Mau Dandani Taman Dengan Bench atau Bangku Taman yang Unik? Coba Model Halte Satu Ini!

Rabu, 04 November 2020 | 16:00
Daily Express

Ilustrasi bangku taman

IDEAonline –Jika kita bicara tentangdesain rumah atautaman, tampil beda bisamemberikan rasa banggakarena tidak dinilaipasaran alias seragamdengan tetangga.

Tampil beda, bisa berartimengaplikasikan “ide-ide liar” yangtidak umum digunakan. Ide-ide inisendiri datangnya bisa dari mana saja, bahkan dari hal yang sepertinya tidaksaling berhubungan. Misalnya sajaantara halte bus dan taman.

Pernahkahterpikirkan oleh Anda hubungan antarkeduanya? Rasanya sebagian dari Andaakan menjawab “tidak”.

Tetapi ternyatapada taman yang satu ini, bentuk haltebus dan kursi tempat calon penumpangmenunggu bisa menginspirasi sebuahbangku taman yang unik.

Baca Juga: Apa Benar Virus Corona Juga Bisa Merusak Jantung? Ternyata Ini Alasannya

Baca Juga: Temukan Paku di Kamarnya, Brisia Jodie Beberkan Rasa Sakit yang Ia Alami Setelah Bangun dari Kasur, Ada Apa?

Pilih Kayu yang Kuat

Dudukan bangku taman atau bench yangmengambil inspirasi bentuk halte bus initerbuat dari kayu solid jenis bangkirai.

Untuk material kayu ini sebaiknya dipilihjenis yang tahan terpaan hujan danpaparan matahari. Pelapisan denganclear coating bisa dilakukan untukmeningkatkan keawetan kayu.

Tab RUMAH

Dudukannya terbuat dari kayu solid jenis bangkirai. Untuk material kayu ini sebaiknya dipilih jenis yang tahan terpaan hujan dan paparan matahari.

Dudukan kayu ini dipasang dengantumpuan besi siku dan besi bulatmelintang yang melekat di antara tiangpenyangga atap.

Pemasangannyadibantu dengan sekrup yang ditanamdari sisi bawah, sehingga dudukan kayutetap terlihat rapi tanpa coakan.

Baca Juga: 13 Hal yang Harus Dilakukan Sekaligus yang Dihindari Saat Gempa Terjadi, Jangan Gunakan Lift

Baca Juga: Saatnya Siapkan Rumah agar Aman dari Bocor Hadapi Hujan, Ini Caranya!

Atap Kantilever

Untuk atap halte, dipakai bahanfiber yang dipadukan dengan lisaluminium. Jika mau Anda bisa berkreasidengan mengganti bahan fiberdengan kaca berlapis film.

Yang perluAnda waspadai dengan penggunaanmaterial-material transparan ini adalahpembersihan yang harus dilakukansecara rutin agar penampilan atap tetapcantik jika dilihat dari bawah.

Tab RUMAH

Atap Kantilever

Atap bangku taman ini termasukjenis kantilever alias atap “melayang”.

Sebagai tumpuan, atap diikat dengankabel baja yang ditambatkan padastruktur tiang besi. Tiang besinyasendiri “ditanam” ke tanah dengan platsambungan pondasi.

Baca Juga: Terus Berteriak Sambil Benturkan Kepala Ke Tembok, Nikita Mirzani Ternyata Kerasukan Arwah Hantu Ini di Rumah Angker, Kok Bisa?

Baca Juga: Saatnya Siapkan Rumah agar Aman dari Bocor Hadapi Hujan, Ini Caranya!

Aksen Lantai

Lantai “halte” terbuat dari plesteransemen. Material yang sederhana (danrelatif murah) namun mampu memberikesan modern pada taman karenawarna abu-abunya.

Sebagai aksenditambahkan hiasan-hiasan keramikpada lantai. Warna kelabu lantaiberpadu serasi dengan keramik yangkehijauan.

Tab RUMAH

Stepping stone terbuat dari semen yang bagian tengahnya dibuat motif bergaris-garis. Batubatu ini dihias dengan keramik yang berbentuk daun teratai dan kurakura. Sebagai pengisi antar batu pijakan digunakan batu koral.

Paduan ini diulang pada jalansetapak yang berada tepat di depanteras. Stepping stone terbuat dari semenyang bagian tengahnya dibuat motifgaris-garis arsir.

Batu-batu ini juga dihiasdengan keramik yang berbentuk daunteratai dan kura-kura. Sebagai pengisiantar batu pijakan digunakan batu koralbulat warna putih.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 94

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya