Mulai Hari Ini Ketahui Unsur Pembentuk Api di Rumah, Ternyata Cara Memadamkan yang Aman Bukan Cuma dengan Air!

Jumat, 21 Oktober 2022 | 08:00
Idea.Grid.Id

Mulai Hari Ini Ketahui Unsur Pembentuk Api di Rumah, Ternyata Cara Memadamkan yang Aman Bukan Cuma dengan Air!

IDEAonline –Semua jenis asap yang terhirup dan masuk ke dalam tubuh bisa menimbulkan dampaknya tersendiri bagi kesehatan. Asap dari kebakaran bangunan, misalnya.

Uap panas ini membahayakan karena mengandung akumulatif bahan kimia dari perabotan rumah tangga, cat dan bahan pelapis bangunan. Di antaranya ozon (O3), sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO) dan nitrogen oksida (NO2).

Kebakaran juga menghasilkan debu halus yang mudah terisap dan mengotori sistem pernapasan. Ketika masuk ke dalam tubuh, hasil dari kebakaran bisa memicu gangguan pernapasan.

Baca Juga:Mengenal UPVC, Material Tahan Lama, Kuat dan Tampilannya Mewah, Kelemahannya Apa Yah?

Baca Juga:Hati-hati Pendingin Ruangan Jadi Malapetaka, Jangan Kaget Kalau Tua Nanti Tubuh Akan Alami 4 Gangguan Kesehatan Ini Karena Sering Gunakan AC

Dampak lainnya berupa iritasi mata, berpotensi merusak kesehatan ibu hamil dan janin serta peningkatan risiko penyakit jantung jantung. Asap kebakaran juga bisa memicu perkembangan sel abnormal pada paru-paru.

Namun tahu enggak sih IDEA lovers, ternyata kebakaran dapat dicegah dari pemicu. Simak di sini!

MelansirTabloid RUMAH edisi 91, ada 3 unsur api atau kebakaran di rumah terbentuk: yaitu bahan bakar, panas, danoksigen.

Oleh para ahli, ketigaunsur pembentuk api itu dinamaisegitiga api. Untuk menimbulkanapi, ketiga unsur itu harus ada danberhubungan.

Baca Juga:Terungkap Penyebab Nasi Gampang Basi, Bisa Karena Nasi Kurang Tanak Bahkan Bisa Jadi Salah Centong! Mengapa?

Baca Juga:Mulai dari Rp 95 Ribuan, Ini 12 Rekomendasi Seprai Murah Kualitas Hotel yang Bikin Tidur Nyenyak Sampai Pagi

Oleh sebab itu, apabila ingin memadamkan api, maka paling sedikit satu di antaraketiga unsur itu harus dihilangkanatau dipisahkan. Atau dengan katalain, hubungan antara tiga unsuritu harus diputuskan.

Memadamkan api tak melulu menggunakan air!

Yang paling umum digunakan untukmemadamkan api adalah air. Air yangmengguyur api akan menurunkan suhupanas.

Selain itu, sebagian air yangdipergunakan untuk mengguyur akanmenguap menjadi uap air. Nah, uap airinilah yang akan memisahkan api darioksigen. Karena dua hal dari segitigaapi—yaitu panas dan oksigen—tidakada, api pun jadi padam.

Tapi, tidak semua api bisadipadamkan dengan air. Air bisamemadamkan api yang bahan bakarnyadari kayu, kain plastik, atau kertas.

Api yang berasal dari percikan listriktidak bisa dipadamkan dengan air. Airmalah bisa menghantarkan aliran listrik sehingga api malah bisa berkobarke mana-mana.

Baca Juga:Jarang Ada yang Tahu, Saluran Air Mampet Enggak Perlu Panggil Tukang, Cukup Siram dengan Campuran Air Ini

Baca Juga:Bikin Emak-emak Bahagia, Ternyata Baju Seragam yang Kusam Bisa Kinclong Kembali Hanya dengan Direndam Bumbu Dapur Satu Ini, Cerah Tanpa Dilaundry!

SOSOK.ID

Mulai Hari Ini Ketahui Unsur Pembentuk Api di Rumah, Ternyata Cara Memadamkan yang Aman Bukan Cuma dengan Air!

Bisa jadi, sipemadam malah terkena sengatanaliran listrik. Jika terjadi kebakaranakibat aliran listrik, hal yangpertama harus dilakukan adalahmemutuskan aliran listrik, setelahyakin tidak ada aliran listrik lagi, baru bisa diguyur dengan air.

Lalu, bagaimana denganminyak tanah atau bensin? Apiyang bahan bakarnya berasal dari keduaunsur itu mesti dipadamkan dengan zatkimia.

Wujudnya bisa berupa busa ataukarbondioksida. Menggunakan air takakan memadamkan api, karena beratjenis minyak lebih kecil dari air.

Ketikadiguyur dengan air, minyak akan beradadi atas air, dan tetap berhubungandengan oksigen.

Baca Juga:Nyesel Baru Tau Sekarang, Ini Cara Siasati Penalti dari Bank Saat Melunasi KPR Sebelum Waktunya

Baca Juga:Auto Dikira Pakai Desainer Interior, Ternyata Cuma Ubah Desain Plafon, Ini 5 Inspirasinya!

Alhasil, api akan tetapmenyala, malah bisa makin menyebarkarena air akan mengalirkan minyak kesegala arah.

Ibu-ibu kita pasti pernahmengajarkan untuk menutup apidengan karung goni basah. Ini bisadilakukan jika api masih dalam skalakecil. Karung goni yang dibasahi akanmenutup jalur masuknya oksigensehingga api padam.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya