Mau Atasi Kecoa di Rumah Hingga Tak Tersisa? Basmi Sumber Habitatnya!

Sabtu, 12 September 2020 | 15:00

Mau Atasi Kecoa di Rumah Hingga Tak Tersisa? Basmi Sumber Habitatnya

IDEAonline –Kecoa seringkali ditemui di salah satusudut di dalam maupun di luar rumah.

Sudut ini merupakan tujuan utamamereka, karena biasanya di tempat inibanyak terdapat makanan yang bisadinikmati sekaligus bisadijadikan tempat bersarang yang baru

Kenali Sumber Investasi

Baca Juga: Sempat Jadi Lelaki Pujaan Agnez Mo Selama 4 Tahun, Duda Satu Anak Ini Ternyata Miliki Hunian Mewah Bernuansa Victorian, Dalamnya Bikin Geleng Kepala!

Baca Juga: Selain Mencemari Ponselmu dengan Bakteri, Main HP di Kamar Mandi Bisa Sebabkan Ambeien

Langkah yang paling tepat untukmenghindari kecoa masuk ke dalam rumahadalah: Anda harus meminimalkan ataumengendalikan sumber investasi yangdisenangi oleh kecoa.

Menurut M. Iskandar (Technical Support Manager PT RentokilIndonesia), ada 3 sumber yang disenangioleh kecoa yaitu makanan, ceceran sisa makanan, dan tempat lembab.

Ada baiknya sebelum melakukantindakan untuk mencegah agar kecoatidak masuk, Anda terlebih dulumengecek apakah sudah ada kecoa yangberada di dalam rumah atau belum. Hal

ini bisa dilakukan dengan cara melihattanda-tanda seperti adanya kotoran dankasul/telur kecoa.

Biasanya kotoran kecoa tertinggal dilantai yang merupakan jalan yang dilaluioleh mereka.

Bisa juga kotoran tertinggalpada tempat-tempat yang tersembunyiseperti di antara buku-buku yang disimpandi rak. Celah antara lemari dengan tempattidur juga bisa jadi “WC” mereka.

Jika ditemukan tanda adanyakecoa, maka segera lakukanpenanganan. Langkah yang bisalangsung dilakukan adalahmengendalikan sumber investasiyang disenangi oleh kecoa, salahsatunya adalah dapur.

Dapur merupakan sumberinvestasi makanan bagi kecoa. Karena itu, bila di dapur Andabanyak terdapat makanan setidaknya Andaharus menyimpan makanan tersebutdengan baik seperti menyimpannya di rakdan wadah tertutup.

Baca Juga: Jangan Sesekali Letakan Makanan Panas di Kulkas dan Menutup Pintu Kulkas dengan Asal, Ini Akibatnya!

Baca Juga: Miliki Dapur Bak Restoran Mahal, Hunian Punya Artis yang Miliki Segudang Prestasi Ini Jadi Sorotan Warganet, Enggak Sangka Pernah Jadian dengan Deddy Corbuzier!

Di samping itu, bila Anda selesai memasak, usahakan untuk tidakmeninggalkan sisa masakan di lantaidapur atau meja dapur.

Bersihkan ceceransisa makanan tersebut. Ceceran inilahsalah satu makanan bagi kecoa.

Selain ceceran makanan, sampahmakanan yang ada di tempat sampah didapur juga merupakan sumber investasimakanan.

Usahakan untuk segeramembuang sampah tersebut ke tempatsampah di luar rumah.

Kendalikan SumberHabitatnya

terminix

Mau Atasi Kecoa di Rumah Hingga Tak Tersisa? Basmi Sumber Habitatnya

Cara-cara tesebut adalah carauntuk menghindari agar kecoa masukke dalam rumah. Jika kecoamemang sudah ada di dalamrumah, langkah yang dapatdilakukan untuk mengusirkecoa adalah denganmemberantas ataumengendalikan sumberhabitatnya.

Habitat kecoa Amerikabiasanya di saluran pipasanitasi dan septictank. Untukmemberantasnya bisadilakukan dengan cara fisik maupunkimia.

Baca Juga: Sempat Puncaki Karir Sebagai Pengusaha Real Estate Sukses, Mantan Miliader Ini Ditemukan Tewas di Rumah Kumuh, Hartanya Habis oleh Wanita dan Narkoba!

Baca Juga: Selain Mencemari Ponselmu dengan Bakteri, Main HP di Kamar Mandi Bisa Sebabkan Ambeien

Secara kimia, kecoa bisa dibasmidengan pestisida—baik cair maupunbubuk.

“Pestisida ini bisa disemprotkan padalubang saluran pipa sanitasi atau saluranpipa pembuangan agar kecoa mati,” terang Iskandar.

Selain disemprotkan, pestisida ini juga bisa digunakan dengancara pengasapan dan digunakan sebagaipengumpan.

Yang perlu diingat lagi bahwapemberantas kecoa harus dilakukan bertahap. Walaupun sudah diberantas, kadang-kadang kecoa masih tetap adakarena mereka yang bisa menyelamatkandiri ketika diberantas, masih bisaberkembang biak.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 63

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya