Ketahui Asal Muasal Tanaman Aglaonema, Tanaman yang Selalu Naik Daun!

Selasa, 18 Agustus 2020 | 21:36
Tab RUMAH

Aglaonema, Daun yang Sedang Naik Daun

IDEAonline –Warna kemerahmerahanpadadaunnya, membuataglaonemamenjadi tanamaanfavorit. Meskipunharganyamencapai ratusanribu rupiah, banyak orangyang mencarinyauntuk dijadikansebagai koleksi.

Baca Juga: Inspirasi Dapur Gaya Urban, Desain Sederhana, Efisien, dan Compact

Aglaonema merupakan salahsatu jenis tanaman hias yang keindahanyadilihat dari daunnya. Meskipun aglonemasaat ini terkenal karena daunnya yangindah dan bewarna merah, tidak semuadaun aglaonema berwarna kemerah-merahan.

Ada beberapa spesiesAglaonema yang berwarna hijau sepertiAglaonema modestum dan aglaonemacommutatum.

Kedua jenis ini bukanhasil persilangan. Dilihat dari silsilahnya, tanaman aglaonema merupakan tanamanyang masuk dalam famili Araceae denganfilum Plantae.

Terkenal Karena HasilSilangan

Baca Juga: Ikut Pameran Interior Virtual Reality di Masa Pandemi, Ini Keuntungan yang Kamu Dapatkan

Sebenarnya aglaonema merupakantanaman yang sudah lama ada diIndonesia. Sebelum nama aglaonema ngetren, orang Indonesia mengenal beberapaspesies dari aglaonema dengan sebutansri rejeki.

Tab RUMAH

Aglaonema, Daun yang Sedang Naik Daun

Nama aglaonema mulai nge-trenketika seorang ahli botani yang bernamaGregori Garnadi Hambali—kemudiandikenal dengan nama Greg Hambali—menyilangkan spesies Aglaonemarotundum yang merupakan spesies aglaonema asli Sumatera, denganAglaonema commutatum yang asalnyadari Filipina.

Hasil dari persilangantersebut didapatkan spesies baruyang terkenal sampai sekarang, yaitu Aglaonema “pride of sumatera”.

Sejak ditemukan spesies baru ini, tanaman aglaonema mulai digemariorang. Tidak heran bila banyak orangkemudian mulai menyilangkan beberapaspesiesnya, baik spesies dari Indonesiamaupun dari luar Indonesia untukmendapatkan hasil spesies yang baru.

Baca Juga: Saat Pandemi, Apartemen Rp25 Miliar di Jakarta Justru Dibeli WNI

Mereka umumnya menginginkandaun aglaonema yang disilangkanberwarna seperti aglaonema “prideof sumatera”yang mempunyai corakkemerah-merahan.

Dari beberapa hasilperkembangbiakan itu, ada yangdipatenkan nama variasinya oleh orangyang pertama kali melakukan persilangan, tetapi ada juga yang tidak dipatenkan.

Jumlah spesies aglaonema yangdipatenkan lebih sedikit dari yang belumdipatenkan. Contoh spesies aglaonemayang sudah dipatenkan adalah Aglaonemajubilee.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 71

(*)

Editor : Maulina Kadiranti