Fasilitasi Kreativitas Anak dalam Menggambar untuk Hiasan di Kamarnya

Selasa, 03 November 2020 | 21:30
Lukisan Zera @ladyzadzakiya

Ilustrasi hiasan personal bisa diwudkan dengan lukisan pribadi seperti ini.

IDEAOnline-Memajang hasil karya anak di kamarnya bisa naikkan percaya dirinya.

Dalam sebuah kesempatan, Psikolog RSIA Permata Cibubur, Maya Harry menyarankan kepada para keluarga muda dengan anak-anak usia perkembangan, sebaiknya melakukan penataan ruang-ruang di rumah dengan cukup fleksibel dan mampu mengikuti perkembangan anak.

Anak-anak memerlukan kamar yang lebih dari sekadar ruang untuk tidur sesuai kebutuhan fisik maupun mentalnya.

Perbedaan kebutuhan ini terus mengikuti perkembangannya, yang disebabkan oleh perkembangan fisik, seperti ukuran badan, kemampuan motorik, dan perkembangan psikologis yang sedang dialami anak-anak.

Bahkan, meskipun berada dalam kelompok usia yang sama, setiap anak tumbuh dengan kepribadian dan minat yang berbeda-beda.

Sesuai umurnya, anak-anak menginginkan tatanan kamar yang mampu merefleksikan kepribadian mereka sesuai dengan sifat, minat, dan hal-hal yang disukainya.

Tahap usia sekolah dan remaja pun perlu dicermati dengan menyediakan kamar yang mengakomodasi kebutuhannya menuju kedewasaan usia.

Di usia ini, anak juga mengalami pertumbuhan fisik, yakni peningkatan berat badan anak lebih banyak daripada panjang badannya.

Peningkatan ini terjadi terutama karena bertambahnya ukuran sistem rangka dan otot serta ukuran beberapa organ tubuh.

Perkembangan motorik anak menjadi lebih halus dan terkoordinasi.

Dok. Seria RUMAH

Kehadiran tokoh pujaan bisa dihadirkan dalam gambar dan furnitur di kamar anak.

Anak-anak terlihat lebih cepat dalam berlari, makin pandai meloncat, serta makin mampu menjaga keseimbangan badannya.

Anak sudah dapat memahami dan mentaati aturan-aturan suatu permainan.

Anak-anak juga sangat suka mengumpulkan benda-benda untuk dikoleksi, seperti gambar, mobil-mobilan, dan boneka.

Lemari untuk menyimpan barang koleksi dan benda hobi anak sudah mulai dibutuhkan.

Selain itu, penggunaan warna sesuai kesukaan anak dalam kamarnya seharusnya diupayakan.

Beberapa jenis warna cerah akan merangsang perkembangan otak dan karakter anak di usia ini.

Memajang hasil karya, foto, atau gambar-gambar kesayangan anak pada kamarnya akan meningkatkan rasa percaya diri anak.

Dok. Serial Rumah

Fasilitasi hobi dan kreativitas anak dengan peralatan yang tepat.

Fasilitasi Kreativitas Anak

Saat ini, banyak anak memiliki hobi menggambar.

Menggambar kadang tak sekadar jadi cara untuk penyaluran hobi, namun juga menuangkan perasaan, pelampiasan keinginan, dan bahkan wujud penuangan cita-cita dan impian yang tak terucap.

Bahkan, seorang psikolog pun acap menggunakan sarana gambar saat mencoba mengorek perasaan terdalam pasien kecilnya.

Si anak diminta menggambarkan sesuatu, dan dari sana dapat diketahui apa yang bergejolak di dalam hatinya.

Karenanya, Idea Lovers pun bisa menggunakan cara ini untuk lebih mengharmoniskan keinginan anak dan orang tua, khususnya dalam menata kamar yang menjadi ruang segalanya buat mereka.

Fasilitasi ide kreatif mereka, salah satunya dengan menyediakan peralatan berkualitas dan nyaman digunakan untuk menggambar.

Selama ini Idea Lovers telah mengenal begitu banyak pilihan alat yang bisa digunakan untuk menggoreskan tinta di atas kertas, kanvas, atau media lain, mulai dari pensil, krayon, kuas, atau spidol.

Baca Juga: Lima Langkah Agar Sukses Mengajar Anak Tidur Sendiri di Kamarnya

Dok. Serial Rumah

Spontan, dinamis, keceriaan, kegembiraan, imajinasi, terwujud dari warna.

Nah, baru-baru ini, Tombow melalui PT Datascrip sebagai exclusive distributor-nya di Indonesia meluncurkan produk terbarunya yaitu Tombow ABT PRO.

Sebuah brush pen dengan tinta berbahan dasar alkohol, ujungnya berbentuk kuas (brush) dan chisel tip (ujung miring yang memungkinkan garis lebih tebal dan tipis) pada ujung yang lain.

Tombow ABT PRO memiliki bentuk yang ramping dan ergonomis, membuat brush pen ini nyaman saat digenggam dan digunakan untuk menggambar.

Brush pen ini cocok digunakan bagi pemula yang baru menekuni seni menggambar, termasuk anak-anak, hingga para profesional untuk kebutuhan menggambar komik, manga, desain grafis, ilustrasi, desain fesyen, desain arsitektur hingga membuat kerajinan.

Tombow ABT PRO memberikan kebebasan dan keleluasaan lebih dalam berkreasi. Kami berharap dapat semakin menunjang produktivitas dan kreativitas para profesional dan (siapapun) yang hobi menggambar untuk menghasilkan berbagai karya berkualitas,ujar Rafael Lilik Gunawan, Division Manager Datascrip.

Bisa digunakan di beragai jenis media, salah satu eunggulan Tombow ABT Pro (Datascrip)

Enam Kelebihan

Mengutip kisah profesional comic artist Devita Krisanti dan Zera Setyo Handayani, seniman profesional yang ahli menggambar mandala dalam menggunakan Tombow ABT, setidaknya ada 5 kelebihan Tombow ABT PRO yang bakal disukai anak.

1.Tombow ABT PRO yang berbahan dasar alkohol membuat tinta cepat kering dan menghasilkan warna yang lebih cerah.

2. Anak dapat menambahkan berbagai warna berulang kali pada lokasi yang sama tanpa khawatir akan merusak lapisan kertas.

3. Tidak hanya kertas, Tombow ABT PRO juga bisa digunakan di media lain seperti kaca, plastik dan media lain yang bertekstur halus sehingga anak-anak bisa bebas berkreasi di mana pun.

Anak-anak bisa menggambari mainan plastiknya sehingga jadi lebih menggambarkan identitas dan karakternya, atau anak bisa menggambari dinding kamarnya dengan tokoh-tokoh pujaaannya.

4. Ujung kuas ABT PRO yang fleksibel memberikan kenyamanan dalam mengikuti gerakan tangan anak.

Bahkan detail terkecil pun dapat dengan mudah digambar dengan ujung kuas.

Ini membuat hasil karya jauh lebih terkontrol, dinamis dan sempurna.

“Hasil sebuah karya ditentukan oleh kualitas dan tekstur ujung kuas yang digunakan,” ujar Jeremy.

Baca Juga: Biru Tak Selalu untuk Lelaki, Warna Kamar Ini Wakili 6 Karakter Anak

Devita @krisanti_comics

Gambar yang mewakili karakter anak dapat dihadirkan di kamar anak.

5. Tombow ABT PRO tersedia dalam banyak pilihan saturasi warna cerah, yaitu 107 warna.

Hal ini tentu saja memberikan kemudahan bagi anak dalam memilih warna, mempermudah anak saat membuat efek bayangan atau lapisan warna yang indah.

Spontan, dinamis, keceriaan, kegembiraan, semangat bertualang dan berimajinasi, serta minat bermain anak akan mudah terwujud dari banyaknya pilihan warna ini.

6.Selain 107 warna ada 1 pen blender.

Pen blender merupakan pena tidak berwarna yang diisi dengan pelarut murni yang dapat digunakan untuk "mendorong" warna ke sekeliling gambar dan menghilangkan atau mencerahkan tinta yang telah diterapkan di kertas, atau bisa digunakan untuk membuat efek tekstur.

Dengan harga yang terjangkau, PT Datascrip sebagai exclusive distributor produk Tombow di Indonesia memasarkan Tombow ABT PRO dengan harga Rp30.000 per piece, sedangkan untuk paket isi 5 pieces dipasarkan dengan harga Rp145.000 dan paket isi 12 pieces dengan harga Rp 336.000.

Dok. Serial Rumah

Beberapa warna cerah merangsang perkembangan otak dan karakter anak.

Maksimalkan Ruang yang Ada

Lebih lanjut, psikolog pun mengungkapkan, idealnya bila tersedia ruangan yang cukup, dianjurkan untuk membuat suatu ruangan yang khusus didesain untuk membantu mengoptimalkan kreativitas, ketangkasan, serta menambah wawasan anak, seperti rumah pohon, perpustakaan, atau kamar hobi.

Bila ketersediaan ruang aktivitas di rumah terbatas, setidaknya tatalah kamar anak atau manfaatkan ruang-ruang yang ada.

Hiasan berbingkai dari hasil karya anak sendiri pun, bisa jadi cara mendukung kreativitas anak dan meningkatkan rasa percaya dirinya.

Yang pasti, seorang anak sangat membutuhkan tempat dan suasana yang mampu mendidik dan membantunya menumpahkan segala fantasi dan imajinasinya.

Baca Juga: Warna yang Boleh dan Tidak Boleh Diterapkan di Area Anak Autis dan Hiperaktif

#BerbagiIDEA

#BerbagiCerita

#BisaDariRumah

Editor : Maulina Kadiranti