Asal Kreatif, Renovasi Lantai Supaya Ruangan Tampil Estetik Bisa Lebih Mudah

Rabu, 18 November 2020 | 14:47

IDEAonline - Lantai menjadi bagian rumah yang sering luput dari perhatian. Ketika merenovasi rumah, pemilik biasanya berfokus pada warna tembok, penambahan ruang, hingga keamanan atap untuk melidungi isi rumah.

Padahal, lantai juga merupakan salah satu elemen penting. Pemilik rumah dapat mengomunikasikan impresi atau nuansa yang ingin diciptakan dalam setiap ruang dengan sempurna jika “jahitan” antara warna tembok ruangan, motif atau warna lantai, dan pilihan furnitur selaras.

Pada proses pembuatan atau renovasi rumah, lantai memang diselesaikan di tahap akhir, sebelum proses finishing. Namun, layaknya pamungkas dalam sebuah cerita, lantai menyempurnakan estetika setiap ruang.

Oleh sebab itu, penting untuk memikirkan tampilan desain, motif, hingga pemilihan bahan yang akan digunakan untuk menghias lantai.

Baca Juga: Pesona Lantai Marmer Jadi Latar yang Menenangkan bagi Warna Ceria

Bagi Anda yang tengah mencari inspirasi tampilan lantaiuntuk menambah estetika rumah, berikut beberapa ide yang dapat diimplementasikan. Tidak perlu khawatir karena iDEA menyediakan alternatif-alternatif terjangkau untuk dilakukan dirumah.

1. Lantai kayu yang hangat

ilustrasi ruangan dengan lantai dan meja minimalis

Peneliti dari Shizuoka Industrial Research Institute, Satoshi Sakuragawa,dalam risetnya yang dipubilkasikan oleh Journal of Wood Sciencepada 2005 menyebutkan bahwa ruangan dengan elemen kayu mendorong penghuni untuk beraktivitas lebih lama di dalamnya.

Anda dapat menghadirkan kesan nyaman tersebut dengan implementasi lantai parket atau hardwood.

Namun, perlu diketahui bahwa lantai parket dan hardwood harganya lumayan mahal. Selain itu, memerlukan perawatan yang telaten. Terlebih jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah. Lantai harus disapu atau di-vacuum setiap hari.

Baca Juga: Mau Buat Plafon Seperti Apa? Coba 3 Bentuk yang Ada di Pasaran Ini!

Anda juga mesti telaten membersihkan permukaannya dengan cairan wood cleaner yang biasa dijual di toko-toko perlengkapan rumah. Selain itu memolesnya kembali dengan cairan coating khusus setiap 3-5 tahun agar warnanya tidak terlihat kusam. Ada juga kemungkinan kayu menyusut karena pengaruh cuaca sehingga timbul celah pada lantai.

Nah jika ingin alternatif yang lebih praktis untuk dirawat dan diganti ketika rusak, Anda dapat memanfaatkan lantai PVC dengan motif kayu. Saat ini lantai jenis ini sudah banyak tersedia dengan dan warna kayu beragam.

2. Batu alam yang fleksibel

Dengan memanfaatkan batu alam dapat estetika ruangan.

Selain kayu, bahan alami lain yang dapat menambah estetika ruangan adalah batu alam. Bedanya, batu alam dapat menciptakan impresi berbeda-beda pada ruangan, tergantung pemilihan jenis dan warnanya.

Batu alam dengan warna putih polos menimbulkan kesan clean pada rumah. Sementara lantai dari batu alam berwarna gelap seperti hitam atau abu-abu memberi kesan elegan, tegas, dan modern. Batu alam bermotif seperti marmer akan menampilkan kesan mewah.

Baca Juga: Banyak Cara Buat Hunian Tampak Luas, Memaksimalkan Cahaya Masuk!

Ada juga batuan andesit yang bertekstur unik dan berwarna gelap. Namun, biasanya jenis batuan ini lebih banyak dimanfaatkan untuk dekorasi tembok.

Lagi-lagi, jika ingin mendekorasi lantai dengan tampilan batu alam tetapi ingin mudah tanpa harus memotong dan merancang potongan-potongan batu alam menjadi motif unik, Anda dapat memanfaatkan lantai berbahan PVC dengan motif batu alam.

3. Keramik bermotif untuk kesan retro-vintage

ilustrasi ruangan dengan Keramik motif.

Keramik dengan motif vintage dapat menjadi solusi untuk menciptakan kesan berbeda pada ruangan di rumah. Mengimplementasikan keramik bermotif pada sebagian bidang lantai akan lebih hemat jika dibandingkan dengan merombak seisi ruangan di rumah.

Keramik bermotif vintage atau retro, mulai dari victorian hingga geometris, dapat menghidupkan suasana ruangan yang polos. Padukan keramik polos dengan keramik bermotif di bidang tengah lantai.

Baca Juga: Merencanakan Lantai Teras, Inilah Pilihan Material dan Desain Ideal

Setelah itu lengkapi dengan furnitur dengan gaya retro atau vintage untuk kesan yang lebih mendalam. Tidak hanya untuk lantai, keramik bercorak demikian juga dapat diimplementasikan pada tembok. Misalnya saja, pada backsplash dapur.

4. Kreasi warna granit dan tile grout

Ilustrasi perpaduan granit dan tile grout.

Penggunaan granit sebagai lantai rumah merupakan salah satu trik yang banyak digunakan orang-orang yang merenovasi rumah.

Untuk membuat tampilan granit lebih menarik dan tidak membosankan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Susun granit dengan pola tertentu dan rekatkan dengan tile grout berwarna. Anda dapat menciptakan kesan modern dan mewah.

Misalnya, gunakan granit hitam polos dan rekatkan dengan tile grout berwarna emas. Kesan mewah dapat Anda peroleh dengan mudah. Anda tinggal tambahkan sentuhan material alam, dan isi ruangan dengan beragam furnitur dengan desain modern.

Tile grout semacam itu kini dapat Anda temukan di pasaran. Sika, perusahaan penyedia bahan bangunan asal Swiss, kini menghadirkan produk tersebut bagi konsumen Indonesia.

Sika baru saja meluncurkan Sikaceram 850 Design Luxury Tile Grout, tile grout yang dibuat dari resin epoxy berwarna. Adapun beragam warna yang tersedia adalah White, light beige, champagne gold, jasmine, Goldenrod, soft grey, dan dark.

Baca Juga: The Fancy Floor, Susunan Keramik pada Lantai untuk Penarik Perhatian

Pengaplikasiannya pun cukup mudah. Usai lantai keramik tersusun, bersihkan permukaannya dari debu. Setelah itu, aplikasikan Sikaceram 850 Design Luxury Tile Grout dengan gun yang disediakan dalam kemasan. Rapikan dengan cutter dan poles dengan alat yang tersedia dalam kemasan.

Selain pengaplikasiannya mudah, Sikaceram 850 Design Luxury Tile Grout juga tahan lama. Tile grout ini tahan air, noda, minyak dan produk kimia seperti oli, detergen, sabun, asam tingkat sedang, alkali sedang, dan larutan lainnya. Anda dapat menikmati nuansa mewah yang tak lekang waktu dengan memanfaatkan produk tile grout ini untuk mendesain lantai.

Sikaceram 850 Design Luxury Tile Grout juga memiliki daya susut rendah dan tahan lembap sehingga sedikit kemungkinan ditumbuhi lumut. Anda dapat mengunjungi link ini untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai produk Sikaceram 850 Design Luxury Tile Grout.

Dengan design yang luxury, daya susut rendah, dan tahan lembap, tile grout ini cocok juga untuk digunakan pada ruangan yang selalu lembap atau butuh tingkat sanitasi tinggi seperti kamar mandi atau dapur.

Baca Juga: Ingin Bugar ketika Bangun Tidur? Rancang Kamar Berkonsep Restoratif

Selain tile grout, Anda juga harus memilih perekat granit atau keramik yang tepat dalam pengaplikasian produk nya. Selain agar tidak melorot pastikan produk yang anda gunakan berdaya rekat tinggi sehingga hemat pemakaian. Salah satu contoh produk yang bisa anda gunakan adalah Sikaceram 180 GA.

Sikaceram 180 GA yang merupakan Semen instan perekat untuk pemasangan keramik atau granit yang memiliki komposisi dan kerapatan mortar yang sudah diuji coba dengan tepat sehingga mampu memberikan daya rekat kuat dan hasil akhir yang lebih rapi.

Jika ingin memperoleh inspirasi menarik lainnya untuk merenovasi rumah sesuai impian Anda dengan produk-produk Sika Ceram, ikuti IG Live “Menyiapkan Rumah Impian Bebas Masalah” yang akan disiarkan melalui Instagram iDEA Online pada 21 November 2020, pukul 16.00-17.00 WIB.

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya