Takut Basi, Begini Cara Selamatkan Makanan di Kulkas Saat Mati Listrik

Senin, 29 Maret 2021 | 13:15
freepik

Menyimpan makanan saat mati listrik

IDEAonline - Menyimpan makanan atau bahan makanan dalam kulkas atau freezer jadi salah satu cara masyarakat modern menjaga makanan tetap awet.

Cara ini juga relatif lebih praktis. Namun, proses menyimpan makanan dalam kulkas pun perlu cara tertentu.

Bila keliru melakukannya, menyimpan makanan dalam lemari pendingin malah membuat kandungan nutrisi dalam bahan makanan menjadi rusak dan vitamin serta mineral yang terkandung menghilang.

Lantas, ketika IDEA lovers baru saja menyetok bahan makanan dan listrik mati biasanya membuat panik karena khawatir basi.

Baca Juga: Walau Sejuk, Penggunaan AC pada Batita Ternyata Tak Boleh Sembarangan

Baca Juga: Padahal Dicap Ramah Lingkungan, Penggunaan Masker Kain Ternyata Harus Dilenyapkan, Jika Kondisinya Seperti Ini

Mati listrik selalu terjadi di saat-saat tak terduga. Jika sedang tak beruntung, kondisi itu bisa berlangsung lama, hingga berjam-jam.

Ketika mati listrik, kondisi makanan di kulkas menjadi hal yang perlu kita perhatikan.

Dilansir dari kompas.com, ternyata begini caramenyelamatkan makanan di dalam kulkas ketika mati listrik dan memastikannya tetap aman dikonsumsi.

1. Tetap tutup pintu kulkas

Ketika mati listrik, pastikan pintu kulkas tetap tertutup selama mungkin.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), ketika pemadaman listrik, lemari es tertutup akan tetap dingin hingga empat jam.

Lalu, freezer tertutup akan mempertahankan suhunya selama 24 jam jika setengah penuh dan 48 jam jika penuh.

Sehingga, selama beberapa jam pertama pemadaman listrik, mau tidak mau kita harus makan makanan yang ada di luar kulkas.

2. Menyediakan alat pengukur suhu

Menurut USDA, suhu kulkas harus berada pada atau di bawah suhu empat derajat celcius dan freezer pada atau di bawah -17 derajat celcius.

twitter

Takut Basi, Begini Cara Selamatkan Makanan di Kulkas Saat Mati Listrik

Baca Juga: Awalnya Dikira Makin Tajir Karena Tinggal di Hunian Senilai 3 Miliar, Artis Ini Malah Ketahuan Banting Stir Jualan Donat, ‘Dari Pada Jual Diri’

Baca Juga: Padahal Dicap Ramah Lingkungan, Penggunaan Masker Kain Ternyata Harus Dilenyapkan, Jika Kondisinya Seperti Ini

Menyimpan alat pengukur suhu di dalam lemari es dan freezer adalah cara yang baik untuk bersikap antisipatif jika listrik padam.

Cara ini akan dapat memberi tahu kita ketika lemari es atau freezer telah menghangat ke titik yang tidak aman ketika tanpa listrik.

3. Simpan es tambahan

Belilah kantong es tambahan untuk disimpan di dalam freezer untuk membantu menjaga suhunya, dan untuk digunakan jika kita harus memindahkan makanan ke kotak pendingin.

Jika freezer kita memiliki kotak pembuat es, kosongkan es batu ke dalam kantong penyimpanan setiap kali penuh.

Kita juga dapat mempertimbangkan membeli es kering untuk antisipasi jika terjadi pemadaman listrik.

Sebanyak 20 kilogram es kering akan membuat kulkas dingin selama 18-24 jam. Pastikan untuk menanganinya dengan aman dan hindari menyentuhnya dengan tangan kosong.

USDA juga merekomendasikan untuk menyimpan botol air di dalam freezer.

Tips ini tidak hanya akan membantu menjaga makanan beku dingin lebih lama, tetapi sambil menyimpan persediaan air minum segar untuk masa-masa darurat.

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : kompas

Baca Lainnya