Gunakan Isolasi Tepat untuk Lindungi Kabel, Begini Trik Hadirkan Sistem Listrik yang Aman

Kamis, 10 September 2020 | 13:00
IDEAONLINE

Sistem Listrik yang Aman

IDEAonline –Kinerja arus listrik tidak hanyadipengaruhi oleh peletakan alatlistriknya, tetapi juga pemilihanalatnya itu sendiri.

Semua alat instalasi listrik harusdipilih dengan cermat sehinggatidak menyebabkan efek merusak pada perlengkapan rumah tanggayang membutuhkan aliran listrikatau mengganggu pasokan selamaarus tersebut mengalir.

Baca Juga: Berubah Drastis Setelah 4 Bulan Tak Tinggali Rumah Mewahnya, Warganet Kaget dengan Penampilan Baru Dwi Sasono

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, 75 Persen Kematian Pasien COVID-19 Adalah Penderita Demensia

Sistem Listrikyang Aman

Menurut International CopperAssociation, Ltd. (organisasi industri tembagayang kantor pusatnya berada di New York), ada tiga hal yang perlu dilakukan agar systeminstalasi di rumah menjadi aman.

1. Memakai dan menerapkan sistem 3kabel inti.

Sistem ini menggunakan kabel yangmempunyai kawat khusus untuk pembumian.

Tujuannya adalah mengurangi terjadinyaloncatan listrik yang bisa mengalir ke tubuhmanusia (tersengat listrik) dan arus bocor.

2. Menyediakan jumlah sirkuit cabang yang memadai.

Hal ini untuk mencegah pemakaian kabelgulung.

Menurut survei, outlet stop kontak dirumah saat ini kurang memenuhi kebutuhanmanusia. Seharusnya, di ruang tidur misalnya, tersedia 2 sampai 4 stop kontak.

3. Menyediakan arus listrik sesuai dengankebutuhan.

Usahakan daya listrik di rumah sesuaidengan kebutuhan alat-alat yang ada di rumah. Jangan sampai instalasi listrik menerimakelebihan beban.

SambunganKabel

Usahakan sambungan kabelterlindungi dengan baik. Gunakan isolasiyang tepat untuk melindungi sambungankabel.

Baca Juga: Berubah Drastis Setelah 4 Bulan Tak Tinggali Rumah Mewahnya, Warganet Kaget dengan Penampilan Baru Dwi Sasono

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, 75 Persen Kematian Pasien COVID-19 Adalah Penderita Demensia

Isolasi yang baik, selain akanmemberikan kekuatan mekanis yangtinggi untuk melindungi fisik sambungankabel listrik, juga akan memberikanisolasi anti-kelembaban untuk kondisikabel di dalam ruangan yang lembabseperti di dalam tanah.

Untuk mencegah terjadi induksiantar-sambungan kabel maka akan lebihbaik bila kondisi jalinan kabel di dalaminstalasi harus ditata dengan rapi dandiberi boks khusus yang terletak padasambungan.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 82

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya