Ada Ditemukan Gel Cair di Paru-paru Pasien Covid-19 Kritis, Apa Itu?

Kamis, 15 Oktober 2020 | 17:30
Kompas.com

Ilustrasi paru-paru.

IDEAOnline-Studi menemukan, ada gel cair pada paru-paru beberapa pasien Covid-19 parah atau yang meninggal karena gagal napas.

Para peneliti kini telah mengetahui apa sebenarnya kandungan dalam gel tersebut.

Temuan yang dilakukan Universitas Umeå, Swedia ini pun membawa para peneliti ke terapi baru pengobatan Covid-19 yang efektif.

"Sudah ada terapi yang memperlambat produkti pembentukan gel atau memecah gel melalui enzim. Temuan kami juga dapat menjelaskan kenapa kortison tampaknya berpengaruh pada Covid-19," kata Urban Hellman, peneliti dari Universitas Umeå.

Dilansir Eurekalert, Selasa (6/10/2020), ketika pasien Covid-19 dengan kondisi kritis dipindai, tampak ada bercak putih di sekitar paru-paru.

Selain itu, otopsi dari beberapa pasien Covid-19 yang meninggal menunjukkan paru-paru jenazah dipenuhi cairan gel bening, sangat mirip dengan kondisi paru-paru orang yang tenggelam.

Sebelumnya para ilmuwan tidak mengetahui kenapa ada cairan gel bening di paru-paru pasien Covid-19 dalam kondisi kritis atau yang telah meninggal.

Namun akhirnya, sekelompok peneliti di Translational Research Center di Universitas Umeå mengetahui bahwa gel itu terdiri atas zat hialuronat, merupakan polisakarida dalam kelompok glikosaminoglikan.

Adanya asam hialuronat dalam tubuh manusia adalah hal yang normal.

Asam hialuronat memiliki berbagai fungsi di setiap jaringan berbeda.

Namun umumnya, zat ini bertindak sebagai karakteristik penting dalam jaringan ikat.

Selain itu, asam hialuronat berperan dalam tahap awal penyembuhan luka.

Asam hialuronat pun banyak diproduksi secara sintesis di industri kecantikan untuk augmentasi bibir dan perawatan anti keriput.

Baca Juga: Beberapa Pasien Covid-19 Alami Gangguan Pendengaran, Apa yang Terjadi?

Kompas.com
shutterstock

Ilustrasi paru-paru.

Augmentasi bibir adalah jenis prosedur yang bertujuan meningkatkan kepenuhan bibir melalui pembesaran dengan menggunakan pengisi seperti asam hialuronat.

Karena asam hialuronat dapat mengikat sejumlah besar air di jaringan molekul panjang, ia dapat membentuk zat mirip gel.

Proses inilah yang memicu kerusakan di alveoli paru-paru pasien Covid-19 dan mengakibatkan pasien membutuhkan perawatan ventilator dan dalam kasus terburuk mereka meninggal karena gagal napas.

Saat ini, obat yang disebut Hymecromone digunakan untuk memperlambat produksi asam hialuronat pada penyakit lain seperti serangan kandung empedu.

Ada juga enzim yang secara efektif dapat memecah asam hialuronat.

Sebagai contoh, enzim ini dapat digunakan jika perawatan kecantikan yang tidak berhasil harus dihentikan secara tiba-tiba.

Bahkan kortison mengurangi produksi asam hialuronat.

Dalam sebuah penelitian di Inggris, data awal menunjukkan efek positif pada perawatan dengan obat kortison Dexamethasone pada pasien COVID-19 yang sakit parah.

"Sebelumnya diasumsikan bahwa hasil awal yang menjanjikan akan dikaitkan dengan sifat anti-inflamasi kortison secara umum, tetapi selain keyakinan tersebut, kortison juga dapat mengurangi produksi asam hialuronat, yang dapat mengurangi jumlah jeli di paru-paru," kata Urban Hellman. Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul Ada Gel Cair di Paru-paru Pasien Covid-19 Kritis, Apa Itu?

#berbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas