Mau Hunian Terasa Sejuk Tanpa AC? Coba Manfaatkan Buat Lubang Ventilasi Seperti Ini, Buat Angin Lewati Ruang dengan Leluasa!

Kamis, 26 November 2020 | 13:00
Renewal by Andersen of Long Island

Mau Hunian Terasa Sejuk Tanpa AC? Coba Manfaatkan Buat Lubang Ventilasi Seperti Ini, Buat Angin Lewati Ruang dengan Leluasa!

IDEAonline –Ide dasarnya adalah bagaimanamenciptakan kondisi agar udara dapatterus menerus bersirkulasi. Udara bisabergerak karena adanya perbedaantekanan udara (dari tekanan tinggi ketekanan rendah).

Mukti Andriyanto (arsitek) membuat eksperimen tentangperjalanan udara di sekitar rumah. Padaprinsipnya, ia menciptakan perbedaantekanan udara dalam dan luar, sertamembuat ruang kosong yang sempit danpanjang (lorong).

Ia menerapkan ruangkosong ini pada satu desain rumahnya didaerah Rempoa. Angin cenderung bergerak denganmemilih celah-celah yang sempit.

Perbedaan tekanan udara yang drastic antara luar ruang (udara di alam) dandi dalam (udara di rumah) serta adanyacelah penghubung keduanya berupalorong ukuran (p x l x t) 5,1 m x 1,2 mx 7 m ini menciptakan siklus perputaranudara secara terus menerus.

Baca Juga: Tak Tanggung -Tanggung Miliki 10 Bidang Tanah dengan Nilai Rp 4 Miliar, Begini Duet Maut Harta Kekayaan Edhy Prabowo dan Iis Rosita Dewi!

Dingin dengan Penangkap Angin

Inilah yangmenyebabkan ruang-ruang selalu terasasejuk. Bagian atas lorong dibuat terbukasampai atap (void) dan diatapi denganbahan polikarbonat.

Dinding dekat atapyang berhubungan dengan ruang luardibuatkan celah-celah vertikal sebagailubang ventilasi.

Angin juga dapat lewatmelalui pintu di tiap ujung lorong. Ukurangarasi dibuat lebih lebar (3.5 m) sehinggamenyisakan ruang untuk jalan orang danangin pun leluasa melewati lorong.

Perbedaan yang drastis antara tekananudara luar ruang (tekanan rendah) dantekanan udara di dalam rumah (tekanantinggi) ini menyebabkan angin seakanterhisap oleh lorong dan bergerak kencangmelalui lorong.

Cara kerja ini sebenarnyasama seperti exhaust fan, yakni udara panasdi ruang diserap oleh mesin.

Baca Juga: KPK Sambangi Rumah dengan Gerbang No 26, Begini Suasana Rumah Dinas Milik Edhy Prabowo, Banyak Sepeda Berjejer!

tab RUMAH

Dingin dengan Penangkap Angin

Sementaraitu, di tiap ruang dibuatkan lubang-lubangventilasi, pintu-pintu berjalusi, dan pintuyang berbahan tidak masif agar angin bisaleluasa melaluinya.

Prinsip pergerakan anginaini tidak hanya berlaku secara horizontal, seperti pada lorong. Ruang kosong yangsempit dan memanjang secara vertical (wind tower), seperti shaft atau void, jugabisa membantu menggerakkan angin disekitar rumah. Ruang dengan fungsi sepertiini sering pula disebut penangkap angin.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 99

(*)

Tag :

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya