Follow Us

Adaptasi New Normal, Orangtua Wajib Tahu Tahap Perkembangan Anak Ini

Kontributor 01 - Sabtu, 14 November 2020 | 17:00
Menikmati momen orang tua bermain bersama anak untuk kurangi kejenuhan.
nakita

Menikmati momen orang tua bermain bersama anak untuk kurangi kejenuhan.

IDEAOnline-Ahli mengingatkan bahwa ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar tumbuh kembang anak berjalan dengan optimal.

Hal ini disampaikan oleh Psikolog anak, Anna Surti Ariani S.Psi MSi.Psi, dalam acara bertajuk Upaya Penguatan Edukasi Perilaku Gizi Seimbang untuk Anak pada Masa Adaptasi Kebiasan Baru , Jumat (28/8/2020)

"Kalau kita bicara tentang perkembangan anak, tumbuh kembang anak, ada beberapa aspek atau domain tumbuh kembang pada tubuh seorang anak," kata Anna Surti yang akrab disapa Nina.

Setidaknya ada 4 aspek tumbuh kembang yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

1. Aspek fisik

Nina menjelaskan, dalam aspek fisik tumbuh kembang anak bisa dilihat dari prestasi pada pertumbuhan fisiknya, misalnya anak-anak mampu berdiri, berjalan, bahkan berlari dan melakukan berbagai aktivitas yang menunjang kegiatannya secara fisik.

"Jadi dia (anak-anak) tidak tidur saja, tapi bisa juga berdiri. Aspek fisik ini juga bisa dilihat dari perkembangan tubunya dari kecil hingga menjadi besar," jelas Nina.

2. Aspek kognitif-bahasa

Dalam tumbuh kembang anak, aspek kognitif-bahasa juga menjadi salah satu aspek yang bisa dinilai oleh orang tua.

Aspek kognitif-bahasa ini bukan hanya kemampuan anak untuk berbicara, tetapi juga kemampuan menangkap, memahami dan mengerti suatu kondisi persoalan yang ia hadapi.

"Ini berkaitan tentang konsentrasinya, seberapa lancar berbahasa dan bisa meluangkan ekspresinya," ujarnya.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest