Bantu Mobilitas Lansia dan Pengguna Kursi Roda, Lift Fleksibel Ini bisa Dipasang di Rumah Kecil

Kamis, 18 Maret 2021 | 14:00
Pardi Solusi Abadi

Ilusrasi lift tangga yang bisa untuk tangga selebar 610 mm.

IDEAOnline-Ada lansia dan pengguna kursi roda di rumahmu?

Seperti anggota keluarga lainnya yang tak punya keterbatasan fisik, lansia dan penyandang disabilitas juga ingin dapat beraktivitas tanpa kendala.

Mobilitas yang optimal sangat penting bagi mereka demi kesehatan psikologis, kesejahteraan dan kualitas hidup lebih baik bagi setiap orang.

Dra. Astrid Wiratna, Psikolog—Wakil Ketua I IPK Indonesia sekaligus Ketua IPK Wilayah Jawa Timur—mengatakan, kemunduran fisik, psikis, dan sosial akan dialami bersamaan dengan proses kemunduran akibat proses menua, yang merupakan fase yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan.

Kesehatan fisik yang berkurang dapat berpengaruh pada tingkat kemampuan mobilitas dalam pemenuhan kebutuhannya sehingga kualitas hidup tidak dapat tercapai dengan baik.

“Dalam hal ini, dukungan dan kepedulian keluarga juga berpengaruh untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang. Penting bagi setiap orang untuk tetap memiliki mobilitas yang optimal dan leluasa melakukan aktivitas yang tetap bisa dilakukan di area lingkungan rumah, demi kesehatan psikologis, kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik,” tambah Astrid Wiratna.

Mengakomodasi kebutuhan ini, kehadiran teknologi home lift akan membantu meningkatkan kualitas hidup keluarga, utamanya lansia dan pengguna kursi roda.

Baca Juga: Ini Beda Ukuran Toilet untuk Orang Normal dan Penyandang Disabilitas

Pardi Solusi Abadi

Ilustrasi lift untuk kursi roda.

Kebutuhan Penting Rumah Vertikal

Menegaskan pentingnya home lift, Arie Bakrie (Arsitek), Principal PT Ekspresi Artistika menyoroti dari sisi tren tempat tinggal saat ini.

Menyiasati lahan yang terbatas dan tingginya harga lahan, tren tempat tinggal saat ini cenderung ke arah vertikal.

Menurutnya, kehadiran home lift akan banyak fungsi praktisnya bagi setiap keluarga.

Dengan perangkat ini, mobilitas setiap individu di rumah akan terbantu sehingga dapat mengakses seluruh ruangan dengan menaiki atau menuruni tangga rumah tanpa harus merasa sakit dan mengeluarkan usaha berlebih.

Arie Bakrie mengingatkan, bahwa penggunaan home lift harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap keluarga, apalagi perangkat ini selain untuk rumah pribadi, juga bisa untuk sarana di tempat usaha.

Pertimbangkan beberapa hal ini sebelum menghadirkan home lift di rumah.

  • Ukuran lift (bagian dalam lift dan seberapa besar ruang yang dibutuhkan),
  • Total beban (jumlah orang dan kursi roda jika diperlukan),
  • Struktur harga dan pembayaran,
  • Gaya/estetika (fungsional, halus atau artistik),
  • Fitur keselamatan (terutama untuk anak-anak dan lansia),
  • Persyaratan untuk pemasangan,
  • Struktur perawatan dan dukungan yang tersedia,
  • Biaya pemeliharaan,
  • Fitur tambahan (seperti kemampuan smart lift).
Baca Juga: Inpirasi Desain Rumah Tropis, Lengkap Ada Ramp untuk Kursi Roda

dok. Pardi

Home lift bisa untuk rumah berukuran kecil.

Lift Rumah, Lift Tangga, Lift Kursi Roda

Sebagai penyedia home lift, PT Pardi Solusi Abadi menghadirkan perangkat untuk mengoptimalkan mobilitas anggota keluarga ini, yang dapat diimplementasikan di rumah pribadi, tempat usaha, tempat ibadah, dan fasilitas umum.

Chief Operating Officer PT. Pardi Solusi Abadi, Joni Tse mengatakan, ada banyak pilihan home lift yang disediakan oleh perusahaannya sebagai solusi mobilitas keluarga Indonesia di dalam rumah.

Di antaranya adalah, lift kursi roda, lift tangga, lift rumah, atau solusi akses untuk rumah dari tangga atau kursi roda ke lift platform rumah atau melalui lift lantai.

Joni Tse menambahkan, berbagai macam produk home lift yang disediakan oleh Pardi Solusi, dibuat sesuai dengan kebutuhan dan meyesuaikan kondisi rumah.

Ia mengeklaim, produk home lift-nya ini adalah asli dari Eropa, berteknologi screw drive, dan telah dipatenkan dan selama 70 tahun.

Pun telah memenuhi prosedur persyaratan keselamatan internasional dari Eropa, dalam hal kualitas produk, layanan, servis, dan perawatan.

Berbagai pilihan home lift tersedia untuk mengalkompodasi setiap kebutuhan keluarga.

  1. Lift rumah yang compact dengan lebar 800 mm. Solusi untuk ruang yang kecil sekalipun.
  2. Lift rumah yang lebih besar dan nyaman dengan lebar 1.400 mm.
  3. Lift tangga yang bahkan mampu dipasang pada tangga dengan lebar hanya 610 mm.
  4. Lift tangga yang sangat simple namun aman untuk tangga lurus sehingga membantu mobilitas dari setiap lantai.
  5. Lift tangga/stairlift untuk pengguna kursi roda ketika menaiki tangga dan hanya dapat bergerak secara horizontal mengikuti alur tangga yang lurus.
  6. Lift tangga/stairlift tipe yang khusus digunakan untuk pemakai kursi roda tetapi dapat bergerak secara meliuk mengikuti alur tangga yang melengkung.
  7. Lift hemat energi yang memungkinkan digunakan bahkan saat tidak ada listrik selama sekitar 30 kali berjalan atau bervariasi tergantung pada daya baterai.
Dengan aneka pilihan ini, setiap keluarga dapat memilih sesuai kebutuhannya dan kondisi rumah yang dimiliki.

Baca Juga: Jarang Ada di Tempat Umum, Penyandang Disabilitas Perlu Toilet Khusus, Ini Kebutuhannya!

#BerbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya