikin Hidup Lebih Mudah dan Hemat

Dok. Signify
Dok. Signify

Teknologi interact yang diaplikasikan untuk penerangan kota.

Diperkenalkan pencahayaan LED berteknologi canggih yang diprogram dengan fitur interaktif dan terkoneksi untuk pencahayaan yang berkelanjutan.

Pencahayaan ini mampu mengubah cara kita bekerja, bermain, dan belajar di rumah, perkantoran, perkotaan, dan semua fasilitas kehidupan.

Pencahayaan terkoneksi ini membantu kita mengatasi tantangan global akan kebutuhan pencahayaan yang lebih hemat energi dan membuka potensi cahaya yang luar biasa.

Kehidupan yang lebih terang dan dunia yang lebih baik akan terwujud dengan menghubungkan manusia dan cahaya dan berbagai perangkat lainnya.

Baca Juga: Pangkas Biaya Listrik dengan Lampu LED, Simak Kelebihannya di Sini!

#berbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti