Ternyata Begini Cara Mengatasi Atap yang Timbul Retak Pas Musim Hujan

Kamis, 26 November 2020 | 14:30
Dok. Idea

Ilustrasi atap rumah.

IDEAonline –Di musim hujan seperti sekarang ini, problem bocor pada atap tetap jadi penyakit klasik yang masih banyak “diderita” oleh rumah tinggal.

Karpusan atau nok merupakan tempat pertemuanantara bidang-bidang atap yang menonjol. Pada beberapamodel atap, jurai luar yang terjadi juga merupakan karpusan.

Bagian ini sering dituduh sebagai biang keladi bocor nomor satu. Pasalnya, area pertemuan ini membutuhkan adukansemen.

Padahal, pada kondisi atap yang terpanggang sinarmatahari dan terguyur hujan, adukan itu lama-kelamaanakan retak.

Akhirnya, timbul celah-celah yang menjadijalan merembesnya air hujan ke dalam atap. Parahnya lagi, retakan ini bisa menyebar di beberapa tempat, bahkandi sepanjang karpusan. Kalau sudah begini, sulit sekalimendeteksi bagian mana yang harus diperbaiki.

Baca Juga: Simak 8 Ide Dekorasi Sambut Natal 2020, Mulai dari Tie Dye hingga Paduan Unsur Alam!

Baca Juga: Tak Tanggung -Tanggung Miliki 10 Bidang Tanah dengan Nilai Rp 4 Miliar, Begini Duet Maut Harta Kekayaan Edhy Prabowo dan Iis Rosita Dewi!

SOLUSI

1. Mengingat adukan terdiri dari bahan heterogen (semen dan pasir) yang punya daya muai-susut berbeda, keretakan sulit dicegah.

Cara paling ekstrim—dan mungkinjuga paling aman—adalah menghindari pemakaian adukanpada karpusan.

Baca Juga: Tak Tanggung -Tanggung Miliki 10 Bidang Tanah dengan Nilai Rp 4 Miliar, Begini Duet Maut Harta Kekayaan Edhy Prabowo dan Iis Rosita Dewi!

Menurut Hervan Yarja (Aplication Engineer PT LafargeRoofi ng Indonesia), sekarang ada sistem pemasangan atapyang bebas adukan alias “cara kering” (di Lafarge sendiridikenal dengan istilah dry fixing).

Bidang-bidang atapdipertemukan dengan semacam rangka, kemudian dilapisilembaran khusus yang tahan air untuk memblokir air hujanyang masuk lewat karpusan.

Setelahnya, rangka ini ditutupdengan genteng penutup karpusan biasa. Lembaran khusus pada sistem ini justru dibuat lunak danlentur, sehingga tidak akan getas lalu retak karena cuaca. Cara ini juga membuat atap lebih bersih dan rapi, karenatidak ada lagi lelehan adukan yang kerap mengotori atap.

Baca Juga: Simak 8 Ide Dekorasi Sambut Natal 2020, Mulai dari Tie Dye hingga Paduan Unsur Alam!

2. Andaikan atap sudah terpasang lengkap dengankarpusan plus adukannya, pemakaian waterproofi ng bisadicoba.

Bahan ini tugasnya menutup retak-retak pada adukandengan lapisan kedap air. Selain menahan masuknya airhujan, lapisan ini pun lentur seperti karet yang bisa memuaimenyusutsehingga tidak ikut retak.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya