Hati-hati Hal Ini Sebabkan Ruang Terkesan Sempit, Begini Solusinya!

Kamis, 17 September 2020 | 23:05
Tab RUMAH

Hati-hati Hal Ini Sebabkan Ruang Terkesan Sempit, Begini Solusinya!

IDEAonline –Ingin memiliki hunian luas di lahan yang sempit?Pasti IDEA lovers di rumah pernah merasakannya, yuk kita simak kasus satu ini.

Kasus

Baca Juga: 8 Langkah Merapikan Ruang Tamu Tanpa Harus Keluar Bujet, Mudah!

Baca Juga: Langkah Mencuci Baju Bayi yang Aman, Jangan Asal Masukan Deterjen!

Sudah setahun ini sayamenempati rumah pertamasaya. Selama ini banyak tamumemberi masukan bahwabangunan rumah terlihat lebardari luar tapi begitu membukapintu terlihat sempit. Hinggasaat ini saya hanya melakukanrenovasi yang minim.

Jika saya ingin melakukanrenovasi lebih lanjut, trik apasaja yang sebaiknya dipakaiuntuk dapat menciptakanefek berupa ruangan yangterlihat luas?

Solusi

Melihat denah yang IDEA lovers berikan, kesansempit terjadi karena dua sisi dinding padaruang keluarga meruncing ke belakang sehinggakesan ruang tersebut menjadi seperti ruang sisa, dan kesan benda-benda di dalam ruang akanterasa lebih maju ke depan.

Hal inilah yangmenyebabkan ruang terkesan sangat sempit, meskipun kalau dilihat ukuran yangdiberikan (1,80 m) semestinya tidakbegitu masalah. Langkah-langkah yang dapat IDEA lovers lakukan antara lain adalah:

Tab RUMAH

Hati-hati Hal Ini Sebabkan Ruang Terkesan Sempit, Begini Solusinya!

1. Mengubah dinding denganmembuat dua sisinya sejajar dan tidakmenyempit pada bagian belakang.

Lebar ruangan tidak diubah—tetap1,8 m—namun karena sisinya kitabuat sejajar, maka ruang tersebutakan terasa menjadi satu ruangtersendiri yang utuh, dan bukanruang “sisa”.

Baca Juga: Positif Covid-19 tanpa Gejala? 12 Langkah Isolasi Mandiri di Rumah

2. Secara fisik, agar ruang keluargadan ruang tamu tetap terasa sebagaikesatuan ruang yang luas, makakita buat penyelesaian kedua ruangtersebut menjadi satu kesatuan, dengan memanfaatkan elemenkeramik lantai dan plafon yang samacoraknya.

Untuk menambah efek ”luas”, pada dinding yang menghadapruang tamu kita tambahkan cerminmenerus sepanjang dinding, agarruang tamu terkesan menjadi lebihluas memanjang ke arah ruangkeluarga.

Tab RUMAH

Agar ruang terkesan luas, tidak digunakan pembatas dinding, melainkan hanya karpet.

3. Warna dinding disarankan untukmenggunakan warna-warna yangcerah agar ruang terkesan bertambahringan dan luas.

Di sini warna-warnaseperti biru muda, abu-abu muda, serta coklat krem bisa digunakanbergantian untuk memeriahkansuasana ruangan-ruangan kita.

Baca Juga: Pandemi Membuka Kesempatan Desain Ulang Ibu Kota Negara Baru

4. Selanjutnya agar ruang mungildi rumah IDEA lovers tetap tampak luasdan lega, maka kita tidak akanmenggunakan pembatas dindingyang masif sebagai pembatas ruangtamu dan ruang keluarga.

Kitasiasati dengan menggunakan karpet, sehingga kedua ruang akan munculmenjadi dua ruang yang utuh namuntidak berkesan tersekat-sekat danmenjadi lebih sempit.

Mudahmudahandapat menjadi masukan bagi IDEA lovers. Selamat mencoba dan janganragu untuk menambahkan ide-ide IDEA lovers sendiri.

Tab RUMAH

Denah

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 88

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya