Lantai Kamar Mandi Wajib Dibuat Miring Sekitar 1 Sampai 2 Persen, Ini Alasannya!

Selasa, 10 November 2020 | 09:00
grid.id

Terpeleset di kamar mandi

IDEAonline –Cerita-cerita tentang kecelakaan di rumah sering kitadengar. Mulai dari terjatuh dari tangga, terpeleset di kamar mandi, ataubahkan tercemplung ke kolam renang.

Semua itu disebabkan satu hal, perancangan rumah yang tidak memperhatikan aspek keselamatan dankeamanan.

Menurut Ir. Fathul Bahri (arsitek dari Biro Konsultan Ardiyatama), di dalam rumah ada beberapa area yang rawan kecelakaan, antara laintangga, kamar mandi, dan ambang jendela.

Baca Juga: Sempat Tinggal di Rumah Kontrakan, Gatot Brajamusti Dikabarkan Tutup Usia, Intip Saksi Bisu Hunian Saat Dirinya Ditangkap!

Baca Juga: Matikan Kulkas Terlebih Dahulu kemudian Kosongkan Freezer, Ini Langkah-langkah yang Perlu Dicermati Saat Bersihkan Bunga Es!

Ketiga titik rawan ini perludirancang dengan cermat. Jika Anda mempunyai bayi atau anak kecil, titik rawannya akan bertambah banyak.

Tambahan itu antara lain stopkontak, area memasak, kolam renang, dan bathtub. Beberapa cara untukmembuat titik rawan itu menjadi aman, bisa Anda lihat pada pembahasandi bawah ini.

Ambang Jendela

Sekarang ini jendela lebar—yangterletak hanya beberapa sentimeter darilantai—sedang digandrungi. Dari segikesehatan, jendela jenis ini sangat baik karenabisa memasukkan udara dalam jumlah banyak.

Ambang Jendela

Namun, jika tidak diperhatikan keamanannya, jendela ini bisa mengundang bahaya karenatak ada tembok yang mencegah orang keluarmelalui jendela.

Baca Juga: Video Panas di Ranjang Mirip Gisel Beredar Luas, Warganet Suruh Gading Ambil Hak Asuh Gempi

Baca Juga: Matikan Kulkas Terlebih Dahulu kemudian Kosongkan Freezer, Ini Langkah-langkah yang Perlu Dicermati Saat Bersihkan Bunga Es!

Untuk menggantikan fungsi tembok bisadigunakan teralis. Tapi banyak orang yang taksuka teralis karena dianggap mengganggupenampilan rumah.

Nah, sebagai penggantiteralis, Anda bisa menggunakan railing (sepertirailing tangga) yang tingginya hanya sekitar80—90 cm.

Kamar Mandi

Orang sering jatuh di kamar mandikarena lantai kamar mandi selalu bersentuhandengan air dan mudah menjadi licin. Agarlantai tidak mudah licin, Selain harus rajinmembersihkannya, ada beberapa hal yangmesti diperhatikan.

tab RUMAH

Lantai Kamar Mandi Wajib Dibuat Miring Sekitar 1 Sampai 2 Persen, Ini Alasannya!

• Pilihlah jenis lantai yang agak kasar. Selain itu, jangan pilih lantai yangberwarna hitam pekat. Pilihlah yanglebih terang agar jika kotor bisa segeraterlihat, dan kita diingatkan untuk segeramembersihkannya.

Baca Juga: Ternyata Taman Menghadap Selatan Dilambangkan dengan Api, Fengshui: Pilih Aksesoris Taman Bentuk Segitiga, Ini Penjelasannya!

Baca Juga: Cara Hadirkan Ruang Jemur dan Ruang Makan Sekaligus di Rumah Kontrakan

• Agar air tidak tergenang, lantai kamarmandi mesti dibuat miring sekitar 1 – 2persen ke arah lubang pembuangan.

• Jika kamar mandi Anda besar, tak usahragu untuk membuat beberapa lubangpembuangan. Lubang pembuangansebaiknya diletakkan tidak terlalu jauhdari titik-titik air sehingga air tidakmenggenang.

Tempat yang pas untukmeletakkan saluran pembuangan antaralain di dekat bak mandi, shower, toilet, dan di dekat westafel.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 95

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya