Jangan Lupa Menguji Kondisi Dinding Sebelum Mengecat Rumah, Penting Banget Dilakukan!

Selasa, 08 September 2020 | 13:26
Tab RUMAH

Cara Mudah Menguji Kondisi Dinding

IDEAonline –Bila ingin mengecatdinding rumah, perhatikan dulu kondisidindingnya, agarhasilnya sempurna.

Bila Anda akan melakukanpengecatan sementara kondisidindingnya sudah rusak, makalangkah pertama yang harus dilakukanadalah memperbaiki dulu kerusakandindingnya.

Baca Juga: Lebih Menarik dari Apartemen Kebanyakan, Begini Isi Hunian Instagramable Hasil Renovasi Bus Tua yang Sempat Booming di Bored Panda!

Perhatikan juga kondisi dinding sebelum pengecatan, berikut ini cara mudah menguji kondisi dinding.

1. Tes kelembaban

Kondisi kelembaban bisa dicek dengan alat protimeter.

Namun karena harga protimeter mahal dan di Indonesia jarang ditemui, Anda bisamelakukan pengecekan kelembaban secara manual.

Tab RUMAH

Cara Mudah Menguji Kondisi Dinding

“Caranya, ambil lembaran plastik bening secukupnya. Lalu tempelkan pada dinding yang akan dicat,” jelas RezaSjarif (Assistant Manager Paint Departement Ace HardwareIndonesia).

Tunggu satu malam. Lihat keesokannya, apakahdi permukaan plastik yang menghadap ke dinding banyakterdapat embun yang menempel. Bila ya, maka kondisidinding masih basah atau lembab.

Akan tetapi bila padapermukaan plastik hanya ada sedikit embun yang menempelatau sama sekali tidak ada, berarti kondisi dinding sudahsiap untuk dicat.

2. Tes daya rekatnya

Baca Juga: Senada Makin Cantik, Intip Pilihan Sofa yang Cocok Buat Mengisi Ruang

Bila kondisi dinding masih bagus tetapi Anda inginmengganti warnanya, Anda tidak perlu mengelupas catlama.

Baca Juga: Mau Rumah Terlihat Selalu Rapi? Ternyata Ini Kunci Cara Menatanya

Anda hanya perlu melihat apakah daya rekat catlama masih kuat atau tidak. Daya rekat cat lama yangrendah akan menyebabkan cat yang baru sulit menempeldengan baik di permukaan dinding.

Tab RUMAH

Tes daya rekatnya

Untuk mengeceknya, Anda bisa menggoreskan tandasilang di dinding lalu merekatkan isolasi di atasnya, danmenarik kembali isolasi tadi.

Bila ada cat lama menempelpada isolasi, ini berarti daya rekat cat lama kurang baiksehingga Anda harus mengelupasnya sebelum melakukanproses pengecatan ulang.

TIPS

Sebaiknya, pengenceran cat untuk eksterior adalah 10% - 20%.

Sedangkan untuk warna khususseperti merah, biru, dan kuning, sebaiknya pengencerannya cukup10% atau bahkan jangan diencerkansama sekali.

Alasannya, warna khususmembutuhkan lebih banyak pigmenwarna dibandingkan warna yanglain, sehingga kekentalan catnyaberkurang.

Akibat pengenceran yangterlalu banyak, hasil pengecatanmenjadi tidak rata atau belang. Jangan mengecat pada saat hujanatau saat matahari terlalu terik.

Sebaiknya pengecatan mengikutiarah matahari dan dimulai dari pagihari supaya pengeringan cat lebih sempurna.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 82

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya