Tergantung Kondisi Tanah, Ini Dia Pertimbangan Membangun Turap Agar

Jumat, 27 November 2020 | 19:58
kompasiana

Turap

IDEAonline –Turap (retaining wall) atau ada yangmenyebutnya talud, merupakan strukturdinding penahan tanah yang berfungsiuntuk menerima dan menahan bebantanah serta mengurangi terjadinyapergerakan tanah yang tidak stabil.

Adanya material timbunan dan kondisitanah yang labil (seperti kandungan airtanah naik) menyebabkan beban tanahbertambah.

Baca Juga: Gagal Maning, Sule Kecewa Lantaran Anak Bungsunya Kacaukan Rencana Malam Jumat Bersama Natalie Holscher, Demi Anak?

Baca Juga: Bisa Sambil Buka Youtube, Simak Deretan Olahgara yang Bisa Dilakukan di Dalam Hunian

Beban yang bertambahini mengakibatkan terjadinya geseranbutiran tanah, yang lama kelamaan bisamenyebabkan longsor.

Agar turap bisa menahan beban, struktur turap harus diperhitungkandengan seksama. Dalam perencanaannya, dimensi strukturnya harus memperhatikandesain dan bahan materialnya.

Yang Mempengaruhi Dimensinya

Dilansir dariTabloid RUMAH edisi 75,Struktur turap yang kurang baikdapat menyebabkan kegagalan struktur.

Menurut Rita Laksmitasri R., ST, MT, (dosen luar biasa Fakultas TeknikUniversitas Trisakti), perencanaan dimensistruktur turap sebaiknya dilakukan setelahmengetahui karakteristik tanahnya terlebih dahulu.

Caranya adalah denganmelakukan penyelidikan tanah dantes laboratorium.

Dengan pengujianitu di antaranya bisa didapatkan nilaikandungan air tanah, ketinggian airtanah, dan struktur lapisan tanahnya.

Kandungan air tanah bisamengganggu kestabilan pondasi turapbila jumlahnya berlebih, terutamapada saat musim hujan.

Air hujan yangmeresap ke dalam tanah bisa menambahvolume air tanah.

Baca Juga: Memanfaatkan Pintu Pivot jadi Rak Pajang Unik, Ini Inspirasinya!

Baca Juga: Hati-hati Terlena dengan Sistem Work From Home, Faktanya Ini yang Didapat Tubuh Saat Bekerja di Atas Kasur

Penambahan ini bisamenyebabkan melemahnya kekuatantanah untuk menopang pondasi. Namun, untuk luasan turap yang tidakterlalu besar, hal ini tidak perlu dilakukan.

Yang terpenting adalah Anda harusmemperhatikan ketinggian tanah danfungsi lahan tanah yang berada di atasturap.

Bila nantinya akan ada bangunanmaka dimensi turap harus didesain agarbisa menahan beban tanah dan bebanbangunan di atasnya.

Ketinggian tanah pada bagian atasturap juga mempengaruhi dimensi turap. Semakin tinggi turap maka dimensipondasi atau dimensi turap harusdiperbesar.

Ragam Materialnya

Dalam ilmu teknik, dimensi strukturturap dihitung berdasarkan rumus empirisdengan mempertimbangkan faktor kondisitanah.

Di samping itu, dimensinya jugamempertimbangkan bahan material yangakan digunakan. Beda bahan, dimensi dandesainnya juga akan berbeda pula.

Pada dasarnya ada beberapa bahanmaterial yang digunakan sebagai strukturturap, seperti bata, batu kali, beton (baik yang memakai tulangan maupuntidak), kayu, atau campuran antarapasangan bata dengan beton bertulang.

Baca Juga: Trik Mengilapkan Perabot Kayu hingga Manfaat Kaporit untuk Lumut, Ini Dia Penjelasannya!

Pemilihannya salah satunya dipengaruhioleh ketinggian turap. Bata, misalnya, sebaiknya digunakanbila ketinggian turap tidak lebih dari 2 mdari tanah.

Menurut R. Chudley dalam bukuBuilding Contruction Handbook, untukketinggian turap kurang dari 2 m, lebihekonomis bila menggunakan pasanganbata. Agar kuat, jangan lupa membuatpondasi pada bagian bawahnya.

Pasanganbata juga bisa dikombinasikan denganbeton bertulang. Caranya, pasangan ½bata digunakan sebagai penutup bagianluar turap.

Untuk turap dengan ketinggianlebih dari 6 m, hendaknya menggunakanbahan dari beton bertulang dengansistem kantilever. Hal ini bertujuanuntuk menghemat bahan beton.

Untukpembuatannya, turap seperti ini harusdilakuan penggalian tanah lebih besar. Galian tanah dipakai sebagai tempat dasarpondasi.

Yang umum dipakai sebagai strukturturap adalah pasangan batu kali yangdirekatkan dengan plesteran atau batukali yang dipasang dengan menggunakankawat kasa baja atau dikenal dengannama beronjong (gabion).

Untuk materialbatu kali, desain yang aman bila lebarpondasi atau bagian bawahnya minimalsetengah dari ketinggian turap.

Desain turap, selain memperhatikanbeberapa hal seperti yang telahdisebutkan di atas, juga harusmemperhatikan perawatannya.

Salahsatu tujuan perawatan turap adalahmenjaga supaya kadar air tanah tidaktinggi. Caranya adalah dengan membuatsaluran drainase di sekitar turap.

Salurandrainase bertujuan untuk mengalirkandan membuang air yang meresap kedalam tanah. Dengan memperhatikan beberapahal di atas, turap diharapkan memilikiusia pakai yang lama dan memberikankeamanan bagi orang yang ada disekitarnya.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya