Teknologi Pencahayaan UV-C untuk  Disinfektan, Perlindungan Baru bagi Masyarakat Beraktivitas di Kantor dan Sarana Umum Lainnya

Rabu, 25 November 2020 | 11:30

Luminer UV-C upper air dipasang di resto untuk disinfektan udara di ruangan. (Signify)

IDEAOnline-Tidak ada yang tahu, sampai kapan pandemi virus corona Covid-19 akan berlangsung dan membatasi ruang gerak serta interaksi masyarakat dunia.

Jika terus menerus bertahan di rumah akan banyak sektor yang turut terdampak, utamanya sektor ekonomi.

Pemerntah pun kini mulai melonggarkan pembatasan keluar rumah dengan memperbolehkan masyarakat beraktivitas secara optimal namun dengan menerapkan protokol kesehatan ketat agar tetap aman dari infeksi virus corona.

Bukan hanya bagi masyarakat yang berativitas, protokol kesehatan dan sejumlah aturan juga wajib dilakukan oleh perkantoran, rumah ibadah, dan ruang-ruang publik lain seperti sarana transportasi, pusat perbelanjaan, restoran.

Teknologi Pencahayaan UV-C untuk Profesional

Untuk menambah perlindungan ekstra bagi masyarakat di perkantoran, rumah ibadah, sekolah, restoran, toko ritel, pabrik, dan transportasi umum, Signify memperkenalkan teknologi pencahyaan disinfeksi UV-C dengan luminer untuk penggunaan profesional di Indonesia.

Sinar UV-C menguraikan DNA dan/atau RNA mikro-organisme, termasuk virus dan bakteri, sehingga mereka tidak lagi berbahaya.

Lampu UV-C Signify memancarkan radiasi puncak pada 254 nm, dekat dengan puncak efisiensi germicidal dan karenanya, ideal untuk mendesinfeksi udara, permukaan dan benda.

Keefektifan lampu UV-C Signify dalam menonaktifkan SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, telah divalidasi oleh Universitas Boston.

“Mendisinfeksi udara, permukaan dan benda menjadi sangat penting. Untuk mendukung perkantoran, sekolah, transportasi umum, toko ritel dan berbagai bisnis lainnya dalam upaya mendesinfeksi ruang, kami telah memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman kami dalam pencahayaan UV-C dengan menyediakan berbagai rangkaian produk untuk para profesional,” ujar Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia.

Ada dua macam aplikasi perlindungan dengan lampu UV-C Signify ini, yaitu: pertama, digunakan untuk mendisinfeksi udara dan yang kedua, untuk mendisinfeksi permukaan dan benda.

Dan untuk pengoperasiannya juga dibedakan dua macam, yang pertama saat jam operasional dan yang kedua di luar jam operasional.

Baca Juga: Efektif Digunakan sebagai Disinfektan, Inilah Cara Aman Menggunakan UV-C

Luminer UV-C upper air dipasang di plafon kantor sebagai disinfektan udara. (Signify)

Pengembangan solusi sesuai dengan kebutuhan oun dimungkinkan, misalnya pada penggunaan di bandara dan hotel untuk mendisinfeksi barang bawaan; paket dan kiriman di perkantoran; atau disinfeksi benda yang lebih besar seperti kereta belanja.

1.Lampu UV-C untuk disinfeksi udara di jam operasional.

Meja kerja, tata ruang kantor terbuka, ruang meeting dan kamar kecil merupakan area rentan penyebaran virus dan bakteri lewat udara.

Luminer UV-C upper air Signify didesain untuk dipasang di dinding atau plafon untuk mendesinfeksi udara dalam beragam aplikasi yang luas.

Solusi udara ruang atas ini didesain untuk dipasang pada dinding atau plafon agar dapat terus menerus mendesinfeksi udara di bagian atas ruangan, sementara orang-orang dapat tetap bekerja di bagian bawah ruangan tersebut, sehingga operasional bisnis bisa terus berjalan tanpa terganggu.

Luminer UV-C upper air ini dipasang pada ketinggian minimal 2,3 meter yang dikombinasikan dengan pelindung dan optik, dapat memastikan orang-orang tetap bisa beraktivitas di bagian bawah ruangan.

Luminer UV-C disinfection upper air dapat mendisinfeksi udara secara terus-menerus.

Lampu ini ideal digunakan di rumah ibadah, perkantoran, ritel, restoran, hotel, sekolah, bank, bioskop, teater, gedung pertunjukan, pusat kebugaran, kamar kecil, ruang tunggu rumah sakit dan tempat-tempat ramai pengunjung lainnya.

Pilihan lainnya adalah Portable UV-C air disinfection. Solusi portabel ini memiliki kipas terintegrasi yang didesain khusus untuk mendisinfeksi udara dalam ruangan dengan volume 80m3 dengan lebar panjang kurang dari 1,5 rasio ruangan, dan sangat cocok untuk ruang tamu, ruang rapat kecil, ruang kerja privat dan ruang perawatan spa.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Virus, 3 Hal Mesti Diwujudkan pada Desain Kantor Masa Kini

Signify

UV-C disinfection batten untuk disinfeksi ruang tertutup seperti ruang tunggu di apotek.

2.Lampu UV-C untuk disinfeksi permukaan di luar jam operasional.

Lampu ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi di luar jam operasional, seperti pada malam hari, untuk melengkapi proses pembersihan yang sudah ada.

Lampu, luminer dan troli diaktifkan untuk mendisinfeksi permukaan ruang dan benda ketika tidak ada orang maupun hewan di dalam ruangan tersebut.

Produk disinfeksi permukaan ini bisa dibawa masuk ke tempat kerja maupun bus dan kereta saat orang-orang maupun hewan sudah meninggalkan tempat.

Luminer beserta perangkatnya mendisinfeksi permukaan yang terekspos cahaya UV-C, di mana mungkin terdapat bakteri dan virus, sehingga membantu menekan penyebarannya secara lebih lanjut.

Jenis lampunya adalah Philips UV-C disinfection batten.Instalasi luminer tetap (dengan atau tanpa reflektor) pada plafon untuk mendesinfeksi area di luar jam operasional.

Harus digunakan dengan perangkat keselamatan yang tepat seperti sistem kontrol Philips Dynalite PDUVCC.

Pada waktu yang telah ditentukan, UV-C batten ini akan mendisinfeksi ruangan atau ruang tertutup. Cocok digunakan di apotek, kamar hotel, sekolah, universitas, bank, toko ritel, pusat kebugaran, rumah ibadah, tempat pangkas rambut, spa, kamar kecil, dan kawasan industri.

Philips UV-C disinfection batten tidak dimaksudkan dan tidak boleh digunakan untuk mendisinfeksi permukaan alat kesehatan atau untuk keperluan medis.

Pilihan lainnya adalah Philips UV-C disinfection linear.Instalasi luminer tetap (dengan sensor) pada plafon untuk mendisinfeksi area tinggi kontak di luar jam operasional dan dapat juga digunakan dengan sistem kontrol berbasis teknologi Philips Dynalite, seperti sistem control Philips Dynalite PDUVCC.

Tersedia kontrol keamanan berlapis menggunakan aktivasi yang diotorisasi dengan pantauan sensor, pantauan pintu dan pembatalan darurat dengan pemicu yang terlihat dan terdengar saat beroperasi.

Baca Juga: Wow! Sterilnya Hotel Masa Depan Pasca Pandemi Covid-19, dari Ozon Pemurni Udara hingga Material Anti Bakteri Bakal Digunakan

Dok. Signify

Lampu UV-C Troli untuk disinfeksi ruang hingga 36m2 (melingkar) atau 20m2 (persegi)

Philips UV-C disinfection linear tidak dimaksudkan dan tidak boleh digunakan untuk mendesinfeksi permukaan alat kesehatan atau untuk keperluan medis.

Ada juga Philips UV-C disinfection trolley. UV-C trolley, tanpa sensor, dengan versi 1 atau 2 lengan, didesain untuk mendisinfeksi ruang seluas hingga 36m2 dari cakupan area melingkar atau 20m2 dari area persegi.

Kontrol pengaman terintegrasi termasuk penghitung waktu untuk merencanakan disinfeksi sesuai jangka waktu yang ditentukan, remote control, dan alarm suara.

Perangkat pengaman tambahan (seperti panduan pengguna dan instruksi pemasangan) harus digunakan bersama dengan produk UV-C trolley untuk memastikan tidak ada orang atau hewan yang terpapar sinar UV-C.

Produk trolley untuk disinfeksi permukaan profesional ideal bagi toko ritel, sekolah, universitas, kantor, bank, tempat pangkas rambut, spa, kamar hotel, kawasan industri, restoran, rumah sakit, dapur industri, serta di dalam bus dan kereta.

Philips UV-C disinfection trolley tidak dimaksudkan dan tidak boleh digunakan untuk mendesinfeksi permukaan alat kesehatan atau untuk keperluan medis.

Prosedur Keselamatan

Aplikasi lampu UV-C untuk penggunaan profesional harus selalu dilakukan oleh para profesional bersertifikat, mulai dari konsultasi, perencanaan, hingga pemasangan, dengan mengikuti petunjuk serta instruksi keselamatan guna menghindari risiko paparan langsung terhadap manusia dan hewan, karena dapat merusak kulit dan mata mereka.

Lampu UV-C Signify dirancang, dipasang, dan digunakan sesuai dengan instruksi keselamatan yang spesifik untuk masing-masing produk, dan diproduksi dengan proses industri yang ketat.

Nah Idea Lovers, satu lagi tambahan perlindungan agar tetap aman berativitas di luar rumah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara mandiri melalui 3M (penggunaan Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci tangan).

Area publik pun akan lebih aman dengan penerapan protokol kesehatan dengan penggunaan teknologi, salah satunya teknologi UV-C yang diterapkan pada lampu untuk mendisinfeksi udara dan permukaan.

Baca Juga: Efektif Digunakan sebagai Disinfektan, Inilah Cara Aman Menggunakan UV-C

#BerbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya