Media Tanam Paling Ideal dan Cara Merawat Pohon Cemara, Mudah Banget!

Jumat, 14 Juli 2023 | 14:35
Dezafro Florist/Bukalapak

media tanam dan cawa merawat cemara

IDEAonline –Bagaimana menanam cemarayang benar agar bisa tumbuhtanpa mengalami gangguanpsikologis dan fisik?

Cemara pada umumnyaadalah tanaman yang hidup di daerahtinggi. Namun, ada beberapa jenis cemaradi Indonesia yang dapat bertahan hidup dicuaca panas.

Keunggulan cemara adalahbisa ditanam di pot maupun langsung ditanah. Masing-masing memiliki caranyasendiri. Cara mana yang akan Anda pilih, sesuaikan dengan fungsi, penempatan, dan ukuran pohon cemara.

Ditanam di Pot

Dilansir dari Tabloid RUMAH edisi 75,Ada beberapa keuntungan menanamtanaman dalam pot. Jika bosan, posisitanaman bisa Anda pindah-pindahkan.

Untuk cemara, bila Anda inginmenanamnya dalam pot, perhatikan dulu ukuran pohonnya. Sebaiknya ukurannyajangan terlalu besar dengan ketinggiantidak lebih dari 2 m.

Baca Juga: Bantu Kelola Kadar Gula bahkan Kadar Kolesterol, Terungkap Tanaman Ajaib yang Dihubungkan dengan Penyakit yang Merenggut Alm Ani Yudhoyono, Mujarab!

Baca Juga: Bantu Kelola Kadar Gula bahkan Kadar Kolesterol, Terungkap Tanaman Ajaib yang Dihubungkan dengan Penyakit yang Merenggut Alm Ani Yudhoyono, Mujarab!

Ketika Anda membeli cemara, biasanya tanaman ini dikemas dalamwadah, entah berupa tong atau pot tanahliat.

Bila Anda mempunyai keinginanuntuk memindahkannya ke wadah lainmaka Anda harus menyiapkan mediatanah di wadah baru.

Menurut beberapa pedagangdi sentra tanaman hias Srengseng, Jakarta Barat, media tanam yang bagusuntuk cemara adalah campuran tanahdengan sekam. Hal ini berfungsi untukmengurangi keliatan tanah sehinggatanah tidak terlalu banyak menyerap air.

Selain sekam, tanah juga bisa dicampurpasir dengan perbandingan 2:1. Janganlupa untuk menambahkan pupuk organicke dalam campuran.

Setelah media tanam siap, pindahkancemara ke dalam wadah baru. Tanah dariwadah lama yang masih menempel padaakar sebisa mungkin ikut tertanam diwadah baru.

Yang perlu diperhatikan adalahbagian bawah wadah harus mempunyailubang untuk mengeluarkan air yangmeresap ke dalam tanah. Hal ini bertujuanuntuk mengurangi kelembaban tanah.

Baca Juga: Adaptasi New Normal, Orangtua Wajib Tahu Tahap Perkembangan Anak Ini

Baca Juga: Tuang Satu Cangkir Baking Soda dan Cuka Putih ke Mesin Cuci, Lihat Apa yang Akan Terjadi, Seperti Baru Lagi!

Ditanam Langsung diTaman

Selain ditanam dalam pot, Anda jugabisa menanam cemara langsung di tanah.

Cara ini bisa digunakan terutama bilaAnda menginginkan cemara difungsikansebagai tanaman pelindung atau sebagaitanaman pagar.

Sebelum mulai menanam, Anda perlumembuat lubang galian dengan volumelebih besar dari bola akar yang biasanyaterbungkus karung goni.

Setidaknyaantara bola akar dengan bagian kiri, kanan, dan permukaan tanah, ada jaraksekitar 10 – 20 cm. Hal ini bertujuan agarpertumbuhan akar tidak mengalamigangguan.

Jika lubang tanam sudah siap, pindahkan cemara ke dalam lubang tanpa membuka karung goni pembungkusakar.

Baca Juga: Bantu Kelola Kadar Gula bahkan Kadar Kolesterol, Terungkap Tanaman Ajaib yang Dihubungkan dengan Penyakit yang Merenggut Alm Ani Yudhoyono, Mujarab!

Baca Juga: Mulai dari Talenan hingga Keyboard, Ternyata Barang-barang Ini Bisa Jadi Dekorasi Rumah yang Ciamik!

Cukup lubangi karung goni agarakar tetap bisa bernafas. Setelah itu, tutup dengan campuran tanah, pasir atausekam, dan pupuk.

Perawatannya Mudah

Cemara termasuk tanaman yangmudah pemeliharaannya. Penyiramantetap perlu dilakukan setiap hari, kecualipada saat musim hujan.

Ditakutkan bilaterlalu banyak air, akar bisa terserangpenyakit karena terlalu lembab.

Salah satu penyakit karenakelembaban tinggi adalah heterobasidionannosum—penyakit yang menyerang akardan batang.

Ciri-cirinya adalah daunnyamengering dan akar maupun batangnyamembusuk.

Selain penyiraman, pemupukan jugaperlu dilakukan.

Pupuk dengan kadarfosfor tinggi dibutuhkan cemara untukpertumbuhan dan merangsang bungayang tumbuh.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya