Penggunaan Elemen Natural dan Ramah Lingkungan Jadi Tren Dekorasi Rumah di 2021

Jumat, 11 Desember 2020 | 18:38
Dok. Shutterstock

Ilustrasi ruangan tamu.

iDEA-online.com – Rumah menjadi sentral dari kegiatan setiap orang semenjak pandemi Covid-19 merebak. Baik bekerja, bersekolah, maupun menikmati momen-momen spesial dilakukan di rumah.

Perubahan pola hidup ini turut memengaruhi tren gaya hidup. Salah satunya, tren mendekorasi rumah. Kenyamanan dan sustainability menjadi fokus tren dekorasi rumah tahun ini.

Riset yang dilakukan oleh aplikasi tata interior virtual, Modsy, menyebut bahwa tren tersebut diprediksi akan berlanjut di 2021.

Vice President of Style Modsy Alessandra Wood mengatakan, banyak pemilik rumah akan mencoba menghadirkan nuansa yang tradisional dan warna-warna lembut di rumah. Dengan begitu, rumah terasa lebih homey.

“Banyak furnitur dengan lekukan lebih soft dan bergaya tradisional akan digunakan karena menghadirkan kenyamanan,” ujarnya seperti dikutip dari Insider, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mesin Cuci Terbaik dalam Menjaga Pakaian Tetap Awet

Wood mengatakan, pemanfaatan furnitur seken pun akan menjadi pilihan karena dinilai lebih ramah lingkungan dan efisien bujet.

Mengingat bekerja dan belajar dari rumah sepertinya masih akan berlanjut setidaknya hingga awal tahun depan. Berikut beberapa saran mendekorasi rumah dari Wood yang dapat diterapkan oleh iDEA Lovers.

Gunakan furnitur kayu berwarna terang

Furnitur kayu dengan tone warna terang tepat bagi pemilik rumah yang menyukai penataan interior yang minimalis dan bergaya skandinavia.

“Furnitur kayu dengan light-tone ini menciptakan vibe yang lebih minimalis dan Zen dalam ruangan,” ujar Wood.

Pilih furnitur kayu dengan desain sleek dan modern. Pastikan semua furnitur dalam satu ruangan memiliki tone warna kayu yang sama. Kemudian, padukan dengan elemen lain yang senada. Misalnya, karpet dengan motif minimalis dan berwarna coklat muda atau putih.

Selain itu, furnitur dengan tone demikian juga fleksibel untuk dipadupadankan. Jika furnitur bersentuhan akhir unfinished, kesan rustic dapat tercipta.

Baca Juga: Tips Sukses Padukan Warna Split Komplementer Oranye dan Biru Ungu

Coba gaya grand-millenial

Grand-millenial sebenarnya kurang lebih mirip dengan desain bergaya eklektik. Ruangan memadukan unsur vintage dengan minimalis. Wood menggambarkan desain grandmillenial seperti memadukan nuansa antik dari rumah nenek dengan nuansa modern.

“Sesuatu yang tradisional dapat menyamankan perasaan. Gaya ini memadukan kenyamanan dari elemen dekorasi yang klasik, antik, preppy, penuh motif, dengan modern,” ujarnya.

Anda menciptakan ruangan bernuansa ini dengan memadukan furnitur berdesain modern dan berwarna bold dengan wallpaper bermotif floral, karpet antik, hingga dekorasi rumah seperti cermin bergaya victorian.

Thrift daripada beli baru

Seperti telah dijelaskan Wood, penggunaan furnitur seken akan menjadi tren. Sebab, pola konsumsi furnitur ini lebih ramah lingkungan. Daripada membeli yang baru, sebaiknya Anda coba gunakan barang-barang lama yang masih bisa difungsikan dengan baik dan berpenampilan mulus.

Pilih furnitur seken dengan gaya vintage atau retro untuk dipadupadankan dengan desain modern untuk menciptakan aksen pada ruangan.

Baca Juga: Mau Mendesain Interior Sendiri? Ketahui 4 Langkah Penting Ini!d

Dekorasi bernuansa alami

Selain pemilihan furnitur berwarna natural atau vintage, Anda juga dapat melengkapi ruangan dengan hiasan meja atau dekorasi lain yang bernuansa alami.

Misalnya saja, hadirkan sedikit warna hijau dalam ruangan dengan menaruh satu pot tanaman berdaun. Anda bisa memilih tanaman yang tidak terlalu rewel seperti succulent atau kaktus. Jika ingin lebih praktis lagi, succulent dan kaktus sintetis dapat menjadi pilihan.

Kenyamanan di rumah juga dapat ditingkatkan lagi dengan menghadirkan home entertainment yang canggih. Anda bisa mulai mencari-cari perangkat home entertainment yang lengkap dan mumpuni. Misalnya saja, Smart TV. Mahal sedikit tidak masalah, hitung-hitung investasi untuk memperoleh waktu berkualitas di rumah.

Temukan kebutuhan dekorasi bernuansa alami dan perangkat home entertainment dengan harga terbaik di Lazada 12.12 Garbolnas yang akan berlangsung dari tanggal 12 – 14 Desember 2020.

Saat ini, Anda sudah dapat mulai add to cart produk-produk yang dibutuhkan untuk mendekorasi rumah dari Aonez. Selain itu, Smart TV bersistem operasi Android dari Cooca diskon hingga 50 persen + tambahan berbagai voucher lainnya!

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya