Tak Hanya Buat Pemandangan Segar, Harga Jual Perumahan yang Banyak Pohon Ternyata Cenderung Lebih Tinggi!

Selasa, 10 November 2020 | 12:30
Kompas

Manfaat menanam pohon

IDEAonline–Jika engkau berpikir untuk satu tahun ke depan, semailah sebiji benih. Jika engkau berpikir untuk sepuluh tahun ke depan, tanamlah sebatang pohon.

Kalimat bijak di atas adalahpepatah Cina yang sudah ada sejak500 tahun sebelum Masehi. Di masayang amat lalu itu ternyata orang sudahmenyadari arti penting pohon.

Baca Juga: Dicap Rela Tinggalkan Istri Pertama untuk Nikahi Bebi Silvana, Begini Penampakan Rumah Opick yang ternyata Simpan Aneka Senjata Tajam bahkan Rambut Nabi.

Hal inibisa dibilang ironis, karena pada masaitu, jumlah pohon yang menutupipermukaan bumi relatif lebih banyak darisekarang.

Pun, tingkat pembangunanyang menyebabkan polusi masih belumsetinggi saat ini. Namun demikian, keberadaan sebatang pohon sudahdisadari betul manfaatnya, tercermin darikata-kata bijak di atas tadi.

Kini, di masa yang bentuk kehidupannyalebih kompleks, peran pohon pun jugabertambah. Berikut bisa Anda simak alasan mengapa pohon sangatbermanfaat bagi kehidupan manusia.

1. Pepohonan yang ditanamdi dekat badan air mencegahpendangkalan dan penyempitanbadan air. Erosi olehaliran permukaan akanmembawa tanah lalumengendapkannyadi badan sungaidan laut.

Selain itupohon yang tumbuhdi dekat air (misalnyajenis tanaman bakau) menyediakan habitatideal bagi hewan air, misalnyakepiting.

Nah, Anda tentu tak inginbukan bila lima puluh tahun lagi, cucuAnda tak bisa menikmati lezatnyakepiting saus padang akibat sangkepiting tak punya tempat hidup lagi.

2. Rumah yang memilikipepohonan dan tanaman hias yangtertata rapi akan meningkat hargajualnya. Karena secara keseluruhanpenampilan rumah menjadi lebih cantik.

3. Pada skala perumahan, pepohonan dan taman akan menambahkeindahan lingkungan. Tak heran jikakini banyak pengembang yang sengajamenyisihkan tanah yang lumayan luasuntuk membuat taman perumahan.

Kompas.com

Manfaat menanam pohon

Dengan adanya taman, lingkunganlebih cantik dan asri, harga jualnya puncenderung lebih tinggi.

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal, Pengantin Baru Perhatikan Trik Memilih Furnitur dengan Cermat

Baca Juga: Dicap Rela Tinggalkan Istri Pertama untuk Nikahi Bebi Silvana, Begini Penampakan Rumah Opick yang ternyata Simpan Aneka Senjata Tajam bahkan Rambut Nabi.

4. Selain fungsi estetika, pepohonan yang ditanam berjajardi tepi jalan bisa berfungsi sebagai penanda area dan menunjukkan arah/pengarah.

5. Kondisi perkotaan yangkumuh dan gersang bisa diperbaikidengan menanam pepohonan danmembuat taman kota.

6. Tergantung dari jumlah, ukuran, dan lokasi tumbuhnya, keberadaan pohon bisa mengurangiongkos pemakaian AC hingga 30%.

Baca Juga: Ternyata Taman Menghadap Selatan Dilambangkan dengan Api, Fengshui: Pilih Aksesoris Taman Bentuk Segitiga, Ini Penjelasannya!

Sebatang pohon dewasa, melalui prosesevapotranspirasi bisa menghasilkanefek pendinginan yang setara dengansebuah AC ukuran ruangan normal yangberoperasi selama 20 jam sehari.

7. Mengurangi stress. Setelah lelah bekerja seharian, tentunyasangat nyaman jika sesampainyadi rumah kita disambut olehhijaunya taman yang asri.

Keampuhan pohon dalammeredam stress dibuktikandengan penelitian dilaboratorium. Sejumlahrelawan yang melihat gambarhutan mengalami penurunantingkat tekanan darah dan teganganotot yang signifikan setelah lima menit.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 95

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya