Bagian-bagian pada Toilet Duduk dan Jongkok Hingga Cara Kerjanya!

Selasa, 13 Juni 2023 | 12:47
istimewa

Seiring berkembangnya teknologi, toilet jongkok juga diberi tangki penyiram yang disembunyikan di dalam tembok, disebut dengan toilet jongkok institusional.

IDEAonline –Toilet harus sesuai dengan kebutuhan kita, agar nyaman saat digunakan, dan juga hemat.

Ternyata ada berbagaijenis toilet (di sini kita biasa menyebutnyadengan istilah kloset) bila dilihat dari beberapa sudut pandang, seperti dari bentuknya, tombolnya, sampai sistem penyiramannya.

Andaharus mengetahui hal-hal pentingtersebut, sebelum memutuskan akanmembeli toilet model tertentu.

Baca Juga: Jangan Gunakan Sodet Berbahan Logam, Hindari 4 Kebiasaan Buruk Ini Jika Tak Mau Wajan Tergores

Baca Juga: Naik Pitam, Artis yang Sempat Digerebek Karena Berduaan dengan Wanita di Apartemen Ini Meradang Akibat Qna Selingkuhan Alexander Thian, Kenapa?

Karenapilihan Anda akan mempengaruhimulai dari kenyamanan, sampaipenghematan air.

Bahan dasar toilet sendirimenurut Margaretha Idariani Tahir (Marketing Manager PT AmericanStandard Indonesia), adalah tanahliat yang berasal dari Cina, berwarnaagak kehijauan.

Tanah liat ini berporiporisangat kecil, sehingga bisadijadikan keramik yang berkualitasbagus, tidak mudah retak dan pecah.

Toilet tidak memerlukanperawatan khusus, hanya perludilap dengan lap basah dan diberipembersih cair dalam waktu berkala.

Pemberian pembersih cairyang dimasukkan ke dalam toilet inisebaiknya jangan digunakan setiap hari, karena akan mematikan bakteri yangmenguraikan kotoran.

Tab RUMAH

Toilet

Bagian-bagian Toilet

Secara umum toilet duduk terdiridari dua bagian, yaitu tangki dan bowl. Tangki adalah tempat penyimpanan airuntuk penyiraman.

Di dalam tangki iniada beberapa bagian kecil lainnya yangmengatur pemnyiraman. Bagian yangkedua adalah bowl (mangkok), bagianyang kita duduki.

Baca Juga: Mengenal Wadah Gerabah untuk Pot Tanaman dan Media Tanam yang Pas!

Baca Juga: Jangan Gunakan Sodet Berbahan Logam, Hindari 4 Kebiasaan Buruk Ini Jika Tak Mau Wajan Tergores

Pada bagian ini tidakterdapat teknologi apapun, karenamurni hanya untuk pembuangan. Berbeda dengan toilet duduk, toilet jongkok hanya terdiri dari satubagian, yaitu bowl yang digunakanuntuk jongkok.

istimewa

Seiring berkembangnya teknologi, toilet jongkok juga diberi tangki penyiram yang disembunyikan di dalam tembok, disebut dengan toilet jongkok institusional.

Kecuali padatoilet jongkokinstitusional; padatoilet jenis initerdapat tangkiseperti pada toiletduduk, hanya saja, biasanya tangki ini disembunyikan dibelakang tembok.

Sistem Penyiraman

Untuk penyiraman, bisa dibedakandari jenis tombol dan systempenyiramannya. Ada dua jenis tombolpenyiraman pada toilet, yaitu flushvalve dan flush levers.

Flush valve adalahtombol penyiraman yang biasanyaterdapat di bagian atas tangki ataujika di toilet one piece, kadang terletakdi samping tangki. Cara kerjanyadengan menekan tombol tersebutmaka air akan turun dan menyirambowl.

Sedangkan flush levers berbentukseperti lidah, yang letaknya di sampingtangki atau di depan tangki. Untukmenyiram, kita harus menariknya kekanan atau kiri.

Khusus untuk flush valve dibagimenjadi dua jenis lagi, yaitu single flushdan dual flush. Pada sistem single flush, hanya ada satu tombol yang terdiri darisatu bagian.

Setiap kali penyiramanair yang dikeluarkan adalah 6 liter. Sedangkan pada sistem dual flush adatombol penyiraman yang terdiri daridua bagian, kecil dan besar.

Tombolyang kecil biasanya untuk menyiramsehabis buang air kecil, kapasitas airyang dikeluarkan adalah 3 liter, dantombol yang besar berfungsi untukpenyiraman setelah buang air besar, airyang keluarkan sebanyak 6 liter.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 78

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya